Bahasa Paling Mudah di Dunia Untuk Dipelajari

Bahasa Paling Mudah di Dunia Untuk Dipelajari

Manakah bahasa yang sudah kamu pelajari? | Sumber: Unsplash (Leonardo Toshiro Okubo)

Di era globalisasi ini, mahir berbahasa asing amat dibutuhkan dalam persaingan lapangan kerja. Bahkan, pelajaran bahasa Inggris sudah menjadi kurikulum yang wajib dipelajari oleh siswa-siswi di negara kita. Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting bagi manusia untuk saling memahami. Di dunia ini, terdapat ratusan bahasa di berbagai negara dengan tulisan dan pelafalan yang berbeda pula. Bahkan, SohIB tentunya tahu bahwa di Indonesia sendiri, kita memiliki banyak sekali bahasa daerah dengan ragam dialeknya. Ada yang bisa menyebutkan apa saja?

Berbicara tentang penguasaan bahasa, ada berapa banyak yang sudah SohIB pahami? Meskipun bahasa Inggris menjadi paling universal untuk dimengerti oleh banyak orang, tidak ada salahnya kok, untuk kamu bisa bertutur dengan bahasa lainnya. So, kali ini kita akan sama-sama mengetahui, apa saja ya, bahasa yang bisa lebih mudah kita pelajari? Check di sini!

Baca juga: Aquascape, Karena Hewan Laut Juga Butuh Rumah yang Indah!

Spanyol

https://unsplash.com/photos/8MMtYM_3xMY Photo by Jon Tyson on Unsplash
Siapa yang tertarik belajar bahasa Spanyol? | Sumber: Unsplash (Jon Tyson)

SohIB generasi tahun 90an mungkin nggak asing lagi dengan tayangan anak-anak “Dora The Explorer”, kan? Pada program acara TV populer tersebut, kita tidak hanya bersenang-senang dalam mengikuti petualangan Dora dan Boots memecahkan masalahnya, tetapi juga belajar sedikit tentang bahasa Spanyol!

Spanyol memang memiliki bahasa yang mudah dipelajari karena bunyi katanya yang sesuai dengan apa yang dituliskan. Spanish juga memiliki banyak pelafalan yang mirip dengan bahasa Inggris, sehingga akan membantu kita yang sudah lebih dahulu terbiasa dengan bahasa tersebut. Beberapa contohnya adalah hola (hello), perfecto (perfect), famoso (famous), ambulancia (ambulance), masih banyak lagi.

Perancis

https://unsplash.com/photos/lYzap0eubDY Photo by Anthony Choren on Unsplash
Bahasa Perancis terdengar sengau tetapi memiliki kemiripan dengan bahasa Inggris | Sumber: Unsplash (Anthony Choren)

Ah, masa sih, Perancis jadi bahasa yang mudah? Yes, mungkin beberapa dari SohIB ada yang berpikir demikian. Nggak dipungkiri, jika kita melihat film berbahasa Perancis, suara yang terdengar di telinga kita memang sangat asing dan seperti berdesis atau bergumul di tenggorokan. Nyatanya, French punya kemiripan dengan bahasa Inggris dan bila diperhatikan lebih jauh, sebenarnya tidaklah terlalu sulit mengikuti gerakan bibir mereka. Bagaimana, mau mencoba?

Portugis

https://unsplash.com/photos/HeWi6J5AN8o Photo by mauRÍCIO SANTOS on Unsplash
Portugis adalah bahasa yang digunakan di negara Brazil, Portugal, dan Timor Leste | Unsplash (mauRÍCIO SANTOS)

Yang satu ini memang belum banyak diminati oleh penutur bahasa. Hal tersebut dikarenakan Portugis bukanlah bahasa internasional. Namun, bahasa ini sangat menarik untuk kita pelajari karena penggunaan intonasinya yang cenderung unik dan memiliki khas tersendiri, lo! Mumpung tidak banyak yang bisa bercakap dengan bahasa Portugis, yuk, kita pelajari bersama! Siapa tahu suatu saat nanti, SohIB bisa menjadi orang spesial karena menguasai bahasa tertentu yang belum ramai di khalayak umum.

Baca juga: 5 Vaksin COVID-19 yang Paling Sering Digunakan di Indonesia, Apa Saja?

Afrika

https://unsplash.com/photos/vYGR3b_naPA Photo by James Wiseman on Unsplash
Afrikaans dianggap sebagai bahasa yang sederhana | Sumber: Unsplash (James Wiseman)

Terkenal dengan keeksotisan alam dan hewan-hewannya, Afrika juga menambah daftar sebagai negara dengan bahasa yang paling mudah di dunia! Afrikaans tergolong dalam rumpun West Germanic, sama dengan bahasa Inggris.

Bila bahasa Arab memiliki perbedaan kata untuk laki-laki dan perempuan, Afrika merupakan bahasa yang dianggap lebih simpel. Tidak ada banyak perubahan dalam kata kerja sehingga lebih sederhana dan masih mirip dengan English.

Italia

https://unsplash.com/photos/vk4vjTNVrTg Photo by La So on Unsplash
Italia terkenal dengan makanannya yang sangat lezat dan pemandangan yang menakjubkan | Sumber: Unsplash (La So)

Pizza adalah makanan yang lumrah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, tetapi bagaimana dengan mempelajari bahasanya? Italian language ternyata adalah salah satu bahasa yang dikategorikan mudah lo, di dunia!

Hanya memiliki sekitar 21 huruf saja, bahasa Italia lagi-lagi dikatakan memiliki kesamaan dengan bahasa Inggris sehingga mudah dipahami.  Intonasinya sangat berwarna karena terdengar seperti naik turun dan disebutkan dengan cepat.

Belanda

https://unsplash.com/photos/7RPZiLTIlWc Photo by Ashkan Forouzani on Unsplash
Belanda memiliki banyak persamaan dengan bahasa Indonesia | Sumber: Unsplash (Ashkan Forouzani)

Fun fact, Belanda memiliki banyak kata-kata yang sangat mirip penuturannya dengan Indonesia, bahkan meskipun berbeda cara penulisannya. Sebagai contoh, koelkast (kulkas) mantel (mantel), kraan (keran), handdoek (handuk), dan lainnya.

Baca juga: Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris, Fun Banget!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)