Berkendara yang Aman di Musim Hujan, Awas Jalanan Licin!

Berkendara yang Aman di Musim Hujan, Awas Jalanan Licin!

Hujan, ini tips berkendara dengan aman | Sumber: Unsplash (Jessica Knowlden)

Di Indonesia, beberapa wilayah sudah mengalami hujan, ada yang masih rintik-rintik sampai dengan yang sangat deras. Bagaimana dengan daerah tempat tinggalmu, SohIB?

Nah, salah satu problematika yang sering terjadi ketika musim penghujan adalah jalanan yang licin karena basah. Tentunya, itu akan cukup berbahaya, terutama bagi pengendara motor. Sebab, jika tidak waspada, maka bisa terjadi kecelakaan, nih. Tambahan lagi, jarak pandang bisa menjadi lebih pendek yang mengakibatkan penglihatan terganggu.

Untuk itu, demi keamanan bersama, perhatikan langkah-langkah berkendara dengan aman ketika hujan, ya!

Provinsi yang Paling Sering Hujan di Indonesia, Ada Daerahmu?

Perhatikan Kondisi Jalanan

Ketika kamu berkendara di jalanan, terutama jalan raya, cek kondisi rutenya. Apakah berlubang, bergelombang, atau banyak digenangi air? Biasanya, orang yang sudah sering melewati rute ini dapat memperkirakan apakah cukup nyaman ketika dilewati. Pertimbangkan untuk memilih jalan lain sekiranya rute yang biasa SohIB lewati tidak aman ketika sedang atau setelah hujan.

Gunakan Jas Hujan yang Nyaman

Sekarang, banyak tipe jas hujan yang bisa SohIB pilih. Namun, lebih disarankan untuk memilih mode single agar lebih praktis dan nyaman. Sebab, jika kamu memilih yang tipe kelelawar tanpa pengait atau dua kepala, bisa mengganggu karena angin yang mungkin meniup-niup mantel dan air merembes ke dalam kain atau tas.

Tips berkendara saat hujan
Tips berkendara saat hujan | Sumber: Indonesia Baik

Hidupkan Lampu Kendaraan

SohIB harus menyalakan lampu saat hujan lebat. Sebab, jarak pandang mungkin akan menjadi lebih pendek, sehingga kamu perlu untuk melihat kondisi jalan terlihat lebih jelas. Untuk mobil, biasanya pengendara akan menghidupkan lampu hazard atau berkedip-kedip untuk keamanan yang lebih maksimal. Sebelum berangkat, jangan lupa cek apakah lampu menyala dengan maksimal, ya!

Cek Kondisi Ban!

Jangan lupa sebelum berangkat ke lokasi tujuan, periksalah tekanan ban udara dalam ban agar nyaman saat melaju. Jika terjadi kempes di tengah jalan, itu akan cukup menyusahkan SohIB karena toko pengisi angin ban tidak semua tetap buka di tengah cuaca buruk atau sulit dijangkau.

Melaju dengan Pelan

Meskipun kamu dalam kondisi serba terburu-buru, SohIB harus tetap memperhatikan kecepatan ketika menggunakan kendaraan. Kurangi kecepatan dan jangan mengerem mendadak agar tidak menyebabkan selip ban. Ini sangat mungkin terjadi jika kondisi jalan sedang licin. Lebih baik, kamu berangkat lebih awal kalau sekiranya melihat cuaca sedang tidak bersahabat.

Cara Menjaga Kesehatan dan Persiapan di Musim Hujan

Tetap Jaga Jarak

Tidak sedikit di jalan raya atau jalan tol terjadi tabrakan beruntun atau domino. Sebab, jarak antarkendaraan terlalu dekat dan ketika ada yang mengerem mendadak, maka kecelakan itu sangat mungkin terjadi. Itulah mengapa, di manapun dan dalam situasi apapun, sebenarnya menjaga jarak dengan pengendara lain sangat perlu. Terlebih lagi, jarak pandang bisa jadi memendek ketika hujan.

Fokus Ketika Berkendara

Waspada pada genangan air! Ketika hujan melanda, jalanan berlubang akan tertutup air sehingga tidak tampak dan menjadi sangat berbahaya. Beberapa daerah biasanya akan memberikan tanda apabila ada jalan yang berlubang. Namun, sekali lagi, keselamatanmu adalah tanggung jawabmu juga.

Berteduh

Kalau hujannya terlalu deras nih, lebih baik SohIB menepi saja di tempat yang teduh dan tunggulah hingga sudah lebih reda. Jangan paksakan diri karena keselamatanmulah yang paling penting. Saat berteduh, cek juga tempat yang kamu gunakan untuk berlindung diri. Apakah atapnya sudah rapuh? Apakah ada kebocoran dari atas? Parkirlah dengan benar agar jika ada peneduh lainnya datang, kamu tidak mengganggu mereka.

5 Penyakit yang Sering Melanda di Musim Hujan, Apa Saja?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

#Makin Tahu Indonesia