Jangan Mager, Ternyata Ini Manfaat Cardio untuk Kesehatanmu!

Jangan Mager, Ternyata Ini Manfaat Cardio untuk Kesehatanmu!

Kenali macam-macam cardio l Sumber: Pixels (Ketut Subiyanto)

Siapa nih, yang jarang untuk berolahraga? Mungkin ada beberapa faktor yang membuat sulit untuk berolahraga, selain karena tidak ada waktu luang seperti sibuk bekerja atau kuliah, bisa juga karena malas untuk bergerak.

Untuk sebagian orang, olahraga itu sangat mengasikkan, tetapi, sebagian lainnya merasa aktivitas yang menyehatkan tersebut sangat tidak menyenangkan karena melelahkan.

Namun, apa Sobat SohIB tahu, kalau jenis olahraga itu tidak harus yang berat kok, seperti pergi ke gym, berenang, futsal, atau basket? Masih banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap bergerak dengan cara yang lebih mudah dan simple. Yuk, kenali olahraga cardio yang memiliki manfaat untuk kesehatanmu!

Jogging

Manfaat jogging yang bisa kamu rasakan l Sumber: Pixels (Ketut Subiyanto)

Jogging masuk ke dalam olahraga cardio yang sangat populer di kalangan anak muda maupun orang tua. Sebabnya, olahraga ini dinilai sangat sederhana serta efisien untuk membakar lemak. Selain itu, jogging juga bagus untuk melancarkan peredaran darah sehingga dapat menjaga kesehatan jantung jika dilakukan secara rutin.

Melakukan jogging di pagi hari sembari mendengarkan lagu kesukaan, merupakan salah satu aktivitas pembuka hari yang baik. Mood bisa meningkat dan tentunya menjadi rutinitas yang menyenangkan. Manfaat lain dari jogging, yaitu meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh, mencegah diabetes,dan mengurangi stress juga, lo!

Lompat Tali

Olahraga satu ini bagus untuk jantungmu! l Sumber: Pixels (cottonbro)

Lompat tali atau lebih sering dikenal dengan skipping merupakan salah satu cardio yang sering dipilih untuk tujuan menurunkan berat badan. Namun, terdapat manfaat yang lainnya juga, seperti meningkatkan keseimbangan tubuh. Hal tersebut dikarenakan skipping 'memaksa tubuh' untuk terus bergerak sehingga keseimbangan dan koordinasi antartubuh terlatih dengan baik. Kinerja otak juga meningkat dalam memfokuskan diri pada sesuatu.

Kebaikan lainnya dari skipping tentu berpengaruh kepada tulang, yang membuatmu semakin kuat serta terhindar dari beberapa penyakit pada bagian tulang. Sebagai salah satu opsi yang efisien untuk membakar lemak, dengan gerakan melompat yang intens, kamu dapat meningkatkan detak jantung dan baik berguna untuk kesehatan.

Bersepeda

Jalan-jalan yang menyehatkan? Yuk, kenali olahraga bersepeda l Sumber: Pixels (PhotoMIX Company)

Pasca pandemi Covid-19, bersepeda semakin diminati banyak kalangan. Olahraga ini relatif lebih mudah dilakukan serta memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, berikut di antaranya:

  1. Menurunkan berat badan. Pembakaran jumlah yang terbakar ditentukan berdasarkan durasi, jarak, track perjalanan serta kecepatan pada saat mengayuh sepeda.
  2. Mencegah penyakit jantung dan mengurangi lemak dalam darah.
  3. Salah satu manfaat lainnya adalah memelihara kesehatan sendi. Olahraga bersepeda ini aman untuk para penderita nyeri sendi serta untuk sebagian orang yang merasakan kaku pada tubuh akibat faktor usia. Bersepeda bertumpu pada tulang panggul, jadi olahraga ini tidak akan membebani sendi.

Bagaimana, sudah lebih mengetahui macam-macam cardio dan juga khasiatnya untuk kesehatan tubuh? Tunggu apalagi? Yuk, miliki tubuh sehat dan kuat agar terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan! Dimulai dari meluangkan waktu 10-30 menit sehari atau paling tidak satu minggu sekali untuk mengganti pola hidup yang lebih sehat. Tidak ada tubuh yang indah dari seseorang yang pemalas.