Tips Memilih Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden untuk Pemula, Suaramu Penting!

Tips Memilih Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden untuk Pemula, Suaramu Penting!

Pemilihan umum | Sumber: Unsplash (Cyrus Crossan)

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan berjalan Februari mendatang. Agar pemilihan pemimpin Indonesia berjalan dengan lancar, masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi dengan antusias. Dengan demikian, siapa pun yang terpilih nanti, itulah merupakan suara bangsa Indonesia.

Nah, SohIB, pada pesta demokrasi mendatang, Pemilihan Umum (KPU) memprediksi bahwa akan ada sekitar 56 persen atau 114 juta jiwa dari total pemilih di Pemilu 2024 didominasi para generasi muda yang rentang usianya adalah 22–30 tahun. Tentu saja, beberapa di antaranya adalah mereka yang belum pernah mencoblos sama sekali.

Untuk itulah, agar kamu bisa memilih calon presiden dan calon wakil presiden yang tepat sesuai dengan hati nuranimu, berikut adalah tips pencoblos ala pemula yang bisa kamu lakukan!

Tahapan Pemilu 2024 dan Daftar Partainya

Pilih yang Visi dan Misinya Sejalan dengan Dirimu

Pasangan pemimpin yang kamu pilih haruslah mereka yang mempunyai visi dan misi yang jelas karena di tangan merekalah estafet pembangunan bangsa akan terus berjalan. Perhatikan apakah mereka mampu menjelaskan kepada kita apa saja program yang akan diusung.

Capres dan cawapres biasanya mempunyai program kerja dengan ciri khasnya masing-masing, misalnya ada yang lebih sering menyoroti tentang bidang pendidikan, militer, pariwisata, dan lainnya. Kemudian, pertimbangkan apakah itu sesuai dengan yang kamu harapkan pada sosok pemimpin.

Satu lagi, mereka tidak boleh berat sebelah. Carilah pemimpin yang mampu mendengarkan aspirasi rakyat dengan bijaksana.

Lihat Rekam Jejak dan Pengalamannya

Bukan berarti kita sedang menilai seseorang dari masa lalunya. Namun, rekam jejak dan bagaimana pengalaman calon pemimpin bangsa sangatlah penting. Sebab, ini bisa menjadi sinyal yang baik apabila ternyata mereka mempunyai sepak terjang yang baik dan citra positif di masyarakat.

Ingat, pilihlah portal dan sumber informasi yang akurat. Jangan sampai termakan berita-berita bohong dan melontarkan ujaran kebencian, terutama sering terjadi ketika di tengah pesta demokrasi.

Yuk, Wapres Ajak Masyarakat Ikuti Hak Suara Pemilu 2024!

Kemampuan Komunikasinya yang Bagus

Cara bertutur kata juga perlu diperhatikan dengan saksama, karena, kemampuan berkomunikasi itu penting sebagai ‘senjata’ terdepan capres dan cawapres ketika bersosialisasi. Temukan nilai-nilai yang baik dari orasi mereka dan tetap realistis untuk dijalankan. Jangan sampai, pemimpin bangsa hanya melontarkan janji-janji manis semata.

Satu lagi, seluruh rakyat akan ‘menggantung’ harapan baru pada presiden dan wakil presiden kelak. Masyarakat perlu mendapatkan penghormatan dan kesetaraan tanpa pandang bulu dan kepentingan tertentu. Maka, pemimpin negara tetap perlu memperhatikan norma dan etika sosial yang berlaku.

Jangan Mudah Termakan Hoaks

Hoaks atau berita fitnah serta ujaran kebencian akan semakin terasa panas manakala waktu pencoblosan semakin dekat. Untuk inilah, kepandaian kita untuk bisa memilah dan memilih informasi yang didapatkan sangat krusial.

Terlebih lagi, para buzzer dan perdebatan publik seringkali mudah menggeser dan menggiring opini kita. Barangkali, yang terlalu condong pada satu capres-cawapres akan sulit menerima argumen lain, terutama jika arahnya menyudutkan pihak tertentu.

Perhatikan Aturan Mencoblos Hak Suara

Ini adalah salah satu step penting yang jangan sampai SohIB abaikan, yakni cari tahu dan perhatikan aturan dalam mencoblos hak pilih. Dari jauh-jauh hari, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memberikan kejelasan tentang aturan pencoblosan, lokasi TPU, syarat warga yang berhak memilih, nomor urut pasangan calon, dan prosedur mencoblos. Silakan cek kembali beritanya, ya!

Mari, kita ciptakan suasana pemilu yang damai, tenang, jujur, dan berintegritas!

Mengenal Diaspora Indonesia, Migrasi ke Seluruh Dunia?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)

#Makin Tahu Indonesia