Ada Fasilitas Khusus untuk Disabilitas di Kereta Whoosh!

Ada Fasilitas Khusus untuk Disabilitas di Kereta Whoosh!

Kereta cepat Whoosh ramah bagi yang berkebutuhan khusus | Sumber: KCIC

Kereta Cepat Jakarta Bandung terus berupaya dalam mengembangkan transportasinya itu sebagai kereta yang ramah bagi semua masyarakat, termasuk memberikan fasilitas kepada penumpang penyandang berkebutuhan khusus.

Pada Minggu (4/12/2023), Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerja sama dengan Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) membuat uji coba kereta Whoosh di Hari Disabilitas Internasional.

Kegiatan ini melibatkan 100 anggota dari komunitas Motor Disable Federation (Modif) Indonesia di berbagai daerah. Adapun rute yang diambil adalah perjalanan pulang-pergi dari Stasiun Tegalluar ke Stasiun Halim.

10 Buah Tropis Khas Indonesia Banget, Kamu Suka yang Mana?

Dikutip dari InfoPublik, General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan bahwa momen ini menjadi ajang untuk mengenalkan kereta cepat Whoosh yang ramah dengan semua kalangan, termasuk juga penyandang disabilitas secara fisik, sensorik, mental, dan intelektual.

Fasilitas Whoosh untuk Penyandang Disabilitas

KCIC telah menyediakan berbagai fasilitas yang ramah untuk penumpang dengan berkebutuhan khusus yang ada di dalam kereta maupun di stasiun, yaitu:

    1. Ada lift untuk penumpang disabilitas fisik.
    2. Ruang tunggu yang nyaman sampai ke peron tanpa harus menggunakan tangga.
    3. Gate khusus yang bisa mengakomodir lebar kursi roda saat boarding.
    4. Guiding block di lantai dan tombol braille pada lift untuk penumpang tuna netra yang memandu ke berbagai lokasi di area stasiun.
    5. Toilet aksesibel di stasiun dan di dalam kereta yang luas.
    6. Ada tiga puluh kursi khusus penumpang disabilitas yang sudah dilengkapi dengan berbagai kelebihan, yaitu ada penyimpanan kursi roda, dekat tombol darurat, ad di depan toilet khusus, dan berlokasi di ujung-ujung kereta agar memudahkan pergerakkan.
    7. Pengumuman yang terus disampaikan petugas yang berhubungan dengan jadwal keberangkatan yang dilengkapi dengan nomor gate check in, nomor peron, stasiun awal, dan stasiun akhir sebagai penanda yang dapat dimanfaatkan bagi para penumpang berkebutuhan lain.
Kereta Tercepat di Dunia, Siapa yang Paling Sat Set?

Selain yang sudah disebutkan nih, SohIB, para petugas di area stasiun dan Kereta Cepat Jakarta Bandung juga sudah dibekali dengan pelatihan khusus yang bisa memberikan pelayanan sigap pada penumpang disabilitas.

Dilansir InfoPublik, Ketua Umum Modif Indonesia, Januar Nugraha, mengatakan bahwa Whoosh bisa menjadi angin segar bagi teman-teman penyandang disabilitas untuk bisa beraktivitas lebih lancar dalam bepergian. Ia berharap di masa mendatang, akan lebih banyak moda transportasi dan fasilitas publik yang ramah disabilitas.

Mengenal Whoosh, Kereta Cepat Jakarta Bandung

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh telah diresmikan oleh Presiden RI, Joko widodo, pada Sejak Oktober 2023 lalu. Kereta Cepat Whoosh mengadaptasi teknologi dan sistem kereta api berkecepatan tinggi China serta bisa melaju hingga kecepatan 350 km per jam. Cepet banget, ya?

Whoosh melayani jalur Jakarta menuju Bandung dengan perkiraan waktu tempuh 56—44 menit. Jauh lebih cepat dibandingkan dengan kereta api biasa yang lama perjalanannya sekitar 3—3,5 jam, bukan?

Beroperasi dengan 14 perjalanan, Whoosh melayani penumpang dari tiga stasiun menuju Stasiun Bandung, yaitu Stasiun Halim, Padalarang, dan Tegalluar. Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk menaiki kereta cepat ini mulai dari Rp150 ribu—Rp300 ribu dengan layanan KA feeder gratis.

Berdasarkan situs KCIC, kereta modern tersebut akan menghadirkan tiga kelas dengan kapasitas total mencapai 601 penumpang. Mereka juga menyediakan ruang khusus untuk difabel, pramugari, foot rest khusus di tiap kursinya, WiFi, dan fitur Cabin Noise yang lebih optimal dalam meredam getaran.

Naik LRT Jabodebek Cuma Satu Rupiah? Cek Faktanya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

 

 

Sumber:

  • https://sohib.indonesiabaik.id/article/cara-naik-kereta-cepat-whoosh-mkVen
  • https://kcic.co.id/
  • https://infopublik.id/kategori/nasional-ekonomi-bisnis/804401/kcic-fasilitasi-komunitas-disabilitas-naik-kereta-cepat-whoosh