10 Buah Tropis Khas Indonesia Banget, Kamu Suka yang Mana?

10 Buah Tropis Khas Indonesia Banget, Kamu Suka yang Mana?

Keranjang buah-buahan tropis khas Indonesia | Sumber: Unsplash (Hotchicksing)

Indonesia adalah salah satu negara tropis yang memiliki beragam buah. Sebuah data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa produksi buah di Indonesia selama 3 tahun mempunyai angka yang sangat fantastis.

Di tahun 2020, kita berhasil memproduksi seberat 24,87 juta ton buah. Lalu, di tahun 2021 Indonesia berada di angka 26 juta ton. Nah, di tahun 2022 kemarin, bahkan pencapaian produksi buah hingga 28,3 juta ton. Wow, menakjubkan!

Indonesia Baik memberitakan bahwa BPS mencatatkan, pisang adalah buah yang paling banyak dihasilkan di Indonesia. Pada tahun 2022 saja, secara nasional produksi pisang menyentuh 9,6 juta ton. Kemudian ada buah mangga, nanas, dan disusul dengan buah-buah tropis lainnya. Kamu penasaran apa saja?

Ada Sensus Pertanian 2023, Yuk, Sukseskan Bersama!

1. Pisang (Dihasilkan sekitar 9,6 juta ton tahun 2022)

Pisang yang menjadi kegemaran sejuta umat
Pisang yang menjadi kegemaran sejuta umat | Sumber: Unsplash (Anastasia Eremina)

Pisang dulunya identik dengan makanan kesukaan monyet. Buah yang biasanya berwarna kuning terang saat sudah matang ini mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan, lo. Ia mengandung zat antiseptik alami yang bisa digunakan sebagai penyembuh luka dan punya banyak vitamin. Fun fact-nya, pisang dinobatkan sebagai buah tertua di dunia.

2. Mangga (Dihasilkan sekitar 3,3 juta ton tahun 2022)

Mangga, si buah manis yang kaya manfaat
Mangga, si buah manis yang kaya manfaat | Sumber: Unsplash (Desirae Hayes Vitor)

Siapa sih, yang nggak suka buah yang satu ini? Mangga adalah salah satu buah tropis yang digemari berbagai kalangan. Untuk kesehatan, ia berfungsi sebagai peningkat imun tubuh, menekan risiko kanker, diabetes, dan masih banyak lagi. Rasanya manis, tetapi kadang sedikit asam, menyesuaikan dengan jenisnya. Kalau di Thailand, mangga biasa dipadukan dengan ketan putih dan sedikit santan. Hmm… yummy!

3. Nanas (Dihasilkan sekitar 3,2 juta ton tahun 2022)

Nanas, buahnya asam-asam manis
Nanas, buahnya asam-asam manis | Sumber: Unsplash (Phoenix Han)

Nanas, si kuning yang ‘katanya’ rumah SpongeBob SquarePants ini enak banget jika dicocol dengan saus gula jawa, lo. Teksturnya sangat lunak dan mengandung banyak sekali air. Nah, di usia berapa kamu baru tahu kalau nanas bukanlah buah tunggal? Ia merupakan sekelompok buah beri yang tumbuh menjadi satu dan butuh proses menjadi pohon dewasa hampir 3 tahun lamanya.

4. Jeruk Siam (Dihasilkan sekitar 2,7 juta ton tahun 2022)

Jeruk siam mungkin belum banyak yang tahu namanya. Namun, jika sudah melihat bentuknya, SohIB pasti sudah sering menemuinya. Secara fisik, jeruk siam seperti buah jeruk pada umumnya. Rasanya sangat manis dan ukurannya sedikit lebih kecil (satu kepalan tangan). Jeruk ini adalah varietas unggulan dari Sumatera Utara dan daerah lainnya di Indonesia.

5. Durian (Dihasilkan sekitar 1,7 juta ton tahun 2022)

Durian, salah satu buah tropis yang mendunia
Durian, salah satu buah tropis yang mendunia | Sumber: Unsplash (Jim Teo)

Durian adalah salah satu buah primadona di dunia, khususnya wilayah Asia Tenggara. Dari luar, kulit durian sangatlah tebal dan berduri tajam. Baunya cukup kuat, sehingga banyak orang mungkin terganggu dengan aromanya. Akan tetapi, sekali mencoba, tidak sedikit yang langsung ketagihan. Dewasa ini, durian sering dipadukan menjadi dessert, salah satunya adalah es krim durian.

12 Makanan Paling Viral Tahun 2022, Kamu Pernah Coba?

6. Salak (Dihasilkan sekitar 1,4 juta ton tahun 2022)

Salak, buah yang mengandung vitamin baik untuk tubuh
Salak, buah yang mengandung vitamin baik untuk tubuh | Sumber: Unsplash (Heri Susilo)

Memiliki nama ilmiah Salacca Edulis, salak merupakan buah tropis yang cukup populer. Kulitnya berwarna coklat tua dan daging buahnya berwarna putih tulang. Rasanya sepat-sepat manis dan mengandung berbagai nutrisi baik untuk tubuh, antara lain karbohidrat, vitamin A, vitamin B, dan zat besi.

7. Pepaya (Dihasilkan sekitar 1 juta ton tahun 2022)

Pepaya disebut-sebut sebagai salah satu buah pencahar pencernaan paling ampuh, nih! Meskipun ada berbagai jenis, umumnya buah tersebut berkulit kuning bersemburat hijau dengan daging yang berwarna oranye cerah. Rasanya cenderung light-sweet dan di tengahnya punya banyak sekali biji-bijian. hati-hati , jangan sampai tertelan, ya!

8. Alpukat (Dihasilkan sekitar 854 ribu ton tahun 2022)

Alpukat merupakan buah yang sangat disukai anak-anak bila dibuat menjadi jus yang dicampur dengan susu coklat. Biasanya, alpukat menjadi pilihan favorit orang yang sedang berdiet. Sebab, selain mengandung serat yang baik, ia kaya akan vitamin. Memang sih, kalori yang dipunyai alpukat cukup tinggi, tetapi secara keseluruhan tetap baik untuk keseimbangan tubuh.

9. Rambutan (Dihasilkan sekitar 841 ribu ton tahun 2022)

Rambutan adalah buah unik yang bentuknya sekilas menyerupai leci versi banyak rambut. Kandungan dalam buah manis tersebut bisa membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh, kemudian mengubahnya menjadi energi.

10. Nangka (Dihasilkan sekitar 797 ribu ton tahun 2022)

Nangka adalah buah berbau kuat lainnya yang sering disajikan sebagai tambahan dessert minuman dingin. Warnanya kuning cerah dan mempunyai biji berwarna putih. Jika kamu lihat, biasanya buah nangka bentuknya bulat lonjong besar. Ia mempunyai banyak getah lengket di tubuhnya. Karena itu, SohIB harus berhati-hati jika membawanya atau kamu akan sedikit kesulitan menghilangkan noda getah di pakaian.

Selain buah-buahan di atas, di Indonesia masih banyak memproduksi buah lain, seperti sirsak, manggis, buah naga, stroberi, sawo, ataupun jambu. Hanya saja, volume-nya memang terbilang kecil dibandingkan dengan yang lain. So, kamu paling suka buah yang mana?

5 Makanan Laut dari Indonesia yang Jadi Andalan di Pasar Ekspor Dunia

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)