8 Fakta Menarik tentang Kehidupan Raden Ajeng Kartini

8 Fakta Menarik tentang Kehidupan Raden Ajeng Kartini

Kesetaraan wanita masa kini | Sumber: Pexels (Monsera)w.pexels.com/photo/women-sitting-on-the-couch-6281894/

Pada tanggal 21 April nanti, masyarakat Indonesia akan memperingati Hari Kartini. Ini adalah momen perayaan untuk menghormati ibu Raden Ajeng Kartini, sorang panutan Indonesia dan simbol pemberdayaan perempuan dan advokat untuk pendidikan anak perempuan.

Banyak sikap-sikap yang dapat SohIB teladani dari Raden Ajeng Kartini, seperti tekadnya yang kuat, tegas, pantang menyerah, dan berjiwa pemberani. Nah, berikut ini adalah fakta-fakta menarik beliau yang perlu kamu ketahui!

Kapan RA Kartini Lahir?

Kartini lahir dari keluarga bangsawan di Jepara, Jawa Tengah, tepatnya di tanggal 21 April 1879. Beliau bersekolah di sekolah berbahasa Belanda, tetapi dilarang masuk sekolah menengah pada usia 12 tahun, karena dia seorang perempuan.

Melakukan Pingitan Menjelang Pernikahan

Pada usia 12 tahun, beliau menjalani pingitan. Dalam tradisi Jawa, pingitan sama dengan  pengasingan, di mana anak perempuan akan menarik diri dari semua kegiatan dan keterlibatan sosial sementara mereka menunggu pernikahan.

Sangat Mencintai Membaca

Selama menjalani pingitan, beliau meminjam buku dari kakaknya dan mulai menumbuhkan kecintaannya dalam membaca. Melalui buku-buku yang ditulis oleh para penulis Belanda inilah, Kartini menyadari bahwa perempuan dalam budaya Jawa tidak diizinkan untuk mempunyai kebebasan seperti di Belanda dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Wanita itu kemudian menulis surat kepada sahabat penanya di Belanda, di mana dia melampiaskan rasa frustrasinya tentang ketidakadilan ketidaksetaraan gender dalam budaya Javen. Dia merasa bahwa wanita hanya dihargai sebagai istri dan ibu. Beberapa suratnya diterbitkan di majalah-majalah Belanda.

Pernikahan yang Diatur

Pada bulan November 1903, di usia 24 tahun, RA Kartini harus merelakan beasiswa untuk belajar kedokteran di Jepang karena pernikahan yang telah diatur oleh orang tuanya. Beliau dengan berat hati harus menikahi Raden Adipati Joyodiningrat yang merupakan Bupati Rembang. Karena pernikahan itu, RA Kartini merasa sedih karena beliau mendambakan pendidikan dan ingin belajar di luar negeri.

Mendirikan Sekolah Perempuan Pertama di Indonesia

Segera setelah menikah, dengan dukungan suaminya dan bantuan dari pemerintah Belanda, Kartini membuka sekolah dasar pertamanya di Indonesia untuk anak perempuan. Sekolah tersebut mendorong pemberdayaan wanita dan mengajarkan mereka kurikulum progresif berbasis barat.

Meninggal Muda, Tetapi Berjasa

Pada tanggal 13 September 1904, RA Kartini melahirkan anak tunggalnya. Namun, sayangnya beliau meninggal empat hari kemudian di usia yang terbilang amat muda, yakni 25 tahun. Selama bertahun-tahun berikutnya, banyak sekolah untuk anak perempuan dibuka dan dinamai untuk menghormati beliau.

Habis Gelap Terbitlah Terang

Pada tahun 1911, ketika Indonesia masih berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda, surat-surat Kartini diterbitkan dalam sebuah buku berjudul Out of Dark Comes Light. Buku ini diterima dengan minat besar dari orang-orang di Belanda yang untuk pertama kalinya terpapar pada ide-ide seorang wanita Indonesia yang cerdas, berbicara dengan baik, dan progresif yang mendiskusikan ide-ide feminisme. Karya tersebut mengubah cara orang-orang di Eropa memandang perempuan di Indonesia dan memberikan inspirasi bagi gerakan kemerdekaan Indonesia. 

Hari Libur Nasional

Pada tahun 1964, Presiden Indonesia, Sukarno, secara resmi menjadikan hari kelahiran RA KArtini, 21 April sebagai Hari Libur Nasional yang merayakan perayaan tahunan wanita dan anak perempuan di Indonesia dengan fokus pada pendidikan.

Terlepas dari dampak positif yang telah dibuat oleh Ibu RA Kartini sehubungan dengan pendidikan anak perempuan di Indonesia, di berbagai belahan negara masih banyak yang berpikir bahwa pendidikan adalah investasi yang lebih berharga bagi anak laki-laki. Hal ini mungkin karena tidak sedikit orang mengira bahwa pendidikan bagi seorang gadis akan terbuang sia-sia. Sebab, pada akhirnya dia (perempuan) akan menjadi ibu rumah tangga dan istri.

Namun demikian, tidak semua orang tua memiliki pola pikir seperti itu. Di masa kini, banyak juga keluarga di Indonesia yang memberikan pendidikan yang baik kepada anak perempuan mereka. Bagaimana menurut pendapat SohIB?