Tips Aman dan Nyaman di Prambanan Jazz 2023, Jaga Stamina!

Tips Aman dan Nyaman di Prambanan Jazz 2023, Jaga Stamina!

Salah satu konser musik yang ditunggu para kawula muda | Sumber: Prambanan Jazz 2023

Siapa yang nggak mengenal Prambanan Jazz? Yups, konser musik yang sudah berjalan sampai ke-9 ini memang menjadi salah satu acara musik besar di Indonesia. Seperti namanya, event tersebut diselenggarakan di area Candi Prambanan, Yogyakarta. Tema yang diambil bertajuk “The Magical Experience”.

Berlangsung selama dua minggu, tepatnya 7ー9 Juli 2023 dan 14ー16 Juli 20223, inilah tips aman dan nyaman selama kamu mengikuti Prambanan Jazz 2023!

7 Tanda Orang Bermental Miskin, Salah Satunya Suka Gratisan!

Bawalah Tas yang Tidak Terlalu Besar

Seperti konser musik pada umumnya, biasanya pihak panitia tidak mengizinkan kita untuk membawa tas yang terlalu besar. Bisa jadi, hal tersebut untuk mengantisipasi kita membawa barang terlalu banyak dan untuk pengamanan pribadi. Mengingat banyak sekali orang di venue nanti, kalau kita membawa bawaan yang ribet, kalau hilang dan tercecer, pasti SohIB sendiri yang akan kebingungan. Belum lagi jika kamu ingin loncat-loncat saat menikmati musiknya.

Lebih baik, bawa saja barang-barang yang penting dan diperlukan, misalnya tisu basah, dompet, handphone, dan kartu identitas diri. Kamu juga diperkenankan membawa kipas kecil apabila khawatir akan merasa kegerahan saat datang di jam siang. Namun, sebetulnya ada beberapa brand yang juga menjual merchandise kipas kertas.

Membawa Uang Cash di Prambanan Jazz 2023

Membawa uang cash agar tidak terkendala saat pembayaran
Membawa uang cash agar tidak terkendala saat pembayaran | Sumber: Unsplash (Muhammad Daudy)

Menurut pengalaman Kak IBe, sinyal beberapa provider seluler mungkin tidak terlalu mendukung. Sehingga, jika ingin membeli camilan atau merchandise di area event, kamu mungkin akan sedikit kesulitan untuk mengandalkan QRIS. So, lebih baik kamu juga mempersiapkan uang cash demi kelancaran transaksi.

Pastikan Tiket yang Dibeli Online Bisa Diakses

Tiket Prambanan Jazz 2023 bisa dibeli di beberapa platform yang bekerja sama dengan pihak penyelenggara, yakni tiketapasaja.com, Traveloka, hingga SER MORPHEUS. Kesalahan dan kelalaian yang disebabkan pembeli selama transaksi tiket ditanggung pribadi. Oleh karena itu, SohIB harus memastikan bahwa bukti pembelian tiketmu adalah benar, sehingga tidak terkendala ketika sedang dilakukan penukaran gelang.

Saran yang bisa kamu ikuti adalah cetak e-ticket mu dalam bentuk PDF atau screenshot bukti tiket tersebut untuk menghindari sulit dibuka karena internet buffering.

Di area Prambanan Jazz 2023, banyak calo yang akan menawarkanmu gelang tiket dan upgrade tiket dengan harga yang tidak wajar. Lebih baik, hindari ya, SohIB. Lagipula, kamu pun bisa membeli tiket dengan cara on the spot atau di tempat.

Cek Rundown Acara

Line up artis-artis yang tampil di Prambanan Jazz 2023
Line up artis-artis yang tampil di Prambanan Jazz 2023 | Sumber: Prambanan Jazz 2023

Line up para penyanyi yang akan mengisi Prambanan Jazz 2023 sangat banyak dan berbeda-beda setiap harinya. Sangat direkomendasikan untuk SohIB rajin mengecek poster dan media sosial acara bergengsi tersebut agar tidak salah jadwal artis atau salah membeli tiket.

Teknik Dasar Dalam Membuat Tulisan, Pahami Biar Nggak Bingung!

Mengenakan Pakaian dan Sepatu yang Nyaman

Area Candi Prambanan itu luas banget loh, SohIB! Kalau tidak biasa jalan kaki agak jauh dan di bawah terik matahari, mungkin saja kamu akan kurang nyaman dan merasa lelah. Nah, untuk menghindari ketidaknyamanan yang lebih lagi, kenakan pakaian yang nyaman, sopan, sepatu yang tidak membuat kakimu terluka.

SohIB juga diharapkan untuk membawa sunscreen agar kulit tidak terbakar matahari. Angin sebetulnya cukup sejuk di venue, tetapi namanya situasi, kan tidak menentu.

Membawa Jas Hujan

Di sejumlah wilayah di Indonesia sudah mulai sering hujan. Selama acara Prambanan Jazz 2023 week 1, cuaca di sana bisa dikatakan cukup mendung dan sesekali hujan gerimis. Meski demikian, payung adalah benda yang tidak diperbolehkan untuk dibawa masuk ketika event berlangsung. Karena itu, pertimbangan untuk membawa jas hujan atau mantel di dalam tasmu. Pilih saja yang tipis agar tidak menyulitkan SohIB ketika membawanya.

Perhatikan Protokol Prambanan Jazz 2023

Di setiap acara, tentu saja ada aturan masing-masing yang perlu dipatuhi bersama. Di media sosialnya, yakni Instagram dan beberapa poster yang tersebar di venue, penyelenggara sudah dengan jelas memberikan do’s and don’t selama acara berlangsung. So, ikuti panduan tersebut dan pastikan kamu tidak melanggarnya, ya.

Perhatikan Kesehatan Tubuh dan Asupan Makanan

Tampak megah Candi Prambanan
Tampak megah Candi Prambanan | Sumber: Unsplash (Wendy Winarno)

Selama Prambanan Jazz 2023, Pasar Kangen turut memeriahkan dengan menjual beraneka ragam jajanan yang menarik untuk dibeli. Namun, kamu harus pandai pilah dan pilih, sebab kebanyakan makanan dan minuman yang dijual lebih banyak gorengan dan bergula tinggi. Boleh-boleh saja sih, mengonsumsi camilan atau minuman yang kamu sukai, tetapi perhatikan kolaborasinya.

Apabila kamu sudah jajan gorengan misalnya, jangan padukan dengan es susu atau thai tea yang gulanya tinggi. Kemudian, berikan jeda sebelum menyantap beberapa jajanan. Jangan sampai kalap!

Nama Orang Indonesia Terpopuler, Ada Nama Kamu, Nggak?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)