Bromo Jadi Taman Terindah Nomor 3 di Dunia, Cek Faktanya!

Bromo Jadi Taman Terindah Nomor 3 di Dunia, Cek Faktanya!

Pemandangan Gunung Bromo yang menakjubkan | Sumber: Unsplash (Kevin Zhang)

Pada 6 September 2023 lalu, kawasan wisata Gunung Bromo mengalami kebakaran hutan dan lahan akibat kelalaian sekelompok orang. Kala itu, flare digunakan untuk pengambilan foto prewedding. Alhasil, api yang dihasilkan dari flare menyambar rerumputan kering di sekitarnya dan menyebabkan kebakaran yang luas.

Diberitakan dari indonesia.go.id, peristiwa ini membuat area seluas 504 hektare di kawasan TNBTS tersebut mengalami kerusakan dan menyebabkan kerugian hingga Rp5,4 miliar. Waduh! Namun, kabar baiknya adalah kini kawasan Bromo telah menghijau kembali, SohIB! Tampak kawasan tersebut sudah mulai ditumbuhi vegetasi dari proses suksesi alam, yaitu berupa pakis dan rerumputan.

Nah SohIB, kamu tahu tidak kalau baru-baru ini, situs Bounce—platform layanan perjalanan dari San Fransisco, California, Amerika Serikat—merilis laporan The World’s Most Beautiful Parks 2023. Dalam report tersebut, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dinobatkan sebagai taman nasional terindah ketiga di dunia.

Mengutip dari indonesia.go.id pada Tourscanner.com, metode penilain berdasarkan pemberian bobot nilai pada 100 taman nasional terbaik di dunia. Lalu, tim dari Bounce akan memberikan penilaian dari jumlah unggahan di Instagram, jumlah penayangan di TikTok, penelusuran Google dari Oktober 2022—September 2023 menurut Google Ads, dan review para taman nasional di mesin penelusuran Google.

Data menyebutkan bahwa Bromo Tengger Semeru sudah ditonton hingga satu miliar kali di TikTok dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Kemudian, kawasan wisata tersebut juga mendapatkan 930 ribu postingan di Instagram dalam periode yang sama dan mempunyai ulasan rating 4,8 bintang.

3 Destinasi Wisata untuk Short Escape, Liburan Skuy!

Taman Nasional Terindah 2023

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari indonesia.go.id, berikut adalah taman nasional di dunia yang mendapatkan predikat 10 besar terindah tahun 2023 versi Bounce:

  • Kruger (Afrika Selatan): 8,29 poin
  • Lencois Maranhenses (Brasil): 7,90 poin
  • Bromo Tengger Semeru (Indonesia) 7,89 poin
  • Serengeti (Tanzania): 7,37 poin
  • Plitvice Lakes (Kroasia): 7,24 poin
  • Zhangjiajie (Tiongkok): 6,05 poin
  • Fuji Hakone Izu (Jepang): 5,66 poin
  • Victoria Falls (Zimbabwe): 5,40 poin
  • Etosha (Namibia): 5,13 poin
  • Jim Corbett (India): 4,87 poin

Gunung Bromo Batasi Aktivitas Kunjungan Wisata

Press release tentang pembatasan aktivitas di Gunung Bromo
Press release tentang pembatasan aktivitas di Gunung Bromo | Sumber: bromotenggersemeru.org

Dilansir dari bromotenggersemeru.org, masyarakat, pelaku wisata, dan pengunjung diimbau untuk tidak memasuki area kawah dalam radius 1 km dari kawah aktif Bromo. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan aktivitas di Gunung Bromo yang masih pada level II (Waspada). Kesimpulan tersebut diambil dari pantauan visual dan instrumental Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) Bromo, per 13 Desember 2023.

Dalam surat edarannya SohIB, disebutkan bahwa ada hembusan asap kawah yang warnanya kelabu, berintensitas sedang hingga tebal, dengan tekanan sedang kuat dari dalam kawasan Gunung Bromo.

Adapun potensi bahaya yang bisa ditimbulkan adalah adanya erupsi freatik atau magmatik dengan sebaran material erupsi, yaitu abu dan lontaran batu (pijar) dan bisa mencapai radius 1 km dari pusat kawah. Tak hanya itu, gas-gas berbahaya juga bisa keluar dan berdampak buruk bagi kehidupan.

Untuk itu, bagi SohIB yang sekarang sedang berencana untuk berlibur di area Gunung Bromo, jangan lupa untuk senantiasa mengecek dan memantau informasi terkini mengenai kawasan tersebut. Dengan demikian, perjalanan dapat lancar dan tidak terganggu. Selamat berlibur ya, SohIB!

7 Aktivitas Seru selama Liburan di Rumah

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

 

Makin Tahu Indonesia

 

 

Sumber:

  • https://indonesia.go.id/kategori/pariwisata/7823/bromo-taman-terindah-ketiga-di-dunia?lang=1
  • https://bromotenggersemeru.org/news/pembatasan-aktivitas-kunjungan-wisata-gunung-bromo