15 Tips Menjaga Penampilan saat Interview Kerja di Perusahaan

15 Tips Menjaga Penampilan saat Interview Kerja di Perusahaan

Ilustrasi Pakaian Rapi untuk Interview Kerja (Unsplash: Hunters Race)

Saat mempersiapkan diri untuk interview kerja, penting untuk diingat bahwa penampilanmu dapat memberikan kesan yang tak terlupakan bagi rekruter. First impression kemungkinan akan menjadi hal pertama yang rekruter perhatikan, sehingga sangat penting untuk memastikan bahwa kamu memberikan kesan terbaik pada awal pertemuan. Terutama jika kamu sedang interview untuk posisi di sebuah perusahaan atau lingkungan profesional lainnya, di mana penampilan yang rapi sangat diharapkan.

Artikel ini akan membahas 15 tips untuk SohIB tentang menjaga penampilan selama interview kerja. Mulai dari penampilan menarik itu seperti apa, rekomendasi baju untuk interview, tips memilih sepatu dan tas, hingga hal-hal yang harus dihindari agar penampilanmu tidak dinilai buruk oleh rekruter. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Penampilan Menarik itu Seperti Apa?

Kata-kata ‘berpenampilan menarik’ sudah menjadi hal umum yang ditemukan pada syarat melamar kerja. Namun, kualifikasi tersebut tidak semata-mata tentang fisik ya, SohIB. Setidaknya ada 3 faktor seseorang dianggap memiliki penampilan yang menarik.

Pertama, berpakaian yang bersih, rapi, dan tampak profesional ketika sedang interview. Jangan sampai tidak menyeterika pakaianmu, ya. Kedua, pastikan rambut bersih dan rapi. Bagi pria, jangan lupa untuk mencukur dan merawat bulu wajah dengan baik. Kemudian bagi wanita, pastikan menggunakan make up yang natural dan tidak berlebihan. Terakhir adalah bahasa tubuh yang digunakan. Buatlah kontak mata yang bersahabat, duduk dengan tegak, dan berbicara dengan jelas serta lantang.

Interview Kerja Pakai Baju Apa?

Ilustrasi Baju Blazer untuk Interview (Unsplash: Melissa Alexandria)

Tidak perlu bingung pakai baju apa saat interview kerja nanti. Berikut ini rekomendasi terbaik bagi SohIB yang ingin tampil menawan dan elegan, tetapi tetap simpel.

1. Jas

Pilihlah jas dengan ukuran yang pas di badan, jangan terlalu besar maupun terlalu kecil. Pertimbangkan untuk mengenakan warna-warna yang netral dan gelap, seperti hitam, abu-abu, dan biru dongker. Jas akan membuat SohIB tampak profesional dan berwibawa.

2. Blazer

Kedua adalah blazer. Baju ini cukup ajaib karena memberikan kesan formal sekaligus santai dibandingkan jas. Pilihlah pakaian dengan potongan sederhana serta warna-warna netral agar tidak tampak berlebihan.

3. Kemeja Formal

Kemeja formal menjadi baju wajib yang digunakan ketika interview kerja. Pakailah kemeja dengan potongan yang rapi dan sederhana. Kemudian pilihlah warna putih maupun biru muda untuk memberikan kesan profesional kepada rekruter. Hindari kemeja bercorak dan warna-warna yang mencolok.

4. Dress Formal

Dress formal juga dapat menjadi pilihan baju terbaik saat interview kerja untuk memberikan kesan feminim. Pilihlah dress panjang dengan warna netral dan desainnya tampak sederhana. Kamu bisa memadukan dress dengan blazer akan tampak stylish dan rapi.

5. Kemeja Batik

Rekomendasi baju untuk lamaran kerja yang terakhir adalah kemeja batik. Dengan mengenakan kemeja batik, kamu bukan saja tampak rapi, tetapi terkesan unik. Pasalnya, calon pelamar yang menggunakan kemeja batik jumlahnya lebih sedikit dibandingkan pelamar dengan kemeja putih. Pastikan memilih motif yang tidak terlalu ramai agar SohIB bisa tampil mencolok tanpa dibuat-buat!

Lama Menganggur Setelah Lulus Kuliah, Apa Masih Ada Harapan?

Tips Memilih Sepatu dan Tas untuk Interview Kerja

Ilustrasi sepatu, tas, dan aksesoris (Unsplash: Ivan Zhukevich)

Tips menjaga penampilan saat interview kerja di perusahaan selanjutnya adalah memperhatikan pemilihan sepatu dan tas. Disarankan untuk tidak mengenakan sepatu dan tas sembarangan tanpa melakukan riset sebelumnya, ya. Bisa saja berakibat fatal.

1. Sesuai Dress Code Perusahaan

Pastikan SohIB memilih sepatu dan tas yang sesuai dengan dress code perusahaan yang kamu lamar. Jangan sampai kamu memakai sepatu atau tas yang tidak sesuai karena bisa membuatmu terlihat tidak profesional. Jika dress code yang dianut perusahaan tersebut formal, pilihlah sepatu Oxford, loafers, dan sepatu hak bagi wanita. Pilihlah briefcase, totebag, maupun clutch.

