7 Manfaat Sisa Makanan Menjadi Pupuk Kompos, Jangan Dibuang!

7 Manfaat Sisa Makanan Menjadi Pupuk Kompos, Jangan Dibuang!

Kita bisa mengolah sisa makanan menjadi pupuk kompos | Sumber: Unsplash (Joshua Hoehne)

SohIB siapa nih, yang masih suka bingung cara memanfaatkan sisa makanan? Tenang, kamu nggak sendirian, kok. Tidak sedikit yang tidak tahu bahwa sebetulnya, bahan organik yang sudah tidak layak dikonsumsi, masih bisa digunakan untuk hal lain ketimbang dibuang. Menjadikannya sebagai pupuk kompos adalah salah satunya.

Caranya juga terbilang mudah. Selain sisa makanan, siapkan komposter, dedaunan kering, dan tempat untuk pengolahan pupuk. Campurkan menjadi satu dengan komposisi angka tertentu.

Setelah didiamkan selama kurang lebih tiga bulan untuk proses pembusukan, SohIB bisa menggunakan pupuk buatan sendiri ini. Lebih hemat, praktis, dan tentunya kita sama dengan berkontribusi menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Lantas, apa manfaat membuat pupuk kompos dari sisa makanan? Sini-sini, cek artikel di bawah!

Plogging, Tren Olahraga yang Ramah Lingkungan

Menyuburkan Tanaman

Sisa makanan yang sudah tidak dikonsumsi dari dapur bisa diolah menjadi pupuk kompos untuk tanaman di kebun. Tahu, nggak? Pupuk kompos yang dibuat dari sisa makanan punya banyak sekali nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas tanah, nih! Sudah begitu, tentunya aman dari zat kimia yang berbahaya. Sebab, sebelumnya juga menjadi makanan kita.

Berkontribusi dalam Menjaga Lingkungan dari Sampah dan Polusi

Manfaat sampah menjadi hal yang berguna
Manfaat sampah menjadi hal yang berguna | Sumber: Unsplash (Jas Min)

Gerakan peduli lingkungan sedang marak di sekitar kita dan salah satu cara termudah bagi kamu untuk turut berkontribusi adalah memanfaatkan sampah rumah tangga seefisien mungkin. Dalam hal ini, daripada membuang sisa makananmu, lebih baik kumpulkan dalam satu wadah dan manfaatkan sebagai ‘makanan’ baru bagi tanamanmu.

Namun, agar tidak menimbulkan bau yang menyengat, usahakan untuk tidak menumpuk limbah organik ini terlalu lama atau jangan disimpan di dalam rumah terlalu panjang.

17 Langkah Gaya Hidup Ramah Lingkungan, Dari Penggunaan Produk Kayu Hingga Daur Ulang Sampah

Mengurangi Emisi Rumah Kaca

Karena sisa makanan adalah sampah organik, maka kalau dibiarkan membusuk begitu saja, lama-kelamaan akan menimbulkan gas metana yang berbahaya bagi lingkungan sekitar. Terlebih lagi, gas inilah yang menyebabkan efek rumah kaca.

Peluang Penghasilan Baru

Dari hal sederhana bisa menjadi perubahan yang besar
Dari hal sederhana bisa menjadi perubahan yang besar | Sumber: Unsplash (Lenka Dzurendova)

Biarpun terkesan mudah, ternyata tidak semua orang telaten lo, dalam mengolah sisa makanan menjadi hal yang lebih berguna. So, hal tersebut dapat SohIB jadikan peluang usaha sekaligus berdaya guna. Bahkan, suatu saat nanti kamu bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri.

Mencegah Datangnya Siput

Bagi pecinta tanaman pastinya tahu bahwa siput adalah salah satu hewan yang suka merusakkan tanaman. Penggunaan ampas kopi sebagai semprotan atau taburan untuk mengusir binatang tersebut.

Lingkungan Makin Sehat dan Cantik

Lingkungan yang bersih akan membuat kita hidup dengan nyaman
Lingkungan yang bersih akan membuat kita hidup dengan nyaman | Sumber: Unsplash (Del Barrett Oo)

Tanaman yang subur akan mempercantik lingkungan sekitar. Lingkungan yang bersih juga akan membuat yang tinggal di sana semakin nyaman dan sehat. Inilah yang akan terjadi apabila kamu melakukan hal kecil seperti pengolahan sampah sisa makanan ini. Karena, biasanya sampah organik yang menumpuk mengundang lalat untuk berkumpul.

Mengusir Kucing Kencing di Tanaman Kita

Ternyata kucing itu kurang suka dengan bau wewangian yang kuat dan jeruk adalah salah satu yang mereka benci. Jadi, kalau kamu punya limbah kulit jeruk, keringkan saja dan potong kecil-kecil. Lalu, taburkan di area tanaman. Itu bisa menghindarkan kita dari kucing liar yang suka buang air sembarangan.

Aktivis Lingkungan, Bob Novandy, Ajak Menjaga Lingkungan dengan Daur Ulang Limbah Plastik

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)