Aktivitas Produktif Setelah Lolos SNBT 2023, yuk, Kembali Berkarya!

Aktivitas Produktif Setelah Lolos SNBT 2023, yuk, Kembali Berkarya!

Wisuda menjadi salah satu step di dunia perkuliahan yang harus dilewati | Sumber: Unsplash (Poodar Chu)

Good day, SohIB! Bagi kamu yang dinyatakan lolos dalam penerimaan ujian bersama masuk perguruan tinggi negeri atau SNBT 2023, selamat, ya! Semoga, salah satu keberhasilan ini membuka jalan untuk kesuksesan lainnya di masa mendatang.

Nah, selepas masa kelulusan dan menunggu hari masuk perkuliahan tiba, banyak anak muda yang kemudian bingung harus melakukan apa di waktu jeda tersebut. Sekolah tidak lagi aktif. Mungkin saja, kegiatan bimbingan belajar yang tadinya kamu lakukan hampir tiap hari, juga sudah ditiadakan. Padahal, bulan masuk perkuliahan biasanya akan dimulai sekitar bulan JuliーAgustus. Duh, lama juga, ya?

Adakah yang menjadi bimbang aktivitas produktif apa yang bisa dilakukan selama masa tenang ini? Well, stop menggalau, SohIB. Sebab, kamu sudah berada di langkah yang tepat untuk menemukan artikel ini!

Efek Buruk Begadang Bagi Kesehatan, Jangan Diulangi!

Jangan Hilangkan Rutinitas Baik

Bangun pagi memiliki banyak manfaat
Bangun pagi memiliki banyak manfaat | Sumber: Unsplash (Julian Hochgesang)

Seorang pelajar biasanya wajib bisa bangun pagi dan bersiap diri ke sekolah sebelum jam 7 pagi. Kemudian, jadwal makan dan belajar otomatis teratur karena ada schedule yang mengikat. Nah, kebiasaan seperti ini nggak boleh kamu skip begitu saja begitu lepas dari bangku sekolah.

Biarpun sekarang tidak ada lagi peraturan kamu wajib menjadi morning person, sebaiknya tetap pertahankan habit tersebut. Dengan demikian, SohIB senantiasa menjadi pribadi yang disiplin. Toh, bangun pagi dan teratur mempunyai segudang manfaat yang sulit untuk dilewatkan.

Temukan Hobi Baru

Nggak ada kata gabut dalam kamusmu sekarang dengan menemukan kegiatan kesukaan yang baru. Carilah aktivitas yang menyenangkan dan kalau bisa membuahkan hasil yang bisa dilihat, misalnya berkebun, membuat konten di media sosial, atau melukis.

Semakin dewasa seseorang, terkadang sulit menemukan apa yang membuatnya bahagia. Dengan menggali sebanyak mungkin apa yang menyenangkan dirimu, akan sangat membantu ketika SohIB sedang di masa kelelahan dan perlu ‘suntikan’ semangat.

Mencari Komunitas, Menambah Pertemanan

Networking adalah hal yang penting untuk dipunyai di masa kini. Apalagi, sekarang SohIB sudah memasuki gerbang dewasa, di mana hanya dirimulah yang paling bisa kamu sendiri andalkan.

Bergabung di komunitas atau kelompok tertentu bisa memberikan experience dan keuntungan tersendiri, lo, terutama ketika mencari pekerjaan atau magang nanti. Mulailah dari mengikuti grup yang mempunyai minat yang sama denganmu dan aktiflah di sana. Bahkan, di beberapa komunitas besar, banyak praktisi dan expertist berkumpul di situ. Kamu bisa bertukar ide dan sharing pengalaman.

Ikut Kelas Pengembangan Diri

Say no to susah mencari kelas pengembangan diri! Dewasa ini, webinar atau kelas online yang bagus untuk self development sangat mudah ditemukan, dari yang berbayar hingga yang gratis. SohIB hanya perlu terus mencari sampai menemukan yang cocok dengan kebutuhanmu. Btw, Sobat Hebat Indonesia Baik juga punya banyak sekali kelas upskilling nonberbayar dan komunitas seru yang nggak boleh kamu lewatkan, lo!

Menjadi Volunteer atau Kontributor Menulis

Mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja bisa dimulai sejak dini, kok. Ikuti saja program magang atau menjadi kontributor penulis yang memang diperuntukkan untuk anak muda. Bisa juga SohIB join volunteering yang biasanya diadakan dari komunitas atau kampus yang kamu tuju. Selain menjadi pribadi yang bermanfaat, tentunya hal ini berguna untuk portofolio-mu di dunia profesional.

Memilih Komunitas Nggak Boleh Sembarangan, Ini Tips-nya!

Cari Penghasilan Lewat Content Creator

Sudah produktif, menghasilkan uang pula! Yup, SohIB dapat menjajal dunia perkontenan di platform online. Saat ini, banyak sekali peluang yang bisa kita ‘ambil momennya’. Siapa tahu, selain membuat diri makin berkembang dengan belajar dunia digital marketing dan editing video, kita juga mendapatkan penghasilan yang tak terduga.

Menjadi Tutor Bagi Teman yang Masih Mencari Kuliah

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa
Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa | Sumber: Unsplash (Husniati Salma)

Salah satu kontribusi yang bisa kita lakukan sebagai teman yang baik adalah menjadi motivator dan tutor bagi teman-teman sekitar kita yang masih struggling dalam seleksi masuk perguruan tinggi. SohIB dapat menawarkan diri untuk membentuk kelompok belajar dan diskusi. Berikan kiat-kiat yang sekiranya bermanfaat dan membantu temanmu di ujian mandiri nanti. Satu kebaikan yang ditanam, akan melahirkan kebaikan-kebaikan lain di masa mendatang. Bagaimana, masih bingung mau ada kegiatan apa sambil menunggu perkuliahan dimulai?

6 Alasan Skripsi Tidak Kunjung Selesai, Mahasiswa Confirmed!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)