Cara Menjaga Kesehatan dan Persiapan di Musim Hujan

Cara Menjaga Kesehatan dan Persiapan di Musim Hujan

Musim hujan, jaga kesehatan | Sumber: Unsplash (Osman Rana)

Sebagian wilayah di Indonesia kini telah memasuki musim hujan setelah sebelumnya dilanda musim kemarau yang begitu panjang. Hal ini merupakan kabar baik bagi kita semua. Sebab, berbagai efek negatif dari panasnya cuaca di tanah air telah tampak, seperti kekeringan dan mudahnya sampah kering terbakar.

Nah, karena sore hingga malam hari sekarang sudah mulai sering mendung dan hujan, inilah beberapa hal yang bisa SohIB lakukan agar kesehatan senantiasa terjaga di musim tersebut!

10 Geopark Indonesia yang Sudah Diakui Dunia, Keren Banget!

Konsumsi Makanan Bergizi dan Jangan Dehidrasi

Sudah menjadi rahasia umum apabila jika ingin memiliki tubuh yang sehat, maka pola makan perlu diperhatikan. Dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan daging yang kaya akan protein, serat, hingga vitamin, maka SohIB tidak mudah terserang penyakit. Bila perlu, minum multivitamin untuk menjaga kondisimu.

Jangan lupa, tentu saja penuhi kebutuhan air dalam tubuh sesuai dengan anjuran kesehatan. Sebab, tubuh yang dehidrasi atau kekurangan cairan bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Jaga Kebersihan Diri

Cuaca dingin biasanya membuat kita jarang berkeringat. Meski demikian, SohIB tetap perlu rajin mengganti pakaian setelah keluar rumah, terutama saat bepergian di tempat yang bertemu banyak orang dan berisiko tertular penyakit. Lalu, sebelum menyentuh makanan, cuci tangan dengan menggunakan air mengalir yang bersih dan sabun pembersih kuman.

Pertimbangkan untuk membawa tisu basah dan hand sanitizer di manapun kamu berada untuk berjaga-jaga jika akses cuci tangan sulit ditemukan.

Olahraga

Suasana yang syahdu karena langit mendung memang sangat mudah membuat kita mudah mengantuk dan malas melakukan kegiatan. Padahal, berolahraga dapat melancarkan sirkulasi darah dan memaksimalkan kinerja sel darah putih yang punya peran besar dalam sistem pertahanan tubuh.

Pilihlah jam-jam yang jarang hujan, seperti pagi hari sebelum matahari terbit. Selain udaranya masih jernih, pikiran akan lebih segar. Sebuah langkah yang bagus untuk menyambut hari sebelum memulai aktivitas.

7 Manfaat Sisa Makanan Menjadi Pupuk Kompos, Jangan Dibuang!

Istirahat yang Cukup

Beristirahat yang cukup juga tidak kalah penting agar SohIB dapat memulihkan energi dengan optimal. Orang dewasa dianjurkan bisa tidur 7–9 jam tergantung dengan kebutuhan. Jangan lupa, hindari memainkan gawai dengan sengaja untuk membuat matamu lebih lelah lagi. Kalau memang SohIB kesulitan tidur, tenangkan pikiran dengan membaca buku atau bermeditasi. Intinya, sebaiknya tidur itu disiapkan dengan baik ya, guys.

Lakukan 3M

Musim hujan memberikan tugas tersendiri bagi kita. Sebab, genangan-genangan air pasti muncul di area lingkungan kita, yang mana menjadi rumah bagi nyamuk, salah satunya penyebab Demam Berdarah dan malaria.

Dalam hal ini, pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menerapkan program 3M plus, yakni:

  • Menguras tempat penampungan air secara rutin.
  • Menutup tempat penampungan air.
  • Mengubur sampah yang mudah terurai dan melakukan pemanfaatan kembali pada sampah yang bisa didaur ulang.
  • Memelihara ikan pemakan jentik-jentik di kolam atau akuarium.
  • Memasang jaring nyamuk di ventilasi dan jendela.
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk (serai, daun mint, basil, marigold, lavender, dan lainnya).

Membawa Jas Hujan, Payung, atau Jaket Anti-Air

Memasuki musim hujan, memang sudah lazim bagi masyarakat Indonesia untuk senantiasa membawa benda-benda yang bisa melindungi dirinya dari guyuran air hujan, misalnya payung, jaket antiair, atau jas hujan. Terlebih lagi, pengguna sepeda motor di negara kita ‘kan, sangat tinggi. Orang yang kehujanan biasanya akan mengalami kedinginan, yang bisa menyebabkan dirinya terserang penyakit jika tidak segera diatasi. Karena itu, SohIB jangan lupa memperhatikan detail ini, ya!

Landmark Negara ASEAN, Wajib Masuk List Kunjunganmu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

#Makin Tahu Indonesia

 

Sumber:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/tips-menjaga-kesehatan-di-musim-hujan