Jika dress code perusahaan lebih kasual, pertimbangkan untuk memilih sepatu dengan model yang lebih santai, seperti sneakers, slip-on, dan flat shoes. Untuk tasnya, kamu bisa memakai tas ransel, tas pinggang, dan tas selempang. Ada juga beberapa tips memilih jenis-jenis tas yang tepat sesuai acara khusus buat kamu di sini.

2. Nyaman Dipakai

Selain tampilan yang penting, kenyamanan saat menggunakan sepatu dan tas juga tidak boleh diabaikan. Pastikan pelengkap yang kamu pilih nyaman dipakai dan tidak menyebabkan rasa sakit. Kamu tidak ingin kehilangan konsentrasi saat melakukan interview hanya karena sepatu atau tas kamu, bukan?

3. Perhatikan Warna

Pilihan warna sepatu dan tas juga mempengaruhi kesan pertama pada rekruter. SohIB bisa memilih sepatu dan tas dengan warna yang senada atau kontras dengan pakaian yang kamu kenakan. Namun, pastikan warnanya tidak terlalu mencolok atau terlalu terang, karena hal tersebut dapat mengalihkan perhatian rekruter.

4. Perhatikan Kualitas

Kualitas sepatu dan tas juga menjadi salah satu hal yang dapat dipertimbangkan, tetapi tidak wajib. Pastikan saja sepatu dan tas masih layak dipakai dan nyaman dipandang oleh orang lain. Jangan sampai memakai sepatu dan tas yang sudah rusak, ya. Kamu tidak harus membeli yang baru kok, tapi SohIB masih bisa meminjam dengan teman atau saudara.

5. Sesuai Kepribadian

Pilihan sepatu dan tas yang tepat dapat membantu menunjukkan kepribadianmu agar lebih positif. Jika SohIB lebih suka tampil santai dan berjiwa muda, sepatu dan tas dengan model yang lebih kasual bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika kamu lebih suka tampil rapi dan elegan, pilihlah sepatu dan tas dengan model yang lebih formal.

Penampilan yang Harus Dihindari saat Interview Kerja

Ilustrasi Penampilan yang Harus Dihindari saat Interview (Unsplash: Stephen Leonardi)

Ada beberapa penampilan yang harus SohIB hindari ketika interview kerja. Salah satunya adalah penggunaan tato. Pada umumnya, peraturan suatu perusahaan tidak mengizinkan karyawannya untuk memiliki tato. Oleh karena itu, pengting untuk mencari tahu informasi lebih lengkap terhadap perusahaan yang kamu lamar.

1. Pakaian yang Terlalu Kasual atau Santai

Jangan memakai pakaian yang terlalu kasual atau santai. Meskipun melamar di perusahaan industri kreatif, kamu tetap harus memperhatikan kesopanan dan profesionalitas dalam berpakaian. Hindari memakai kaos oblong atau celana jeans yang terlalu longgar. Pilihlah pakaian yang rapi, seperti kemeja atau blouse dengan celana panjang atau rok di bawah lutut.

2. Pakaian yang Terlalu Mencolok

Hindari memakai pakaian yang terlalu mencolok seperti warna neon atau pola yang berlebihan. Hal ini dapat membuatmu terlihat tidak menghargai atau terlalu mencolok di hadapan rekruter. Pilihlah pakaian dengan warna yang netral seperti putih, abu-abu, dan biru muda.

3. Pakaian yang Tidak Bersih dan Kusut

Hindari memakai pakaian yang kusut atau bernoda karena bisa membuatmu terlihat tidak rapi dan tidak mempedulikan penampilan. Periksa pakaianmu sebelum wawancara kerja untuk memastikan semuanya tampak bersih dan rapi untuk memberikan kesan profesional.

4. Parfum yang Menyengat

Jangan menggunakan parfum yang menyengat karena dapat mengganggu orang di sekitarmu. Gunakan pewangi dengan aroma yang ringan dan segar sebagai pelengkap. Parfum hanyalah sebagai pemanis dan bukan hal utama yang dinilai rekruter.

5. Memakai Tato dan Aksesoris yang Tidak Pantas

Sebaiknya Sohib menghindari penggunaan tato ketika interview kerja. Jika terlanjur memilikinya, pastikan kamu menutupinya dengan pakaian yang sesuai agar tidak terlalu terlihat oleh rekruter. Hindari memakai aksesoris yang terlalu mencolok seperti anting-anting yang terlalu besar atau kalung yang terlalu panjang. Gunakanlah aksesoris yang simpel dan elegan.

5 Cara Memulai Freelance Menulis Artikel, Cuma Modal HP dan Kuota Internet!

Demikianlah 15 tips menjaga penampilan saat interview kerja khususnya di perusahaan. Company sangatlah beragam dengan budayanya masing-masing. Pastikan kamu melakukan riset terhadap latar belakang perusahaan yang kamu lamar agar bisa menyesuaikan dengan dress code mereka.

Tunjukkan penampilan terbaikmu di depan rekruter karena kesan pertama sangatlah penting untuk menentukan lolos atau tidaknya kamu ke tahap selanjutnya. Good luck!