Naik LRT Jabodebek Cuma Satu Rupiah? Cek Faktanya!

Naik LRT Jabodebek Cuma Satu Rupiah? Cek Faktanya!

LRT di Indonesia yang semakin berkembang | Sumber: Unsplash (Fadhila Nurhakim)

Naik.. naik.. Ke Jabodebek.. Cepat-cepat sekali…

SohIB, ada yang sudah mencoba LRT Jabodebek belum? Yes, sejak hari Rabu lalu (12/7/2023), uji coba terbatas LRT (Light Rail Transit) telah diberlakukan. Tepatnya mulai 12 Juli sampai 26 Juli 2023 untuk tahap pertama, kemudian 27 Juli sampai 15 Agustus 2023 untuk tahapan kedua. Katanya, kereta super cepat tersebut dikenai biaya nyaris gratis lo, alias hanya satu rupiah saja.

Merupakan LRT ketiga setelah LRT Sumatera Selatan dan LRT Jakarta, berikut adalah beberapa fakta yang kamu perlu ketahui!

Uji Coba LRT Jabodebek

Uji coba LRT Jabodebek sedang berjalan sampai Agustus 2023
Uji coba LRT Jabodebek sedang berjalan sampai Agustus 2023 | Sumber: Indonesia Baik

Diwartakan dari Indonesia Baik, pengujian kereta cepat area Jabodebek ini akan dilakukan dengan dua tahap. Untuk yang pertama (12ー26 Juli 2023) akan dibuka untuk undangan terbatas, yakni dari kementerian, lembaga, jurnalis atau media, hingga komunitas. Sedangkan tahap kedua akan dibuka untuk masyarakat umum, yaitu sejak 27 Juli sampai dengan 15 Agustus 2023.

Nah, selama pengujian berlangsung, kereta akan beroperasi dari pukul 8 pagi sampai dengan 12.30 siang setiap harinya. Oiya, selama percobaan tersebut, kuota penumpangnya dibatasi ya SohIB, per harinya. ‘Hanya’ 600 penumpang yang akan diangkut setiap hari. So, kalau kamu masih berminat untuk mencoba LRT Jabodebek, pantengin terus artikel ini!

Kereta Tercepat di Dunia, Siapa yang Paling Sat Set?

Rute yang Dilintasi oleh LRT Jabodebek

Rute yang dilintasi LRT Jabodebek
Rute yang dilintasi LRT Jabodebek | Sumber: Indonesia Baik

LRT Jabodebek akan melayani 3 lintasan, yakni Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Harjamukti, dan Cawang-Jatimulya.

Adapun untuk stasiun yang akan menjadi tempat pemberhentian ada 18 stasiun, yaitu:

  1. Dukuh Atas,
  2. Setiabudi,
  3. Rasuna Said,
  4. Kuningan,
  5. Pancoran,
  6. Cikoko,
  7. Ciliwung,
  8. Cawang,
  9. TMII,
  10. Kampung Rambutan,
  11. Ciracas,
  12. Harjamukti,
  13. Halim,
  14. Jatibening Baru,
  15. Cikunir I,
  16. Cikunir II,
  17. Bekasi Barat, dan
  18. Jatimulya.

Bagaimana Cara Ikut Uji Coba LRT Jabodebek?

Kalau SohIB tertarik untuk menaiki LRT Jabodebek selama uji coba ini, caranya tidaklah sulit, kok. Selain membawa uang elektronik atau Kartu Multi Trip yang berlaku, kamu hanya perlu mengisi formulir melalui Google Form yang telah dibagikan di seluruh akun media sosial LRT Jabodebek (Facebook, Instagram, dan Twitter) sejak tanggal 10 Juli 2023 lalu.

Bila SohIB sudah mendapatkan kepastian dan konfirmasi melalui SMS, WhatsApp, atau e-mail yang terdaftar, kamu bisa menunjukkan buktinya kepada petugas LRT Jabodebek. Namun, yang perlu kamu garisbawahi, rute perjalanan sudah ditentukan oleh pihak LRT Jabodebek dan kita dilarang makan dan minum selama di dalam kereta, ya.

Cara mengikuti uji coba LRT Jabodebek | Sumber: Indonesia Baik
Cara mengikuti uji coba LRT Jabodebek | Sumber: Indonesia Baik

Bocoran Harga LRT Jabodebek

Diinfokan dari laman Detik, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal, mengatakan bahwa tarif LRT Jabodebek akan diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan.

Namun, tarif termurah yang akan ditetapkan adalah Rp 5.000ーRp 25.000, sesuai dengan jarak jauh dekatnya rute yang dipilih. Angka ini sudah dihitung ditambahkan dengan subsidi dari pemerintah. Diharapkan, nantinya kereta yang beroperasi tanpa masinis tersebut bisa menjadi transportasi andalan baru bagi masyarakat yang akan ke wilayah Jakarta, Depok, Bekasi, dan Bogor. So, siapa nih, yang nggak sabar untuk segera menjajal LRT Jabodebek?

5 Pantai yang Terkotor di Indonesia, Ada yang Jadi Projek Pandawara Group

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)