Cara Membuat Sertifikat Elsimil, Mau Menikah Wajib Tahu!

Cara Membuat Sertifikat Elsimil, Mau Menikah Wajib Tahu!

Saat ini, Elsimil menjadi syarat wajib menikah | Sumber: BKKBN

Bagi seseorang yang akan menikah, sertifikat ELSIMIL menjadi salah satu syarat wajib bagi calon pengantin. ELSIMIL merupakan singkatan dari Elektronik Siap Nikah dan Hamil (ELSIMIL). Dari BKKBN, adapun manfaat yang ada dari sertifikat ini antara lain adalah:

  1. Alat screening untuk mendeteksi faktor risiko pada calon pengantin.
  2. Menghubungkan calon pengantin dengan petugas pendamping.
  3. Media edukasi tentang kesiapan menikah dan hamil terutama yang terkait dengan faktor risiko stunting.

So, ELSIMIL sendiri memang inovasi yang dibuat dari BKKBN untuk menekan angka stunting dan ditujukan kepada calon pengantin, pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pasca persalinan, dan balita. Gitu ya, SohIB!

Work Fatigue, Penyebab dan Cara Mengatasinya
Bagaimana cara mendapatkan sertifikat Elsimil?

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat Elsimil? | Sumber: Indonesia Baik

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Elsimil?

Saat ini, pembuatan sertifikat Elsimil dilakukan secara online. Sehingga, SohIB yang berencana akan membuat salah satu syarat menikah tersebut, silakan cek informasinya di bawah ini, ya!

  1. Lakukan pengunduhan aplikasi “Elsimil” di Play Store atau Apple App Store. Btw, software ini bisa di-download secara gratis.
  2. Ketuk kolom “Daftar” apabila SohIB belum pernah memiliki akun, kemudian isi dengan ketentuan yang diminta, yakni nama lengkap, e-mail, password, dan konfirmasi password,
  3. Log in dengan akun yang sudah terdaftar,
  4. Pilihlah “Data Catin” dan isi semua data yang diminta dengan benar. Berdasarkan informasi dari cegahstunting.id, data yang diminta adalah usia, status gizi (berat badan, tinggi badan, ukuran lingkar lengan dan perut, kadar hemoglobin (Hb)), dan perilaku merokok.
  5. Klik “Simpan”. Setelah diproses, sertifikat sudah terbit dan siap diunduh dengan mengetuk “Lihat Sertifikat”,
  6. Cetaklah sertifikat untuk syarat wajib mendaftar di KUA.

Oiya SohIB, calon pengantin diimbau untuk melakukan skrining kesehatan 3 bulan sebelum pernikahan di fasilitas kesehatan. Nah, data inilah yang akan dimasukkan ke dalam kuisioner aplikasi Elsimil. Apakah sampai di sini sudah paham?

Aturan Merokok di Tempat Umum, Nggak Boleh Sembarangan!

Pendaftaran Nikah Online Lewat SIMKAH

Cara mendaftar nikah online melalui SIMKAH
Cara mendaftar nikah online melalui SIMKAH | Sumber: Indonesia Baik

Ada kabar baik, nih! Pendaftaran menikah sekarang bisa dilaksanakan secara daring, lo. Melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH), Kantor Urusan Agama (KUA) sudah menyediakan layanan daftar nikah dalam online. Jadi, proses ini bisa dilakukan kapan pun dan di mana saja. 

Bagaimana Cara Mendaftar SIMKAH?

Berdasarkan laman Indonesia Baik, sebelum mendaftar, pasangan calon pengantin disyaratkan membuat atau mendaftar surat rekomendasi nikah di KUA. Nomor surat rekomendasi nikah di KUA inilah yang akan dimasukkan ke dalam SIMKAH sebelum mengisi data diri.

Begini langkah-langkah mendaftar SIMKAH:

  1. Mengakses laman simkah4.kemenag.go.id,
  2. Pilihlah menu “Masuk/Daftar”. Adapun pendaftaran akun akan meminta pengisian e-mail, nama dan NIK (Nomor Identitas Kependudukan),
  3. Sistem akan otomatis mengirimkan kode OTP ke e-mail yang telah didaftarkan,
  4. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan ke e-mail, SohIB,
  5. Masuk ke akun SIMKAH yang telah didaftarkan,
  6. Silakan masuk ke menu “Daftar Nikah” pada dashboard akun SIMKAH,
  7. Masukkan nomor daftar nikah dan nomor rekomendasi nikah yang sudah didapatkan di KUA,
  8. Pilih tempat dan waktu pelaksanaan nikah,
  9. Masukkan data calon suami dan calon istri, termasuk kedua orang tua calon suami dan calon istri, serta wali nikah,
  10. Unggah dan lengkapi dokumen yang diminta,
  11. Masukkan nomor telepon dan alamat e-mail,
  12. Lakukan pengunggahan foto diri dan cetak bukti pendaftaran nikah.

Setelah membaca penjelasan di atas, bagaimana SohIB, apakah inovasi-inovasi ini makin memudahkan urusan kita? Tentunya, adanya Elsimil dan SIMKAH adalah salah satu bukti pemerintah mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik dan pemanfaatan digital dengan semestinya. Semoga, ke depannya, akan ada penemuan-penemuan baru lainnya yang membuat proses-proses yang berhubungan dengan kepentingan penduduk Indonesia makin lancar lagi.

Belajar dari Pele, Legendaris Sepak Bola yang Meninggal Hari Ini

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)