5 Cara Memulai Freelance Menulis Artikel, Cuma Modal HP dan Kuota Internet!

5 Cara Memulai Freelance Menulis Artikel, Cuma Modal HP dan Kuota Internet!

Ilustrasi Freelancer Menulis Modal HP (Unsplash: Chivalry Creative)

Pekerjaan freelance menulis artikel menjadi salah satu impian banyak orang karena menulis adalah hobi yang sangat menyenangkan. Orang yang menyukai dunia kepenulisan biasanya suka membaca buku. Buku-buku tersebut yang kemudian menginspirasi seseorang untuk menyalurkan atau mengekspresikan isi hati dan pikirannya.

Namun tidak sedikit orang yang masih bingung bagaimana cara memulai menjadi pekerja lepas menulis artikel, terutama bagi para pemula yang belum memiliki pengalaman bekerja. Berikut ini akan diulas 5 cara memulai sebagai freelancer writer, dengan bermodalkan HP dan kuota internet. Penasaran? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Menulis Blog Pribadi

Cara pertama memulai freelance menulis artikel adalah belajar menulis blog pribadi. Dengan cara ini, kamu bisa menilai kemampuan kamu sendiri bahkan meminta orang lain untuk menilainya setelah kamu mempublikasikannya. Jika SohIB belum ada pengetahuan tentang penggunaan suatu blog, seperti Blogspot dan Wordpress, kamu bisa menggunakan platform Medium yang lebih simpel dan fiturnya lebih sederhana.

Bila kamu aktif dalam menggunakan media sosial, maka SohIB bisa memulai publikasi tulisan kamu melalui status Facebook. Mintalah feedback dari friend list kamu mengenai kualitas artikel yang kamu buat. Tidak perlu malu ataupun takut menerima kritik ya, karena itu semua baik untuk membangun mental seorang penulis.

2. Ikut Pelatihan atau Kursus Online

Cara kedua adalah mengikuti pelatihan atau kursus online tentang kepenulisan. Banyak platform yang menyediakan pelatihan daring secara gratis lo, salah satunya adalah Komunitas SohIB. Berikut ini keuntungan dari mengikuti kelas pengembangan diri online:

Aksesibilitas yang Lebih Baik

Pelatihan online menulis artikel memberikan aksesibilitas yang lebih baik bagi peserta, karena dapat diikuti dari mana saja, selama terhubung ke internet. Hal ini memungkinkan peserta untuk mengikuti pelatihan tanpa perlu melakukan perjalanan ke tempat pelatihan secara fisik.

Fleksibilitas Waktu

Pelatihan online menulis artikel juga memungkinkan peserta untuk belajar sesuai dengan waktu yang mereka miliki. Kelas seperti ini biasanya direkam dan disimpan, sehingga peserta dapat mengaksesnya kapan saja, sesuai dengan jadwal yang mereka miliki.

Biaya yang Lebih Rendah

Training menulis daring umumnya lebih murah daripada pelatihan tatap muka, karena tidak memerlukan biaya perjalanan, biaya akomodasi, atau biaya yang terkait dengan tempat fisik pelatihan. Hal ini membuat pelatihan online menjadi pilihan yang lebih terjangkau bagi peserta.

Pembelajaran yang Lebih Efektif

Pelatihan online menulis artikel biasanya disampaikan oleh para ahli di bidangnya. Peserta dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan dari para ahli tanpa harus secara fisik bertemu dengan mereka. Mereka juga seringkali menawarkan materi yang lebih interaktif, seperti video tutorial, diskusi, dan tugas yang akan membantu peserta memahami materi dengan lebih baik.

Pengembangan Kemampuan Menulis yang Lebih Baik

Pelatihan menulis artikel dapat membantu peserta mengembangkan kemampuan writing yang lebih baik dengan cara yang lebih fokus dan terstruktur. Peserta dapat mempelajari teknik-teknik penulisan yang efektif, dan mengaplikasikannya dalam latihan-latihan yang disediakan selama pelatihan. Hal ini akan membantu kita menghasilkan artikel yang lebih baik dan lebih berkualitas.

3. Bergabung dengan Komunitas Penulis

Cara ketiga untuk memulai freelance menulis artikel adalah bergabung dengan komunitas sesama penulis. Banyak sekali platform kepenulisan di media sosial yang tidak memiliki syarat yang ribet agar bisa menjadi anggotanya. Dengan bergabung komunitas, kamu bisa menambah relasi dan saling berbagi pengalaman dengan orang lain. Bahkan SohIB dapat berkenalan dengan penulis artikel yang sudah berpengalaman yang tidak pelit untuk berbagi ilmunya.

4. Promosikan Diri Melalui Media Sosial

Cara keempat yang tidak kalah penting adalah mempromosikan diri dan mempromosikan artikel yang telah kamu publikasikan melalui media sosial. Ingat cara pertama? Setelah menulis artikel di blog pribadi, SohIB bisa membagikan linknya ke Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, maupun WhatsApp. Promosi ini berkaitan dengan niche atau topik yang kamu suka atau kuasai.

Sebelum menjadi seorang freelancer menulis artikel, penting bagi kamu menentukan satu atau dua topik yang menjadi fokus kamu. Dengan cara ini, orang-orang akan lebih mudah mengingat dan mengenali kamu. Promosi diri ini berpengaruh dengan personal branding kamu sebagai penulis. Terlebih lagi jika kamu ingin menyusun sebuah portfolio.

5. Latihan Menulis Setiap Hari

Last but not least adalah latihan menulis setiap hari. Setelah kamu rajin mengikuti pelatihan dan bergabung dengan komunitas, kamu harus tetap rajin latihan menulis, ya! Buatlah target pribadi, contohnya menulis 1000 kata per hari tentang satu atau dua topik. Jangan lupa juga untuk membaca artikel dari para penulis yang berpengalaman ya. Ingat bahwa penulis yang berkembang adalah mereka yang tidak pernah berhenti belajar dan membaca.

5 cara di atas tidak harus dilakukan secara berurutan, tetapi SohIB bisa mengombinasikannya sesuai skill dan pengalaman kamu saat ini. Demikianlah artikel ini disampaikan, semoga bermanfaat bagi kamu yang cuma modal HP dan kuota internet.

Jangan lupa bagikan juga ya, tips ini kepada teman maupun keluarga yang tertarik menjadi freelancer!