10 Brand Indonesia yang Mendunia, Ada yang Masuk Drakor, nih!

10 Brand Indonesia yang Mendunia, Ada yang Masuk Drakor, nih!

Kopi khas Indonesia yang lezat | Sumber: Unsplash (Sangga Rima Roman Selia)

Indonesia mempunyai banyak sekali brand yang tak hanya dikenal di kalangan masyarakat lokal saja, tetapi juga di dunia. Mulai dari makanan, minuman, pakaian, hingga jamu-jamuan, simak apa saja di bawah ini, ya!

1. Indomie

Indomie adalah mie instan yang disukai orang
Indomie adalah mie instan yang disukai orang | Sumber: Indomie

Siapa sih, yang nggak tahu merek yang satu ini? Bila kita berbicara tentang produk lokal yang sudah go internasional, tentu saja Indomie tidak akan pernah ketinggalan. Brand mie instan tersebut mempunyai berbagai varian rasa yang khas Indonesia, seperti dendeng balado, soto lamongan, rasa rendang, masak habang, mi celor, dan lainnya.

Banyak sekali video reaction dari luar negeri yang merekam respon mereka ketika sedang menyantap Indomie. Hampir semuanya mengatakan rasanya enak dan approved di lidah mereka.

2. Tolak Angin

Tolak Angin sering dikonsumsi orang Indonesia ketika merasa tidak enak badan
Tolak Angin sering dikonsumsi orang Indonesia ketika merasa tidak enak badan | Sumber: Tolak Angin

Tolak Angin adalah salah satu produk dari PT Sido Muncul yang sudah ada sejak tahun 1930. Dilansir dari laman resminya, obat tersebut berbahan dari tanaman khas lokal, seperti jahe, daun mint, adas, kayu ules, daun cengkeh, dan madu. Pada uji pra klinisnya, terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang.

Kebaya dan Dangdut Diperjuangkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO

3. Kopiko

Kopiko, permen kopi yang sudah ada sejak dulu
Kopiko, permen kopi yang sudah ada sejak dulu | Sumber: Wikipedia

Kopiko sempat menghebohkan kalangan pecinta drakor (drama korea) ketika muncul di salah satu serial ‘Vincenzo’. Kala itu, ada beberapa adegan di mana para pemainnya menyesap permen manis rasa kopi tersebut.

Kopiko berdiri di bawah PT. Mayora Indah, Tbk, yang di mana perusahaan tersebut juga biasa memproduksi aneka permen dan biskuit-biskuit terkenal di Indonesia lainnya.

Btw, Kopiko pernah di bawah keluar angkasa lo, oleh para astronaut ISS. Manisan rasa kopi itu dikatakan sebagai alternatif bagus untuk pengganti air kopi.

4. Silver Queen

Banyak yang mengira bahwa coklat batang Silver Queen merupakan merek dagang dari luar negeri. Padahal, yang sebenarnya adalah berasal dari Indonesia, milik PT Petra Food. Kudapan manis itu sudah ada sejak tahun 1950 dengan tagline khasnya yakni “Santai Belum Lengkap Tanpa Silver Queen.”

Pandawara Group Gerakan Anak Muda Tangguh Melawan Sampah

5. Terry Palmer

Terry Palmer dan salah satu produknya
Terry Palmer dan salah satu produknya | Sumber: Terry Palmer Hotelier

Namanya memang tampak kebarat-baratan, tetapi Terry Palmer sebagai merek penyedia berbagai macam handuk premium ini benar-benar produk dalam negeri. Ia diperkenalkan sejak tahun 2002 dan hingga kini, menjadi salah satu brand pemasok handuk sampai sprei terkemuka di hotel-hotel mewah dan negara-negara luar.

6. Polygon

Polygon, merek sepeda terkenal yang ternyata produk lokal
Polygon, merek sepeda terkenal yang ternyata produk lokal | Sumber: Polygon

Polygon adalah produk sepeda beserta spare part sepeda terkemuka di Indonesia. Namun, di balik kemahsyurannya, ternyata Polygon adalah merek lokal yang telah go internasional. Berasal dari Sidoarjo, produk tersebut sudah dimiliki oleh jutaan orang di seluruh dunia.

7. Eiger

Bagi para pecinta mendaki gunung pasti tidak akan asing dengan yang satu ini. Banyak yang mengira bahwa Eiger berasal dari luar negeri. Nyatanya, merek yang sering memproduksi peralatan outdoor itu asli buatan Indonesia, lo.

Eiger sudah berdiri sejak tahun 1979 dan telah melebarkan sayapnya hingga ke berbagai negara luar, seperti Malaysia, Lebanon, dan Jepang.

8. Krisbow

Krisbow, merek peralatan tangan, listrik, hingga mesin
Krisbow, merek peralatan tangan, listrik, hingga mesin | Sumber: Krisbow

PT Krisbow Indonesia didirikan pertengahan 2013 di Jakarta. Berdiri di bawah naungan Grup Kawan Lama, brand itu mengkhususkan diri dalam menyediakan produk berkualitas mulai dari peralatan tangan dan listrik hingga mesin dan peralatan, baik untuk pelanggan komersial, industri, dan rumah tangga. Krisbow bukanlah bahasa asing ya, SohIB, melainkan nama singkatan dari pemiliknya, yakni Krisnandi Wibowo.

9. Essenza

Essenza, merek ubin porselen lokal yang mendunia
Essenza, merek ubin porselen lokal yang mendunia | Sumber: Essenza

Essenza adalah merek untuk ubin porselen terkemuka yang sudah ada sejak 1994. Tak hanya menjadi salah satu produk lokal yang mendunia, tetapi brand tersebut juga sudah memenangkan banyak sekali penghargaan lo, guys.

10. Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals menjual banyak produk skincare alami
Sensatia Botanicals menjual banyak produk skincare alami | Sumber: Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals ditemukan di sebuah desa kecil bernama Jasri di Karangasem, Bali, pada tahun 2000. Kala itu, sang pemilik memiliki mimpi untuk menghasilkan produk kosmetik yang berbahan alami.

Kini menjadi merek yang berskala internasional, Sensatia Botanicals sudah menghasilkan 300 produk yang telah terdaftar di BPOM dan menembus pasar berbagai negara, termasuk Amerika Serikat dan Australia.

5 Pelajaran dari Film Enola Holmes 2, Penuh Moral Value!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)