Bola Piala Dunia yang Buatan Indonesia, Makin Bangga!

Bola Piala Dunia yang Buatan Indonesia, Makin Bangga!

Piala Dunia 2022 dimenangkan oleh Argentina atas Prancis | Sumber: Unsplash (Rhett Lewis)

Perhelatan akbar Piala Dunia 2022 telah usai tadi malam (18/12). Diselenggarakan di Doha, Qatar, Argentina menang melawan tim Prancis dengan skor seri 3-3 extra time dan penalti 4-2. Lionel Messi (Argentina) dan Kylian Mbappe (Prancis) menjadi bintang gol di lapangan pada final penentuan kemenangan World Cup 2022.

Nah, berbicara tentang dunia sepak bola, tentunya kehadiran bola sebagai subjek yang ditendang menjadi komponen penting dalam olahraga yang satu ini. Tentu saja, nggak ada bola, apa dong, yang akan dimainkan?

Namun, tahukah SohIB bila beberapa bola yang digunakan dalam ajang Piala Dunia ternyata diproduksi di Indonesia? Tentu saja, karena dipakai untuk acara bergengsi, pemilihan dan pembuatan bolanya pun tidak boleh sembarangan. Berikut ini adalah 3 bola buatan lokal yang digunakan dalam sejarah World Cup!

Baca juga: Fenomena Solstis Desember pada 21 Desember, Benarkah Berbahaya?

1. Tricolore (Piala Dunia FIFA 1998)

bola tricolore
Ini dia, bola pertama Piala Dunia yang diproduksi di luar Eropa | Sumber: Indonesiabaik.id

Tricolore adalah bola resmi World Cup FIFA 1998 yang berada di bawah naungan perusahaan ternama, Adidas. Yang lebih keren lagi, bola tersebut adalah bola pertama lo, yang digunakan pertandingan ini, tetapi diproduksi di luar Eropa!

Menurut Wikipedia, Tricolore berasal dari Maroko dan salah satu daerah di Indonesia, yakni Majalengka. Bola tersebut dikatakan mempunyai lapisan sintetis, sehingga sangat nyaman, lincah, dan lembut ketika digunakan. Warna khas dari benda bulat itu adalah putih, biru, dan sedikit merah dengan gaya ala Tango.

2. Brazuca (Piala Dunia 2014)

bola brazuca
Brazuca diproduksi dari Majalengka, Jawa Barat | Sumber: Indonesiabaik.id

Mendengar namanya saja, SohIB sudah bisa menebak bukan, pertandingan mana yang menggunakan Brazuca? Yup, lagi-lagi dipasok dari Majalengka, Jawa Barat, bola tersebut dibuat dari PT. Sinjaraga Santika Sport, perusahaan dalam negeri yang memproduksi berbagai jenis bola berstandar SNI dan FIFA. Brazuca dipakai untuk Piala Dunia di Brasil 8 tahun yang lalu.

Beberapa sumber menyebutkan, bahwa bola berwarna putih dengan ornamen unik berwarna hijau, oranye, dan biru tersebut pernah didapuk sebagai bola paling stabil, mudah dikendalikan, dan bahkan salah satu yang terbaik di dunia. Sebab, ia memiliki beberapa standar yang dinilai sangat menguntungkan para pemain bertendangan lemah dan nggak mudah goyah saat melambung di udara. Saking bagusnya, Brazuca pernah diriset oleh beberapa peneliti, nih!

Baca juga: Liburan Sebentar Lagi, Ini Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi!

3. Al Rihla (Piala Dunia 2022)

bola al rihla
Al Rihla disebut sangat gesit ketika ditendang di lapangan | Sumber: Indonesiabaik.id

Bola yang satu ini baru saja merumput di ajang World Cup 2022, Qatar. Al Rihla merupakan hasil dari kerja sama dari PT. Global Way dan Adidas dan dibuat dari dua lokasi yang berbeda, yaitu sebagian besar di Madiun, Indonesia, dan China.

Bola yang diekspor ke lima negara berbeda tersebut memiliki tiga warna khas, yakni merah, hitam, dan biru. Melansir dari Indonesiabaik, Al Rihla mempunyai beberapa kelebihan ketika digunakan para pemain olahraga ini, di antaranya sangat andal, stabil, meluncur cepat setelah ditendang, dan maksimalnya retensi terhadap udara.

Selain itu, bola yang punya arti “Perjalanan” ini diklaim eco-friendly, di mana hal tersebut sedang menjadi isu utama di semua negara.

Setelah membaca artikel di atas, bagaimana perasaan SohIB? Tentunya kita sangat bangga ya, karena produk-produk lokal semakin diakui dan dimanfaatkan untuk ajang-ajang berkelas dunia. Apakah kamu bisa menyebutkan, berapa banyak lagi barang-barang buatan Indonesia yang juga menjadi favorit mancanegara dan terkenal di luar sana? Yuk, komentar di bawah!

Baca juga: Jangan Mager, Ternyata Ini Manfaat Cardio untuk Kesehatanmu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)