Beli Kendaraan Listrik Dapat Subsidi dan Intensif, Cek Faktanya!

Beli Kendaraan Listrik Dapat Subsidi dan Intensif, Cek Faktanya!

Cara mengisi mobil listrik di jalanan | Sumber: Unsplash (Andrew Roberts)

Salam SohIB! Pemerintah secara resmi akan memberikan insentif atau subsidi kendaraan listrik mulai 20 Maret 2023, lo! Btw, kebijakan tersebut bertujuan untuk mendorong percepatan penjualan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

Adapun program yang dicanangkan terdiri dari dua, yakni:

  1. Pemberian subsidi sebesar Rp7 juta per unit untuk 200 ribu unit motor listrik di tahun 2023,
  2. dan konversi motor BBM ke listrik dengan subsidi Rp7 juta per unit untuk 50.000 unit motor.

Siapa Sasaran Penerima Bantuan Subsidi Kendaraan Listrik?

bantuan kendaraan listrik pemerintah
Bantuan kendaraan listrik pemerintah tahun 2023 | Sumber: Indonesia Baik

Diinformasikan dari Indonesia Baik, sasaran yang paling diutamakan untuk menerima bantuan ini ada dua. Apa saja?

  1. Mereka yang merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), lebih spesifiknya lagi adalah penerima Kredit usaha Rakyat (KUR),
  2. dan pelanggan listrik 450ー900 VA. 

Pemerintah juga sudah menentukan jumlah kendaraan yang mendapatkan keringan, yaitu mobil sebanyak 35.900 unit dan bus listrik 138 unik.

Apa Saja Persyaratan Konversi Motor BBM ke Listrik?

Siapa saja yang bisa menerima bantuan konversi kendaraan listrik?
Siapa saja yang bisa menerima bantuan konversi kendaraan listrik? | Sumber: Indonesia Baik

Untuk SohIB yang tertarik untuk mengonversi motor BBM-nya menjadi kendaraan listrik, terdapat tiga kriteria yang perlu kamu perhatikan dan harus dipenuhi. Baca secara saksama, ya!

  1. Motor yang ditukar bermesin 110ー150 CC dan masih kayak jalan;
  2. Melengkapi administrasi kendaraan (ada STNK dan BPKP dengan nama yang sama agar tidak disalahgunakan);
  3. Motor harus dikonversi di bengkel yang sudah mengantongi sertifikat yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Ke depannya akan disediakan aplikasi untuk memudahkan pendaftarannya di bengkel konversi.

Dilansir dari Indonesia Baik, untuk mobil atau motor listrik yang bersubsidi, harus diproduksi di Indonesia dengan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 40%. Produsen motor juga diminta untuk tidak meninggikan harga jual motor selama periode pemberian subsidi pemerintah ini dijalankan.

Menyikapi Resolusi Tahun Ini yang Gagal, Aku Harus Bagaimana?

Kendaraan BBM vs Listrik, Mana yang Lebih Untung?

Skema pemberian subsidi kendaraan listrik
Skema pemberian subsidi kendaraan listrik | Sumber: Indonesia Baik

Di situasi terkini, kehadiran kendaraan listrik memang masih belum ramai digunakan di Indonesia. Masyarakat masih lebih akrab dengan kendaraan berbahan bakar petrol, meski sebetulnya resiko pencemaran udaranya tinggi.

Namun, peralihan dunia menuju bumi yang lebih bebas dari emisi terus digencarkan. Selain menggalakkan aktivitas outdoor dengan nonkendaraan (memanfaatkan transportasi umum, jalan kaki, atau bersepeda), pengaplikasian kendaraan berlistrik juga menjadi upayanya.

Yuk, SohIB simak terlebih dahulu apa saja keunggulan kendaraan listrik dibandingkan yang versi BBM!

Aturan Bunyikan Klakson, Jangan Asal Pencet, lo!

Ramah Lingkungan

Tentu saja, kekuatan pertama kendaraan dengan listrik adalah lebih ramah lingkungan. Sebab, kendaraan kita yang menggunakan BBM mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan pencemaran udara. Adapun asap yang dikeluarkan dari knalpot berupa karbondioksida dan warnanya sangat gelap. Terang saja membuat pernapasan kita makin tidak nyaman ketika berpapasan.

Berbeda dengan kendaraan listrik yang notabene tidak mengeluarkan polusi udara apapun. Sebab, ia memanfaatkan energi baterai dan teknologi listrik.

Mudah Perawatan

Kalau motor atau mobil BBM mempunyai banyak komponen dan memerlukan perawatan yang sedikit lebih rumit, pada kendaraan listrik tidak akan terlalu banyak. Alasannya adalah karena materialnya memang tidak banyak, sehingga kamu hanya perlu melakukan pelumasan di bagian-bagian tertentu dan pengecekan baterai berkala.

Gaya Kece Abis

Mau bergaya dengan motor listrik kesayangan? Bisa banget lo, SohIB! Jika kamu membuka katalog motor listrik atau melihatnya di dealer, di sana tersedia beragam pilihan dengan desain yang sangat menarik. Bahkan, mayoritas hampir semuanya sangat women-friendly karena biasanya dilengkapi dengan keranjang di depan dan ada pijakan kaki yang cukup luas di bagian depan.

Nggak cuma itu, untuk yang paling baru, ada inovasi motor beroda tiga yang bentuknya menyerupai mobil mini. Muatan penumpangnya bisa diisi hingga dua orang. Cocok untuk yang suka praktis dan anti panas-hujan!

Suara Motor Lebih Senyap

Siapa SohIB di sini yang suka kesal dengan suara motor yang terlalu kencang dan suka memekakan telinga? Nggak sedikit nih, banyak orang suka terganggu dengan suara nyaring motor dan membuat kaget. Kabar baiknya, motor listrik dibuat sehalus mungkin, bahkan mode senyap. Wow, cool!

Irit Bahan Bakar

Waduh, BBM kok, naik turun terus, sih? Nah, daripada kamu galau karena harga BBM cenderung kurang stabil dan mahal, mungkin inilah saatnya untuk kamu mempertimbangkan kendaraan listrik. Selain sangat awet karena sekali pengisian bisa digunakan berkilo-kilo meter dalam kota, bahan bakar yang dipakai biasanya terdiri dari dua, yakni listrik dan baterai.

Belajar dari Pele, Legendaris Sepak Bola yang Meninggal Hari Ini

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)