Program Peduli Yatim di Bulan Ramadan, Karang Taruna Desa Ciburayut Berbagi Kasih

Program Peduli Yatim di Bulan Ramadan, Karang Taruna Desa Ciburayut Berbagi Kasih

Banner Kegiatan Santunan | Sumber : Canva / Belgi Alhuda

#JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SobatHebatIndonesiaBaik 

Ramadan merupakan bulan penuh berkah bagi umat muslim. Di sinilah momentum yang tepat untuk terus meningkatkan amal dan perbuatan yang sesuai dengan tuntunan Rasul akan digandakan nilai pahalanya. Oleh karenanya, kita sebagai manusia harus saling menyayangi dan memberi satu sama lain.

Ramadan kareem merupakan bulan yang murah hati, sementara ramadan mubarak memiliki makna bahwa  bulan yang diberkahi. Pada hakikatnya, Allah SWT-lah yang memberi dan memberkahi bulan tersebut.

Di bulan suci ramadan 1444 H / 2023 M ini, Karang Taruna Kecamatan Cigombong berinisiasi menggelar kegiatan safari ramadan. Salah satu programnya yaitu "Berbagi Kasih di Bulan Suci Ramadan (Bersihan)" yang akan di selenggarakan di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor.

Kegiatan Bersihan ini melibatkan beberapa stakeholder yang diinisiasi oleh Karang Taruna Kecamatan Cigombong, Karang Taruna Desa Ciburayut, Yayasan Ibnu Rusy, serta Komunitas Tagar Motekart.

Salah satu rangkaian kegiatan yang diangkat dalam event ini yaitu pesantren kilat (sanlat) bagi siswa-siswi PKBM Ibnu Rusy kelas jauh atau kelompok belajar kecamatan Cigombong. Selain itu akan diisi pula dengan santunan anak yatim dan buka puasa bersama yang dimulai sejak pukul 13.00 WIB sampai selesai.

Untuk menyukseskan program Bersihan ini, tentu saja penyelenggara tidak dapat bergerak sendiri. Maka dari itu, bagi yang ingin berkontribusi dalam aksi sosial ini, tim tuan rumah membuka diri dan mengajak siapa saja yang bersedia untuk berkolaborasi dalam memberi dan menyayangi anak-anak yatim.

Untuk menggapai keberkahan di bulan suci ramadhan 1444 Hijriyah ini, kita tentunya dianjurkan untuk memperbanyak sedekah dan mengunggah rasa peduli kepada sesama.

Salurkan bantuan SohIB untuk adik-adik yatim piatu yang berasal dari kota Bogor, Karawang, Sukabumi serta yang berada di daerah Desa Ciburayut dan sekitarnya yang sedang menuntut ilmu di pondok pesantren Al-Asmaul Husna yang berlokasi di Kp. Padurenan, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Open Donasi Bersihan | Sumber : Canva / Belgi Alhuda

Seperti yang kita ketahui, bahwasannya mereka sangat sekali membutuhkan uluran tangan kita, karena sekecil apapun pemberian kita, akan terasa besar bagi mereka. SohIB dapat berkontribusi dalam program berbagi santunan ini dan membantu mereka mewujudkan mimpi agar senyum tergelincir di bibir mereka dalam menjalankan ibadah puasa serta menyambut hari raya Idulfitri 1444 Hijriyah.

Data yang sudah dikumpulkan di Desa Ciburayut bersumber pada tahun 2021-2022 dengan total yatim dan atau piatu yang ada di Desa Ciburayut berjumlah 202 orang. Sedangkan donasi yang terkumpul baru sekitar Rp3.200.000 (tiga juta tiga ratus ribu rupiah) per tanggal 06 April 2023, pukul 23:54 WIB. Informasi tersebut didapatkan dari bendahara panitia pelaksana.

Maka dari itu, pembukaan donasi ini akan terus berlanjut sampai dengan tanggal 15 April 2023. sangat tinggi harapan untuk mendapat dukungan serta bantuan dari semua pihak. SohIB dapat membantu mereka melalui no rekening donasi yang tertera di pamflet atau dapat dilakukan dengan cara on the spot sesuai alamat dan titik google maps, ya!

Terima kasih bagi semua pihak yang telah menyumbangkan pikiran, tenaga, dan materi demi kelancaran program safari ramadan, khususnya dalam kegiatan berbagi kasih di bulan suci ini dengan agenda santunan anak-anak yatim dan buka puasa bersama. Rencananya, acara tersebut akan dilaksanakan di Desa Ciburayut, tanggal 16 April 2023 mendatang.

Tidak lupa, terima kasih disampaikan kepada stakeholder penyelenggara, sponsor, donatur, insan media partner, masyarakat di wilayah kecamatan Cigombong serta Bapak Kepala Desa Ciburayut yang juga mendukung kegiatan ini.

Jazakallohu katsiron, semoga Allah selalu memberkahi langkah kita di Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah ini serta apa yang kita jalankan mendapat keberhasilan dan keberkahan. Amin