10 Teknologi Utama Menuju Indonesia Maju 2045, Apa Itu?

10 Teknologi Utama Menuju Indonesia Maju 2045, Apa Itu?

Sepuluh teknologi utama untuk percepatan Indonesia Maju 2045 | Sumber: Kominfo

Negara kita telah bersiap dalam mewujudkan pencapaian jangka panjangnya, yakni menuju “Indonesia Maju 2045”. Ini artinya, Tanah Air diharapkan akan segera memasuki level barunya, yakni menjadi negara maju. Hal tersebut bukanlah tidak mungkin ya, mengingat begitu banyak potensi dari sumber daya alam dan manusianya yang melimpah.

Indonesia pada dasarnya nggak kekurangan orang cerdas. Kita hanya perlu bersama-sama dan fokus pada visi ini, yaitu mewujudkan cita-cita besar itu dengan memberdayakan semua yang kita miliki. Tentunya itu demi kepentingan nasional ke taraf kualitas hidup yang lebih baik. Wow, keren banget! 

Nah SohIB, kamu sendiri apakah sudah tahu langkah apa saja yang sedang digarap oleh Indonesia agar menjadi negara yang kuat dan maju? Coba, simak dulu artikel di bawah ini biar kamu makin semangat! Checkidot!

Tiga Cara Menangkal Hoaks, Yuk, Jadi Warganet yang Cerdas!

4 Pilar Visi Indonesia 2045

Inilah 4 pilar Visi Indonesia di tahun 2045
Inilah 4 pilar Visi Indonesia di tahun 2045 | Sumber: Indonesia Baik

Berdasarkan informasi dari Indonesia Baik, dalam manifestasi membangun Indonesia menjadi negara maju di tahun 2045, pemerintah telah menerapkan 4 pilar Visi Indonesia 2045 sebagai bahan acuan untuk mewujudkan cita-cita bangsa, yakni negara yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian dalam menjalankan roda pemerintahan.

  1. Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan.
  3. Pemerataan Pembangunan.
  4. Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan.

Btw, 4 pilar di atas disusun berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar berbangsa, bernegara, dan konstitusi. Adapun tujuan dari dibangunnya dasar visi tersebut adalah:

  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  2. Memajukan kesejahteraan umum.
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  4. Melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

10 Teknologi Utama untuk Mempercepat Indonesia Maju 2045

Tujuan pilar menuju Indonesia menjadi negara yang maju dan kuat
Tujuan pilar menuju Indonesia menjadi negara yang maju dan kuat | Sumber: Indonesia Baik
Kontribusi Indonesia untuk ASEAN, Kamu Wajib Tahu!

Dilansir dari Kominfo, Direktorat Penataan Sumber Daya, Direktorat Jenderal Penataan Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Ditjen SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) bersama dengan Tim Peneliti dari Universitas Telkom telah menyelesaikan Kajian Harmonisasi Spektrum Frekuensi Radio dalam Mendukung Teknologi Utama untuk Percepatan Indonesia Maju (HARUKA).

Projek tersebut telah berjalan sejak tahun 2022. Fungsinya adalah untuk mengidentifikasi dan memecahkan banyak potensi masalah penting. Salah satu hasil kajian HARUKA ini adalah teridentifikasinya sepuluh teknologi utama (10TU) yang sangat potensial untuk mempercepat Indonesia Maju 2045 dan harus dikuasai bangsa Indonesia.

Teknologi utama ini bisa menjadi enabler technology dalam pembangunan ekonomi dan peningkatan taraf hidup masyarakat di negara maju. Pembangunan 10TU ini sudah mempertimbangkan kepentingannya dan melahirkan 3 fase arah pengembangan teknologi:

  • Fase Pertama: Penguatan Infrastruktur Terestrial, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang kuat bagi Indonesia Maju melalui teknologi terrestrial;
  • Fase Kedua: Penguatan Infrastruktur Satelit, untuk menjamin komunikasi berkualitas tinggi yang menghubungkan banyak pulau di Indonesia sebagai negara kepulauan;
  • Fase Ketiga: Penguasaan Sains dan penguatan kedaulatan negara menjadi modal penting atas penguasaan ilmu pengetahuan dan pemahaman lengkap atas wilayah darat, laut, dan udara Indonesia sebagai indikasi Indonesia Maju dalam sumbangsih keilmuan.

Jenis 10 Teknologi Utama yang Akan Dibuat

Kominfo menuliskan 10TU untuk Indonesia Maju 2045 dalam bidang teknologi, yaitu:

  1. International Mobile Telecommunication (IMT-2020) 5G-NR, 5G-Advanced, dan IMT-2030 (6G).
  2. Wireless Fidelity (WiFi) 6E/7: untuk peningkatan keterjangkauan dan kapasitas akses.
  3. Railway Radiocommunication System between Train and Tracksides (RSTT): sebagai salah satu solusi transportasi massal masa depan, penting untuk memberikan layanan transportasi yang aman dan nyaman di pulau-pulau besar Indonesia. 
  4. Intelligent Transportation Systems (ITS): sebagai bagian dari smart city masa depan diperlukan untuk meningkatkan ekonomi dan efisiensi di kota.
  5. Unmanned Aerial Systems (UAS): diharapkan dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi logistik dengan memanfaatkan jaringan terestrial di angkasa dan banyak kemungkinan penerapan lainnya.
  6. Satellite Technologies (HTS, IoT, Quantum, Hybrid, ESIM): untuk memperkuat infrastruktur angkasa Indonesia sebagai negara kepulauan yang memanfaatkan komunikasi antariksa yang aman.
  7. Wireless Power Transfer (WPT): sebagai salah satu transfer energi fleksibel masa depan, harus dikembangkan kemandiriannya untuk mewujudkan Indonesia yang maju, efisien, dan serba otomatis dalam masyarakat digital.
  8. High Altitude Platform Systems (HAPS) dan termasuk HAPS as IMT Base Station (HIBS): untuk memperkuat keamanan wilayah maritim Indonesia.
  9. Automatic Identification Systems (AIS) dan Global Maritime Distress and Safety Systems (GMDSS): untuk memperkuat keamanan wilayah maritim Indonesia.
  10.  dan Earth Exploration Satellite Services (EESS): diharapkan menjadi sarana kontribusi Indonesia di bidang sains dan teknologi untuk mendukung eksplorasi bumi dan ruang angkasa di masa depan.

Sebagai informasi tambahan, teknologi-teknologi canggih di atas sudah sejalan dengan Rencana Strategis (Renstra) Kemenkominfo 2020-2024 dan tentunya diharapkan bisa sejalan juga dengan Renstra Kemenkominfo 2025-2029 ke depan. Kamu bisa melihat ringkasan eksekutif Indonesia Maju 2045 di sini, ya!

Kesuksesan 10TU dan visi negara maju ini tak lepas dari dukungan oleh berbagai pihak, seperti pemerintahan, masyarakat, media, pendidik, dan industri. Yuk, kita support terus agar upaya ini terlaksana dan berjalan dengan baik!

Gas Elpiji Jadi Favorit Masyarakat Indonesia, Berikut Alasannya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)