5 Pelajaran dari Film Enola Holmes 2, Penuh Moral Value!

5 Pelajaran dari Film Enola Holmes 2, Penuh Moral Value!

Enola Holmes 2 Tayang 2022 | Sumber: highoncinemaa.com

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Artikel ini mengandung spoiler.

Setelah sukses dengan film pertamanya, kini Enola Holmes 2 hadir dengan petualangan baru yang pastinya lebih seru. Berkisah tentang petualangan detektif perempuan, Enola Holmes adalah adik dari Sherlock Holmes. Buat SohIB yang termasuk pencinta cerita-cerita detektif, pastinya sudah tak asing dengan tokoh fiksi ini, dong?

Enola Holmes 2 rilis pada 27 Oktober 2022 dan berhasil meraih rating 97 persen di Netflix. Masih sama dengan kasus sebelumnya, Enola Holmes yang diperankan Millie Bobby Brown, aktris berkebangsaan Inggris, kembali memecahkan kasus orang hilang. Namun, cerita kali ini dikemas lebih menarik dengan mengambil latar belakang sejarah aksi mogok kerja pertama di dunia yang dipimpin oleh perempuan, Sarah Chapman, pada 1888 silam.

Meskipun fiksi, ada banyak pelajaran yang bisa SohIB petik dari petualangan Enola Holmes di season keduanya ini. Penasaran? Langsung simak ulasannya di bagian berikut, yuk!

1. Grit: Apa pun Rintangannya, Jangan Menyerah!

Enola Holmes 2

Millie Bobby dalam Enola Holmes 2 sebagai Enola Holmes. | Sumber: Netflix

Dalam film keduanya, Enola Holmes menyusul jejak Sherlock Holmes dengan membuka firma detektifnya sendiri. Sama seperti para perintis bisnis lainnya, Enola juga menghadapi banyak tantangan. Tidak sedikit yang meragukan kemampuannya, terlebih lagi sosoknya sebagai perempuan.

Dengan latar kehidupan sebelum abad 20, Enola Holmes 2 banyak menyinggung soal kesetaraan gender. Di sini, Enola berusaha membuktikan bahwa dia juga bisa menjadi detektif andal meskipun dirinya adalah perempuan.

Perkataan buruk orang lain tidak menghalangi langkah adik Sherlock Holmes ini untuk terus memecahkan kasus pertamanya. Begitu pun selanjutnya, berbagai cara yang dilakukan musuh tidak pula membuat dirinya menyerah. SohIB bisa mencontoh ketangguhan Enola, nih!

2. Agile: Adaptif dengan Segala Perubahan

Banyak orang terjebak dalam zona nyaman dan akhirnya takut dengan perubahan. Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika iya, SohIB bisa belajar dari Enola Holmes.

Jalan cerita yang penuh kejutan akan membuatmu geleng-geleng dengan kreativitas Enola saat menghadapi bermacam situasi. Bahkan, hingga akhir, penonton yang mulai kecewa dengan kegagalan penangkapan sang musuh justru disuguhkan dengan plot-twist yang tidak pernah terpikirkan oleh siapa pun! Kemampuannya dalam bertindak cepat dan lincah terhadap segala perubahan membuat Enola mampu memecahkan kasus yang ia hadapi.

Sama halnya denganmu, SohIB! Di era yang serba cepat ini, SohIB tidak boleh terjebak dalam zona nyaman. Sebab, kamu bisa tertinggal dan tergerus oleh perubahan. So, SohIB perlu melatih kemampuan dalam mengambil keputusan dan tindakan agar terus adaptif dengan segala perubahan, ya!

Baca Juga: 7 Bentuk Investasi pada Diri Sendiri, Siap Jadi Pribadi yang Hebat dan Berdaya!

