Provinsi yang Paling Sering Hujan di Indonesia, Ada Daerahmu?

Provinsi yang Paling Sering Hujan di Indonesia, Ada Daerahmu?

Seseorang sedang berjalan di tengah hujan | Sumber: Usnplash (Osman Rana)

Selama ini, mungkin banyak yang mengenal Bogor sebagai Kota Hujan. Hal ini disebabkan karena memang curah hujan di kota tersebut termasuk tinggi di Indonesia. Detik mewartakan, Kepala Stasiun Klimatologi Dramaga Bogor, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dedi Sucahyono, mengatakan bahwa daerah itu mempunyai musim kemarau yang sangat pendek. Padahal, negara kita sendiri hanya memiliki dua musim, yakni kemarau dan hujan saja, lo!

Namun, ternyata berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Statistik Indonesia 2023 mencatatkan bahwa Sulawesi Utara menjadi provinsi yang paling sering dilanda hujan tahun lalu (2022). Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

5 Tradisi Menyambut Musim Hujan di Indonesia, Ada yang Makan Serabi!

Jumlah Curah Hujan di Indonesia

BMKG menuliskan bahwa negara kita tercinta memang sering sekali hujan sejak bulan Agustus hingga Februari. Nah, rata-rata curah hujannya mencapai 2.898 milimeter untuk tahun 2022. Namun, tentu saja, frekuensi ini bisa berbeda-beda, tergantung pada letak provinsi dan intensitas hujannya.

Sulawesi Utara, Provinsi Paling Sering Hujan

Jumah curah hujan di Indonesia
Jumah curah hujan di Indonesia | Sumber: Indonesia Baik

Dari Kata Data menginformasikan bahwa menurut BMKG, Sulawesi Utara mempunyai total 256 hari hujan sepanjang tahun 2022 lalu. Selain itu, provinsi lain seperti Maluku, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, hingga Sumatera Selatan menyusul di bawahnya. Inilah daftar selengkapnya, ya!

  1. Sulawesi Utara: 256 hari.
  2. Maluku: 244 hari.
  3. Kalimantan Tengah: 240 hari.
  4. Jawa Barat: 239 hari.
  5. Maluku Utara: 238 hari.
  6. Kep. Bangka Belitung: 234 hari.
  7. Kalimantan Timur: 224 hari.
  8. Sumatra Barat: 223 hari.
  9. Sulawesi Tenggara: 222 hari.
  10. Sumatra Selatan: 219 hari.

Menariknya, untuk provinsi yang paling jarang diguyur hujan yakni DKI Jakarta. Bahkan, di tahun lalu, Ibu Kota tersebut ‘hanya’ mengalami hujan sebanyak 158 hari saja. Duh, apakah ini ikut menjelaskan mengapa di Jakarta hawanya terasa lebih panas?

12 Kegiatan saat Hujan yang Produktif, Jangan Tidur Terus!

Tips Menjaga Stamina Ketika Hujan

Jagalah kebugaran tubuh selama musim hujan
Jagalah kebugaran tubuh selama musim hujan | Sumber: Unsplash (Kaylee Garrett)

Lazimnya, mulai bulan April—Agustus, Indonesia sudah memasuki musim kemarau. Namun, kenyataannya hingga kini (April 2023), langit masih sering mendung dan acapkali hujan deras.

Nah, agar tubuh SohIB tetap terjaga dari sakit dan prima, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan! Sehat bersama, skuy!

Stay Active dan Jangan Lupa Olahraga

Musim hujan identik dengan cuacanya yang lebih dingin dan lembap. Kondisi itu sangat mendukung bagi mereka yang senang jadi kaum rebahan, sebab meringkuk di dalam selimut memang senyaman itu. Sayangnya, aktivitas ini nggak memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Justru, dengan SohIB tetap rajin bergerak, bahkan berolahraga, badan akan semakin segar dan sehat.

Jaga Asupan

Mentang-mentang lagi dingin, terus makan mie instan rebus terus!

Waduh, jangan sampai deh, SohIB! Mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, hingga vitamin (bila perlu) itu penting agar tubuh tidak rentan oleh penyakit. Biasanya, musim hujan sangat rawan membuat banyak orang terserang flu dan demam. Jangan lupa juga untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan minum cukup air putih.

Rajin Mengecek Perkiraan Cuaca

Saat ini, smartphone kita biasanya sudah dibekali dengan fitur pendeteksi cuaca berdasarkan lokasinya. Aplikasi tersebut sangatlah berguna, sebab kita bisa memperkirakan apakah hari ini hujan atau tidak dan jam berapa turunnya. Namun, akan lebih baik lagi jika SohIB selalu berjaga-jaga membawa payung atau jas hujan setiap bepergian.

Lakukan 3M

3M adalah kampanye yang dilakukan pemerintah sejak dulu dalam memerangi penyakit yang disebabkan oleh nyamuk malaria dan demam berdarah. 3M tersebut merupakan singkatan dari Menguras, Mengubur, dan Menutup penampungan air. Nah, karena tempat yang lembap adalah sarang dari kuman dan nyamuk, ada baiknya kamu juga menerapkan kampanye tersebut di sekitar lingkungan.

Istirahat yang Cukup

Nggak cuma bekerja aja yang harus berkualitas, tetapi tidur pun juga sama! Seimbangkan jam kegiatanmu dengan istirahat. Hindari bergadang atau tidur terlarut malam. Selain buruk untuk organ tubuh kita, siapa yang mau kulitnya jadi tampak lebih tua karena sel-sel tidak beregenerasi dengan sempurna ketika kurang tidur?

Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Jangan Diulangi!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)