Intip 4 Prospek Kerja Terbaik Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris!

Intip 4 Prospek Kerja Terbaik Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris!

Link :https://www.istockphoto.com/photo/close-up-interviewer-interview-candidate-apply-for-job-at-me .Prospek kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Banyak yang berasumsi kalau mahasiswa dari jurusan tertentu akan berprofesi sesuai dengan nama jurusannya. Misalnya, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, maka ia akan berkarier sebagai guru.

Memang, berbagai jurusan di Fakultas Pendidikan identik dengan lulusannya yang menjadi guru, misalnya jurusan Matematika, Biologi, Fisika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Namun, untuk jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, prospek kerja yang dimiliki sangatlah luas. Jadi, pilihanmu tidak hanya berpatokan sebagai satu profesi saja, ya.

Faktanya, tidak semua orang yang kuliah di jurusan Bahasa Inggris itu pengen jadi guru. Ada yang hanya ikut-ikutan temannya, ada yang hanya ikut apa kata orang tuanya, bahkan coba-coba saja (asalkan ada uang). Namun, ada juga yang murni karena dia memang ingin masuk Pendidikan Bahasa Inggris. Apakah SohIB pernah mendengar tentang orang yang berbicara seperti ini?

“Mau kuliah jurusan bahasa Inggris aja deh, kan kerjaannya banyak!”

Nah, untuk SohIB mahasiswa atau alumni jurusan Pendidikan Bahasa Inggris yang nggak menginginkan menjadi guru, entah karena malas menyusun perangkat pembelajaran, menghadapi murid yang susah diatur, dan lainnya, ini ada beberapa prospek kerja yang cocok untuk kamu lulusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Apa Saja Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris?

1. Menjadi Tour Guide

Untuk lulusan Pendidikan Bahasa Inggris yang sukanya jalan-jalan dan punya skill komunikasi yang bagus, tour guide cocok banget nih, buat kamu!

Tentunya, SohIB membutuhkan kelancaran berbicara dalam bahasa Inggris. Nggak cuma itu, kamu juga perlu memiliki kemampuan menjelaskan tiap destinasi yang dikunjungi. Sebab, tour guide akan berkomunikasi dengan turis lokal maupun mancanegara.

Yang nggak kalah penting, kamu harus menguasai segala hal tentang tempat tujuan yang ingin dikunjungi turis tersebut, because you are a guide. Karena itu, untuk kamu yang sedang menjadi mahasiswa PBI, jangan bolos-bolos ya, kalau ada mata kuliah Tourism. Karena dari mata kuliah ini, kamu akan memperoleh banyak wawasan mengenai dunia pariwisata.

2. Tutor atau Guru Les Bahasa Inggris

Kalau kamu belum berminat untuk kerja di sektor pendidikan formal, tapi ingin sekali mengajar yang sedikit santai, SohIB bisa jadi memilih menjadi tutor atau guru les bahasa Inggris.

Tutor tidak berbeda jauh dengan guru. Bedanya, pengajar bahasa Inggris biasanya hanya mempunyai kelompok kecil ataupun individu dan gaya belajarnya juga disesuaikan dengan siswa. Jika menjadi guru, cara mengajarnya lebih ke kelompok besar dengan jumlah muridnya yang belasan hingga puluhan.

3. Jadi Penerjemah

Nah, prospek kerja yang ini juga keren banget, loh. Sebab, kamu akan menjadi penerjemah lisan (translator) dan tulisan (interpreter). Sebagai translator, SohIB dapat menerjemahkan dokumen, entah itu dokumen perusahaan, skripsi, film, ataupun buku.

Sedangkan dengan menjadi interpreter, SohIB harus menguasai kemampuan menangkap makna dari si pembicara secara cepat dan akurat. Namun, ingat ya, untuk menerjemahkan tidak boleh asal-asalan. Kamu membutuhkan pemahaman tata bahasa dan budaya dari bahasa sumber ke bahasa sasaran.

Buat kamu yang sedang menjadi mahasiswa PBI, ilmu tentang penerjemahan ini akan kamu dapatkan pada mata kuliah Translation. Jadi, nggak perlu khawatir. Karena SohIB sudah punya pengetahuan awal mengenai dunia penerjemahan.

4. Kerja di Lembaga Pusat Bahasa 

Kamu pasti udah nggak asing lagi kan, dengan lembaga kampus yang namanya Pusat Bahasa? Jadi, Pusat bahasa adalah lembaga kampus yang menyediakan berbagai program, misalkan penerjemahan, cek plagiasi, dan ujian TOEFL-TOAFL. Nah, kamu sebagai lulusan PBI boleh banget nih, melamar kerja di lembaga ini.

Itu dia 4 prospek kerja jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Gimana, udah tau nggak, mau memilih prospek kerja yang mana?

 

#Makin Tahu Indonesia