Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris, Fun Banget!

Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris, Fun Banget!

Belajar bahasa Inggris enggak sesulit yang dibayangkan, kok! | Sumber: Unsplash (Clarissa Watson)

Hello SohIB, how are you?

Bisa berbicara secara bilingual saat ini sudah menjadi ‘keharusan’ dalam mendapatkan pekerjaan. Apalagi, pertukaran budaya dan tenaga kerja antarnegara sudah gencar dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Salah satu bahasa yang mudah diserap dan dipraktikkan secara global adalah bahasa Inggris.

Generasi milenial dan Gen Z mungkin sudah tidak terlalu mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris. Kamu pasti sering bukan, menuliskan caption medsos dalam bahasa Inggris atau mendengarkan lagu barat?

Begitu banyak kemudahan yang tersedia untuk bisa mahir bahasa Inggris, bukan lagi mustahil untuk bisa segera menguasainya dengan efektif! So, kali ini kita akan membahas bersama-sama, cara belajar bahasa asing tersebut dengan cara yang menyenangkan. Beberapa di antaranya ternyata sudah kita lakukan tanpa disadari, lo!

Baca juga: Ragam Aroma Essential Oil dan Manfaatnya

Membiasakan Diri Berbahasa Inggris 

Pepatah lama mengatakan “Bisa karena biasa”. Kalimat ini bukan isapan jempol semata SohIB! Dengan membuat diri sendiri terbiasa dengan bahasa Inggris membuat otak kita tidak lagi menangkap bahasa ini sebagai sesuatu yang asing.

Bagaimana caranya? Pertama-tama, coba check handphone dan laptop kamu. Aturlah ‘settings’ dalam gadget SohIB dengan bahasa Inggris. Tahukah kamu, bila ada sebagian orang yang justru kesulitan saat mengganti pengaturan gawainya dengan bahasanya sendiri? Hal ini rupanya berhubungan dengan bagaimana diri seseorang merespon sesuatu sebagai kesehariannya. Contohnya, mana bagi SohIB yang lebih mudah dipahami, unduh atau download?

Selain itu, ketika kamu sedang mencari informasi di internet, mulailah untuk lebih banyak mencari berita yang berbahasa Inggris. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan banyak kata-kata baru dan tentunya pengetahuan luas.

Jadikan Sebagai Hobi!

https://unsplash.com/photos/4VDRCoNuvE0 Photo by Felipe Bustillo on Unsplash
Kegiatan yang menyenangkan lagi membuat pandai berbahasa Inggris? Strategis banget nggak tuh? | Sumber: Unsplash (Felipe Bustillo)

Siapa yang senang mendengarkan musik atau menonton film? Dengan adanya YouTube, Netflix, hingga media sosial membuat manusia sangat mudah mengakses berbagai hiburan seluruh dunia. Tak hanya itu saja, banyak sekali lo, pameran buku dari luar negeri yang memiliki banyak pilihan buku yang seru dan menarik untuk kita baca.

Yuk, mulai sekarang, biasakan untuk menghafal lirik bahasa Inggris atau meresapi kata-kata yang ada dalam dialog tayangan yang sedang kita nikmati! Wah, kalau ini sih, gampang banget!

Mengobrol dengan English Speaker

Baru-baru ini, banyak konten lokal yang menyajikan pengalaman berbicara dengan bule di sebuah platform video chat. Selain menyenangkan, kamu ingin nggak sih, suatu saat nanti bisa seluwes teman-teman kita itu saat berbicara dengan orang dari luar negeri?

Tak hanya dari media sosial, SohIB juga bisa mengajak keluarga atau teman untuk berbicara bahasa Inggris sehari-harinya. Selain membuatmu bisa berlatih speaking lebih banyak, tentunya aspek listening menjadi lebih berkembang. Tambahan lagi, setiap negara memiliki aksen yang berbeda-beda saat mengeja beberapa kata, lo!

Baca juga: Mau Membuat Paspor Online, Ini Tahapannya!

Mencatat Kosakata Baru

https://unsplash.com/photos/oB2aEeE8s4A Photo by Lewis Keegan on Unsplash
Lewis Keegan

Buatlah catatan khusus yang berisi berbagai kosakata baru yang SohIB temui  hari ini. Sebutkan berulang-ulang hingga kamu bisa mengingatnya dengan mudah saat menjumpai situasi atau benda yang sudah kita ketahui bahasa Inggrisnya.

Ingat, satu kata dalam bahasa asing ini bisa jadi memiliki makna yang berbeda. Sebagai permisalan, “CAN” dapat berarti bisa atau kaleng. Wah, jauh juga nih, terjemahannya!

Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

Jika kamu memiliki budget yang lebih, mengikuti kursus bahasa Inggris secara intensif sangat dianjurkan, ya! Kehadiran tutor tidak hanya mengajari kita ilmu, tetapi juga dapat mengawasi perkembangan diri kita selama pembelajaran.

Namun, sekarang sudah banyak juga lo, platform yang menyediakan kursus gratis untuk belajar bahasa asing. Cukup temukan mana yang paling sesuai dengan dirimu, waktu luang, dan konsisten hingga benar-benar mahir.

Challenge Yourself!

https://unsplash.com/photos/Jxi526YIQgA Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash
Challenge yourself and be brave! | Sumber: Unsplash (Towfiqu barbhuiya)

Kunci dalam menerima ilmu baru adalah tidak takut menantang diri dan bersikap rendah hati. So, challenge yourself and see the result! SohIB dapat memulainya dari menghafal setiap kosakata benda-benda yang ada di kamar pribadi. Kemudian bisa meluas ke percakapan, memahami grammar, hingga mempelajari bahasa slang versi Inggris. Apa SohIB punya ide lain yang lebih challenging?

Itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar belajar bahasa Inggris menjadi efektif. Adakah perubahan yang nyata setelah SohIB mulai melakukannya? Kuncinya, kita harus yakin dan membangun kedisiplinan tinggi agar apa yang sedang kita usahakan tercapai dengan maksimal. Apabila hasilnya belum sesuai harapan, jangan patah semangat, dong!

Baca juga: Gelombang 36 Kartu Prakerja Sudah Dibuka, Ini Cara Daftarnya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)