Bahasa Tersulit di Dunia, Berani Terima Tantangan?

Bahasa Tersulit di Dunia, Berani Terima Tantangan?

Bahasa adalah pemersatu dunia | Sumber: Unsplash (Brett Jordan)

Membahas tentang bahasa asing yang ada di dunia memang sangat menarik. Bahkan, generasi milenial di Indonesia terkini sudah sangat lazim dapat bercakap dengan multilanguage, minimal bahasa Indonesia dan Inggris.

Membekali diri dengan bahasa baru memang memiliki banyak keuntungan lo, SohIB! Selain membantu kita untuk bisa bersaing di dunia profesi yang mengglobal, tentunya kamu juga berkesempatan menjalin pertemanan dengan banyak orang di negara lain. Nggak hanya itu saja! Gencarnya teknologi memasuki kehidupan kita yang notabene berasal dari negara penutur bahasa asing, mau tidak mau membuat kita memang perlu menguasai bahasa lainnya.

Btw, di bawah ini adalah bahasa yang dikategorikan paling sulit di dunia, lo! Beberapa di antaranya ternyata sudah akrab dipelajari di Indonesia. Mereka dianggap tidak mudah untuk kita pelajari karena beberapa pertimbangan, seperti memiliki huruf nonalfabet, penutur bahasa Inggris sulit melafalkan, hingga cara penulisan yang berbeda dengan pengejaan. Langsung saja, mari kita baca bersama-sama!

Baca juga: Suka Mengalami Monday Blues? Ini Cara Mengatasinya!

Bahasa Arab

Meskipun umum digunakan untuk orang beragama Islam dan banyak penuturnya di berbagai negara, bahasa Arab ternyata memiliki kerumitannya sendiri. Satu daerah dengan yang lainnya bisa berbeda gaya bahasa, kemudian SohIB juga harus bisa tahu perbedaan katanya untuk laki-laki dan perempuan. Hurufnya pun menggunakan hijaiyah dan ditulis dari kanan ke kiri. Perlu ketekunan yang tinggi untuk bisa menguasai salah satu bahasa global ini.

Mandarin

Yup, rasa-rasanya yang satu ini sudah menjadi tebakan sejuta umat, deh! Mandarin menjadi bahasa nasional bagi negara di asia seperti Hongkong, China, Taiwan, dan Singapura. Selain tidak menggunakan tulisan latin, bahasa tersebut bisa jadi struggle tersendiri bagi SohIB karena satu kata saja dapat memiliki banyak arti yang berbeda. Ada yang sudah membuktikan kesulitannya?

Bahasa India (Hindi)

Saat sedang nonton film Hollywood, pernahkah kamu memperhatikan bahasa mereka? Hindi memiliki bentuk bunyi dan vokal yang sangat khas. Bahkan, bila mereka berbicara dengan bahasa asing, dialeknya pun tetap terasa. Menjadi bahasa resmi di India, Pakistan, dan Nepal, ia mempunyai huruf yang mirip seperti latin ditambahkan dengan simbol-simbol unik.

Bahasa Polandia (Polski)

Acung tangan siapa yang sudah pernah belajar bahasa Polandia! Merupakan bahasa tersulit di dunia selanjutnya, Polski akan seringkali terdengar seperti mendesis di telinga. Hal ini masuk akal, karena banyak pemakaian katanya yang menggunakan huruf  “c, z, s, dan y”. Bahasa ini digunakan pada banyak negara di benua Eropa, seperti Slovakia, Republik Ceko, Polandia, Rusia, Ukraina, dan Rumania.

Baca juga: Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris, Fun Banget!

Turki

Bahasa Turki sedikitnya diadaptasi dari bahasa Arab. Menjadi bahasa yang termasuk sulit karena punya kata kerja yang cukup panjang, guys. Contohnya,  Burada mı oturuyorsunuz? (Apa kamu tinggal di sini?), Kendine iyi bak (Hati-hati), dan Senin ögretmenin (Gurumu). Tentu saja, apa yang tertulis di atas akan kita baca dengan cara berbeda! Gimana, siap belajar bahasa Turki atau mending makan es krimnya aja dengan tenang meski bakal di-prank penjualnya?

Thailand

Thailand memiliki keunikan tersendiri dalam hal intonasi. Jika kita menikmati film mereka, bisa jadi SohIB akan punya memori yang lekat terkait penggunaan bahasa mereka. Ada lima nada dalam Thai, 18 vokal, 6 diftong, dan 44 konsonan untuk penulisannya. So, bila kamu ingin men-challenge diri dengan menjadi penutur bahasa Thailand, selamat berjuang!

Rusia

Beberapa waktu lalu, sepenggal kata bahasa Rusia menjadi viral di kalangan netizen, yakni “Uraa!” yang artinya hore. Tahukah kamu bahwa bahasa dari negara Pak Vladimir Putin ini memiliki alfabet, ejaan, dan pengucapan yang saling berbeda? Meski demikian, SohIB bisa mempertimbangkan untuk mencoba mempelajari bahasa Rusia karena belum banyak penuturnya. Negara yang menggunakannya adalah Belarus, Kyrgyzstan, Ukraina, Russia, dan lainnya.

Vietnam

Digolongkan sebagai rumpun Vietnamese Austroasiatik, bahasa Vietnam memiliki sekitar enam variasi nada dan jika kita tidak teliti saat mengucapkan, bisa mengubah arti itu sendiri. Namun, bila kamu tetap ingin mahir berbicara dalam bahasa daratan Asia Tenggara ini, sudah banyak website yang menyediakan pembelajaran secara online hingga kamu fasih.

Baca juga: Bahasa Paling Mudah di Dunia Untuk Dipelajari

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)