Sulawesi Punya Kereta Api Baru yang Gak Kalah Sama Jakarta, lo!

Sulawesi Punya Kereta Api Baru yang Gak Kalah Sama Jakarta, lo!

Kereta Api Pertama di Sulawesi | YouTube: Presiden Joko Widodo

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo SohIB, gimana kabarnya hari ini? Sudah punya rencana traveling belum? Kalau belum, ada info menarik nih, buat SohIB yang senang jalan-jalan ke Sulawesi. Sudah tahu belum kalau Sulawesi sekarang punya kereta api baru yang kece banget? Betul, kamu tidak salah dengar. Kereta api baru di Sulawesi ini gak kalah sama kereta api di Jakarta, lo!

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara singkat kereta api baru di Sulawesi dan apa saja keuntungan yang bisa di dapatkan dengan menggunakan kereta api sebagai transportasi alternatif kita. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

Kenalan dengan Kereta Api Baru di Sulawesi

Kereta Api Pertama di Sulawesi
Kereta Api Pertama di Sulawesi | Sumber: Detik.com (Dok. Ditjen Perkeretaapian Kemenhub)

Setelah penantian yang panjang dari tahun 2015, pembangunan kereta api pertama di Sulawesi akhirnya selesai di tahun 2023 ini. Setelah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, jalur kereta api (KA) Makassar-Parepare lintas Maros-Barru di Sulawesi Selatan (Sulsel) sudah bisa digunakan, lo! Siapa nih, yang tidak sabar untuk mencoba?

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjelaskan bahwa panjang jalur kereta ini adalah 157,7 km. Dimana sepanjang 142 km adalah jalur utama dan 15,7 km merupakan jalur samping yang memperhubungkan kereta api dengan Pabrik Semen Tonasa serta Pelabuhan Garongkong.

Sampai saat ini, sudah 118 km jalur kereta yang sudah dibangun. Di mana sepanjang 90 km dari Stasiun Maros sampai Stasiun Barru siap beroperasi dengan melewati 10 stasiun. Kereta yang akan digunakan adalah dua set rangkaian Kereta Rel Diesel Elektrik atau KRDE yang dibuat oleh PT INKA dari dalam negeri yang sanggup menampung 248 orang/rangkaian. Selain sanggup menampung banyak orang, KRDE juga membantu dalam pendistribusian logistik seperti semen dari Tonasa, lo! Keren banget ya, SohIB!

Keuntungan Menggunakan Kereta Api Sebagai Transportasi Alternatif

Istirahat di Kereta
Istirahat di Kereta | Unsplash (Leandro Maldini)

Selain itu, SohIB harus tahu bahwa kereta api adalah salah satu transportasi alternatif yang memiliki banyak keuntungan, lo! Antara lain:

  1. Harga Tiket Kereta Api yang Terjangkau

Ketika kita membandingkan harga tiket kereta api dengan kendaraan pribadi atau taksi, jelas terlihat perbedaannya. Tiket kereta api nggak se-mahal biaya bensin atau tarif taksi, lo. Bahkan hingga hari ini (11/04/2023), harga tiket kereta api di Sulawesi masih gratis! Dengan syarat, kamu harus mengajukan surat permohonan terlebih dahulu dan menunggu sesuai waiting list.

Selanjutnya, untuk perjalanan kereta api di Jawa Barat seperti tujuan Cikarang-Purwakarta, SohIB hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp4000, lo! Bahkan, untuk beberapa perjalanan jauh, kereta api sering mengadakan promo atau diskon yang mengguirkan! Kamu bisa mengeceknya secara berkala melalui aplikasi KAI Access. Jadi, nggak perlu khawatir lagi kantong bolong kalau mau naik kereta api.

  1. Lokasi Mudah Diakses

Stasiun kereta api biasanya berada di pusat kota atau daerah strategis yang mudah diakses dan dekat dengan jalan utama. Sehingga kamu bisa dengan mudah menjangkau stasiun kereta api dengan menggunakan transportasi umum seperti bus, angkutan kota, atau ojek online.

Selain itu, di sekitar stasiun kereta api juga banyak fasilitas yang mempermudah perjalananmu. Seperti membeli bekal cemilan atau minuman di minimarket, mengambil uang di ATM, atau kamu bisa makan enak terlebih dahulu di tempat makan yang berada di dalam atau luar stasiun. Keren, ya!  

Transportasi Mudik Lebaran 2023, Kamu Naik Apa?
  1. Tidak Macet

Beda dengan mobil atau bus yang bisa macet di jalan, naik kereta api nggak terkena macet lalu lintas, lo. Jadi, kamu bisa lebih cepat sampai di tujuan tanpa harus terjebak di kemacetan yang bikin bete dan lelah. Selain itu, naik kereta api juga bisa menghindari risiko kecelakaan di jalan raya. Yuk, coba deh naik kereta api dan rasakan sendiri bedanya!

  1. Nyaman dan Aman

Bagi kamu yang berdomisili di Sulawesi, tipe kereta api yang akan digunakan adalah Kereta Rel Diesel Elektrik (KRDE). Kereta tipe ini sangat nyaman dan aman karena dilengkapi berbagai fasilitas keamanan seperti CCTV serta petugas keamanan yang siap sedia membantu jika terjadi masalah di dalam kereta. Jadi kamu tidak perlu khawatir, deh!

  1. Ramah Lingkungan

SohIB tahu nggak, kalau transportasi kereta api itu ternyata lebih ramah lingkungan, lo! Menurut Kementerian Perhubungan, emisi yang dikeluarkan kereta api jauh lebih sedikit dibandingkan mobil dan pesawat.

Menurut penelitian dari Our World in Data, emisi CO2 yang dikeluarkan oleh penumpang per km pada kereta hanya sebesar 41 gram, sedangkan motor mencapai 103 gram, dan mobil mencapai 192 gram. Jadi, kalau perjalanan kereta diisi oleh 1.120 penumpang, maka hanya menghasilkan emisi sebesar 45.920 gram CO2 per km, jauh lebih rendah dibandingkan motor yang bisa mengeluarkan 115.360 gram CO2 dan mobil sebanyak 215.040 gram CO2. Wah, kereta api emang oke banget untuk lingkungan, ya!

Nah, itu dia kabar gembira buat kita semua, SohIB! Sulawesi sekarang punya kereta api baru yang super keren dan nggak kalah sama kereta di Jakarta. Kita bisa naik kereta dari Makassar sampai Parepare dan menikmati pemandangan indah di sepanjang perjalanan.

Dengan menggunakan kereta api, kita secara tidak langsung ikut serta dalam mengurangi polusi yang dihasilkan oleh kendaraan, lo! Yuk, jangan ragu untuk mencoba naik kereta api baru ini dan rasakan pengalaman baru yang seru dan menyenangkan di Sulawesi!