Lama Menganggur Setelah Lulus Kuliah, Apa Masih Ada Harapan?

Lama Menganggur Setelah Lulus Kuliah, Apa Masih Ada Harapan?

Ilustrasi Pengangguran | Sumber: Unsplash (Matthew Osborn)

Fenomena menganggur terlalu lama setelah lulus kuliah bukanlah cerita baru di Indonesia. Diketahui bahwa per Agustus 2022 lalu, pengangguran mencapai 8,4 juta jiwa dan didominasi umur 15 hingga 29 tahun dengan total 3,7 juta jiwa (Badan Pusat Statistik 2022).

Artikel ini akan membahas hal-hal apa saja yang dapat SohIB lakukan jika kamu termasuk dalam statistik tersebut. Apakah masih ada harapan buat orang-orang yang telah 2 tahun menganggur? Simak pembahasan di bawah ini!

Aku Menganggur, Apa yang Harus Dilakukan?

Tentu saja masih ada harapan! Hidup kamu tidak berakhir hanya karena menganggur terlalu lama. Mulut tetangga mungkin bisa bergosip, tetapi semangat hidup hanya ada di tangan kita sendiri. Berikut ini 7 hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan value sembari mencari pekerjaan tetap!

1. Mencari Pekerjaan Secara Aktif

Hal pertama pastinya adalah SohIB harus terus mencari pekerjaan secara aktif melalui online maupun offline. Manfaatkan website-website yang berhubungan dengan lowongan kerja, seperti LinkedIn, Glints, Kalibrr, maupun Instagram untuk mendapatkan info terbaru serta terpercaya.

Ketika membaca suatu loker, jangan abaikan deskripsi serta kriteria yang dicari oleh perusahaan. Karena dua hal tersebut bisa menjadi panduan bagimu untuk membuat target dalam pelatihan.

2. Mengikuti Kursus atau Pelatihan

Hal kedua adalah mengikuti kursus atau pelatihan yang gratis maupun berbayar. Banyak sekali platform yang memberikan wadah untukmu mempelajari bidang-bidang tertentu. Berikut ini 11 rekomendasi bidang pekerjaan di era digital yang dapat SohIB pelajari, berdasarkan data dari kominfo.kotabogor.go.id:

  • Content Writing
  • Copywriting
  • Digital Marketing
  • Content Creating
  • Data Analytic
  • Data Science
  • UI/UX Designing
  • Product Management
  • Graphic Designing
  • Web Developing
  • Software Engineering

3. Mengembangkan Jaringan

SohIB juga dapat mengembangkan jaringan dengan mencari mengikuti komunitas maupun organisasi tertentu yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Peluang karier dapat lebih terbuka seiring dengan kamu mengenal orang-orang baru, terutama mereka yang bekerja di bidang Human Resources.

4. Membangun Portofolio

Portofolio dapat dibangun dengan beragam hal, salah satunya pengalaman. Kamu yang sedang dan sudah mengikuti pelatihan dapat melampirkan hasil yang dikerjakan selama pelatihan tersebut. SohIB yang pernah menjadi freelancer juga dapat melampirkan karya yang telah dibuat, bahkan mencantumkan feedback dari klien.

5. Menjalankan Usaha Kecil-Kecilan

Untuk meningkatkan pengalaman serta mengembangkan kemampuan manajerial, kamu dapat menjalankan usaha kecil seperti berjualan online. Saat ini, pemula lebih mudah untuk membuka usaha online karena platform yang menyediakannya sangat banyak. Kita dapat memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter untuk mempromosikan dagangan.

6. Mendaftar Magang

Magang menjadi hal penting yang perlu diikuti karena melalui magang, SohIB bisa mendapat pengalaman bekerja di kantor maupun lapangan. Kamu juga bisa mengenal orang-orang baru yang kompeten di bidangnya masing-masing, sehingga pengetahuan pun meningkat. Hal menarik lainnya adalah kita bisa mendapat kesempatan untuk bekerja sebagai karyawan tetap di perusahaan magang tersebut.

7. Menjadi Relawan

Hal terakhir yang dapat SohIB lakukan jika sudah 2 tahun menganggur adalah menjadi seorang relawan di organisasi nonprofit maupun kegiatan sosial lainnya. Dengan menjadi volunteer, kamu bisa mendapat pengalaman bekerja dalam tim serta mengasah keterampilan komunikasi.

Faktor Lain Penunjang keberhasilan Diri

1. Berdoa

Jangan lupa berdoa kepada Sang Pencipta. Percayalah bahwa Tuhan punya rencana terbaik bagi hidupmu. Melalui perjuangan tersebut, kepribadian kita bisa terbentuk dan mempunyai karakter yang tangguh. Stay positive.

2. Berusaha

Lakukan satu per satu poin-poin di atas yang telah dibahas sebelumnya. Berusahalah semaksimal mungkin dan jangan sungkan untuk meminta pertolongan orang lain jika diperlukan.

3. Introspeksi Diri

Jangan mudah mengasihani diri sendiri sehingga enggan untuk berjuang. Tetap introspeksi diri sewajarnya dan perbaiki apa yang bisa SohIB perbaiki.

4. Minta Doa Orang Tua

Mintalah doa dan dukungan dari orang tua, saudara, teman, dan sahabat karena pada hakikatnya, manusia tidak bisa berdiri sendiri. Ceritakan keluh kesahmu kepada orang yang dapat dipercayai dan jangan dipendam sendirian, ya.

5. Jangan Lupa Istirahat

Berusaha itu baik, tetapi jangan sampai lupa istirahat. Tubuh pun berhak mendapatkan waktu tidur, makan, minum, dan juga refreshing secara seimbang. Tidak apa-apa sesekali jalan-jalan bersama keluarga maupun teman. Jangan merasa bersalah karena setiap orang berhak bahagia!

Demikianlah pembahasan artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi SohIB yang masih mencari pekerjaan maupun bagi kamu yang memiliki keluarga maupun teman yang terus berjuang. Bagikan artikel ini dan berikan semangat kepada mereka, ya!