#DiIndonesiaAja, Kemenparekraf dan ASTINDO Hadirkan Paket Wisata Menarik Akhir Tahun

#DiIndonesiaAja, Kemenparekraf dan ASTINDO Hadirkan Paket Wisata Menarik Akhir Tahun

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama dengan Ketua Umum DPP Astindo, Pauline Suharno | Sumber: Kemenparekraf

Pada 1—3 Desember 2023, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengadakan sebuah event bertajuk #DiIndonesiaAja Travel Fair. Acara ini bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) dan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO). 

Digelar di Central Park, Jakarta, pameran tersebut diharapkan dapat mendongkrak target wisatawan nusantara di akhir tahun 2023.

5 Rekomendasi Wisata di Bukittinggi, Sumatra Barat, Menarik Banget!

Dilansir dari laman Kemenparekraf, adanya banyak paket liburan dengan promosi menarik yang ditawarkan, SohIB. Ada berlibur ke desa-desa wisata yang masuk dalam program Beli Kreatif Desa Wisata Kemenparekraf/Baparekraf, berkunjung ke 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas, hingga potongan pembelanjaan dari berbagai akomodasi berlibur.

"Event ini akan berlangsung pada 1 sampai 3 Desember 2023 di Central Park, Jakarta. Pameran ini diharapkan akan memperkuat capaian target wisatawan nusantara yang (tahun ini) ditargetkan antara 1,2 miliar hingga 1,4 miliar pergerakan di tahun ini," sebut Menparekraf Sandiaga berdasarkan situs Kemenparekraf.

5 Destinasi Super Prioritas di Indonesia

Disebutkan dalam Kemenparekraf, pemerintah telah mencanangkan area-area wisata baru yang masuk dalam program “10 Bali Baru”, namanya adalah Destinasi Super Prioritas. Dengan demikian, nggak hanya dari segi wisatawannya yang akan terus ditarik, tetapi juga bagaimana ekosistem ekonomi kreatif dengan warga setempat juga dilibatkan. Lantas, di mana saja 5 Destinasi Super Prioritas yang dimaksud?

Bencana Alam Dahsyat yang Pernah Terjadi di Dunia

1. Danau Toba, Sumatra Utara

Keindahan alam yang begitu menakjubkan
Keindahan alam yang begitu menakjubkan | Sumber: Unsplash (Fahrul Razi)

Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di dunia yang sangat lekat dengan sejarah masyarakat Suku Batak. Selain pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan, SohIB dapat melakukan banyak kegiatan healing seru bersama keluarga dan teman tercinta.

Rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi adalah berkunjung ke Bukit Holbung, Huta Ginjang, membeli dan menyaksikan pembuatan kain ulos, dan bersantap kuliner khas Danau Toba.

2. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Salah satu sudut Candi Borobudur
Salah satu sudut Candi Borobudur | Sumber: Unsplash (Mario La Pergola)

Indonesia memang gudang penyimpan segala “Terbesar di Dunia”, salah satunya adalah Candi Borobudur sebagai candi Buddha terbesar dan sangat populer. Selain dapat menyelami napak tilas sejarahnya yang panjang, kamu bisa mencicipi berbagai makanan lokal yang menggoyang lidah, di antaranya adalah sego godog dan es pleret.

3. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Sirkuit Mandalika yang dijadikan venue MotoGP 2023
Sirkuit Mandalika yang dijadikan venue MotoGP 2023 | Sumber: Unsplash (Arya Krisdyantara)

Mandalika kini semakin naik daun setelah menjadi tempat pertandingan internasional nan bergengsi, MotoGP, tahun 2022 dan 2023. Bahkan, para peserta perlombaan itu sangat menikmati hari-harinya di sana karena keindahan alamnya yang sangat memukau.

Kamu bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam di Bukit Merese, belajar budaya di Desa Wisata Sade dan Ende, bermain pasir putih di Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Aan. Cocok banget untuk melepas stres dan beban sehari-hari, bukan?

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Menyelam ke dalam lautan dengan pemandangan eksotisnya
Bayangkan eksotisnya Labuan Bajo di pagi hari! | Sumber: Unsplash (Fifani Cahyadi)

Bagi SohIB pecinta wisata bahari, jangan lewatkan spot liburan yang satu ini. Di Labuan Bajo, ada banyak hal menarik yang akan menjadi momen yang tak terlupakan, mulai dari trekking ke Air Terjun Cunca Wulang, menaiki kapal pinisi Kenzo, ke Puncak Silvia, hingga ke Gua Rangko yang punya oasis dan kolam air asin.

Btw, di Labuan Bajo jugalah terdapat Taman Nasional Komodo yang telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO tahun 1991.

5. Likupang, Sulawesi Utara

Menyelam ke dalam lautan dengan pemandangan eksotisnya
Menyelam ke dalam lautan dengan pemandangan eksotisnya | Sumber: Unsplash (Subtle Cinematics)

Likupang menyimpan berbagai destinasi liburan yang sangat memanjakan mata, mulai dari Bukit Pulisan, padang rumput Bukit Larata, melakukan snorkeling, berjemur, hingga menyaksikan penyu hijau di Pantai Likupang.

Tak hanya itu, sejak tahun 2020, pemerintah melalui Kemenparekraf/Baparekraf sudah menjalankan beberapa program yang mendukung infrastruktur di area ini, seperti air bersih, jaringan internet yang stabil, listrik, hingga sosialisasi zero waste lifestyle.

Organisir Liburanmu Dengan 8 Aplikasi Ini, Yang Hobi Travelling, Yuk Merapat!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

 

#Makin Tahu Indonesia

 

Sumber referensi:

  • https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-diindonesiaaja-travel-fair-tawarkan-paket-liburan-akhir-tahun
  • https://kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/infografik-5-destinasi-super-prioritas
  • https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/pesona-5-destinasi-super-prioritas-diindonesiaaja-ini-bikin-bangga
  • https://www.indonesia.travel/id/id/destinasi/bali-nusa-tenggara/labuan-bajo
  • https://kemenparekraf.go.id/hasil-pencarian/explore-likupang-surga-tersembunyi-di-sulawesi-utara