3. Integrity: Perjuangkan Kebenaran!

Match Girls' Strike
komite The Match Girls' Strike tahun 1888 | Sumber: Wikimedia Commons (Wellcome Images)

Enola Holmes 2 mengambil kisah The Match Girls' Strike, aksi mogok kerja pertama yang dilakukan buruh perempuan di masa Revolusi Industri. Dalam sejarahnya, sebuah pabrik korek api di Inggris menggunakan bahan baku Fosfor sehingga mengakibatkan ratusan pekerja yang sebagian besar adalah perempuan mengidap gangguan nekrosis pada rahang. Pemilik pabrik justru menutupinya dengan pemberitaan wabah tifus. Karena itulah, Sarah Chapman tergerak untuk menyuarakan masalah tersebut.

Kasus pembunuhan dalam pabrik inilah yang kemudian menginspirasi cerita Enola Holmes 2. Secara bersamaan, mereka juga berusaha untuk membongkar jaringan korupsi yang dijalankan oleh penguasa pabrik dan pemerintah. Integritas dan aksi heroik Sarah Chapman dalam dunia nyata yang digambarkan di film Enola Holmes 2 seharusnya menjadi teladan bagimu, nih!

Tenang saja. SohIB tidak harus menangkap penjahat karena itu adalah tugas polisi. Hal-hal sederhana, seperti tidak menyontek saat ujian hingga mematuhi rambu lalu lintas, bisa SohIB lakukan untuk menjadi orang yang berintegritas.

4. Caring: Peduli terhadap Sesama

Bessie Chapman menjadi klien pertama Enola setelah membuka firma detektifnya. Meski berasal dari keluarga miskin, dia tidak menolak permintaan Bessie untuk mencari keberadaan kakaknya, Sarah Chapman. Tanpa pamrih, Enola mendedikasikan dirinya dengan sepenuh hati. Hingga akhir, firma detektifnya memberlakukan sistem pembayaran seikhlasnya. Dermawan banget nggak, tuh?

Alih-alih mengejar materi dan ketenaran, adik Sherlock Holmes ini justru ingin membantu banyak orang dengan kemampuan yang ia miliki. Kepedulian dan empati yang melekat dalam karakter Enola Holmes bisa banget SohIB teladani.

Tidak harus jadi detektif, kamu bisa melakukan cara-cara lain untuk membantu orang lain. Nggak perlu muluk-muluk, sesederhana menanyakan kabar kepada orang lain juga bisa kamu lakukan, lo!

Baca Juga: 5 Film Netflix Tentang Pengembangan Karier, Ada yang Cerita Nyata, lo!

5. Teamwork: Kerja Sama Adalah Kunci Keberhasilan

kerja sama
Dengan bersatu, SohIB bisa menjadi lebih tangguh. | Unsplash (Antonio Janeski)

Banyak pelajaran tentang kerja sama tim dalam season kedua Enola Holmes. Jika di film pertama Enola bertentangan dengan Sherlock, kali ini keduanya bersatu untuk memecahkan kasus. Mereka juga bersekutu dengan beberapa tokoh lain, yakni keluarga Chapman, agar bisa mengalahkan penguasa di zaman itu.

Sebagai makhluk sosial, kita semua pasti saling membutuhkan. Narasi klasik tentang sekumpulan lidi dan sebuah lidi untuk menganalogikan kekuatan bersatu pasti sudah sering didengar. Begitu pula denganmu, SohIB! Selain membuatmu kesepian, sendirian juga menghambat perkembangan. Bersama tim, SohIB bisa memperoleh banyak inspirasi dan masukan.

"You will do very well on your own. But with others, you could be magnificent." – Enola Holmes 2

Nggak cuma seru, ternyata kita juga bisa belajar banyak moral value dari Enola Holmes 2. Bagaimana, makin tertarik untuk nonton film ini, kan? Kalau SohIB ada rekomendasi film penuh inspirasi lainnya, boleh banget kamu tuliskan di kolom komentar. Semoga informasi tadi bermanfaat dan menginspirasi, ya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Ada banyak informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu, kamu juga bisa join jadi kontributor SohIB dan gabung ke komunitas SohIB. Di sana, kamu bakal bertemu kawan-kawan baru dan mendapat banyak benefit. Gabung sekarang, kuy!

Editor: Fria Sumitro