10 Stadion Terbesar di Indonesia, Super Luas, loh!

10 Stadion Terbesar di Indonesia, Super Luas, loh!

Stadion Gelora Bung Karno yang sangat indah | Sumber: Unsplash (Dino Januarsa)

Good news! Indonesia resmi akan menjadi tuan rumah bagi Piala Dunia U-17 2023. Hal tersebut sudah diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) pada Jumat (23 Juni) lalu. Ini artinya, kemampuan negara kita untuk menggelar perhelatan dunia dalam bidang olahraga makin diakui. Sejumlah nama stadion terbesar di Indonesia tentu saja menarik perhatian.

Lantas, mana saja nih, stadion sepak bola di Indonesia yang berpotensi dipilih menjadi lokasi turnamen FIFA tahun ini?

Stadion dengan Kapasitas Terbesar di Indonesia

Indonesia Baik menuliskan, diambil dari data Stadium Database, Indonesia ternyata punya 25 stadion dengan kapasitas penonton yang cukup besar per 27 Juni 2023. Untuk saat ini, Stadion Internasional Jakarta atau Jakarta International Stadium (JIS) yang dinobatkan menjadi stadion terbesar di tanah air. Stadion yang terletak di Jakarta itu memiliki kapasitas sebanyak 82.000 orang. Wah, gede banget!

Tentu saja, masih banyak lagi sejumlah stadion olahraga di negara kita yang tidak kalah besar dengan JIS. Di mana saja?

Work Fatigue, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Stadion Internasional Jakarta (JIS), Jakarta: 82.000 orang

JIS adalah stadion megah terbaru di Indonesia yang sudah dibangun mulai tahun 2021 lalu. Dilansir dari Trenasia, JIS telah meraih predikat terbaik dalam jajaran 10 stadion terbesar dan termewah di dunia, nih, berdasarkan laporan dari DailyMail bulan Februari 2021.

Fakta unik yang harus kamu tahu, jika dilihat dari atas, JIS mirip sekali dengan permen tusuk atau lolipop. Untuk perawatan lapangan, pengelola memanfaatkan teknologi perawatan rumput secara hybrid. Namanya adalah lighting grass growth

Infografik stadion olahraga terbesar di Indonesia
Infografik stadion olahraga terbesar di Indonesia | Sumber: Indonesia Baik

Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK/SUGBK), Jakarta: 76.127 orang.

INDIFFS.COM menuliskan, pembangunan GBK ini awalnya ditujukan karena Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertandingan ASIAN Games IV lo, guys, yang diselenggarakan di tahun 1962. Kala itu, Presiden Soekarno-lah yang melakukan penancapan tiang secara simbolis di awal kompleks tersebut dibangun.

Nggak cuma itu aja, tadinya, GBK pernah berganti nama menjadi Stadion Senayan di masa orde baru. Hal tersebut karena ada kebijakan de-Soekarnoisasi. Setelah bertahan sampai 14 tahun dengan nama baru itu, GBK dipulihkan lagi namanya hingga sekarang.

Stadion Utama Palaran (Stadion Utama Kaltim), Kalimantan Timur: 60.000 orang

Lapangan besar ini berada di Samarinda dan diresmikan pertama kali untuk opening ceremony PON Nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Lokasinya nggak terlalu jauh dari Sungai Mahakam dan Museum Merah Putih, sehingga Palaran banyak dimanfaatkan warga untuk acara non-olahraga atau bersantai juga.

Stadion Utama Gelora Bung Tomo (GBT), Jawa Timur: 50.000 orang.

Kalau melihat namanya, mungkin SohIB sudah bisa menebak lokasinya bukan? Yup, GBT merupakan stadion serbaguna yang terletak di Surabaya. Dinamakan Bung Tomo, karena beliau adalah salah satu pahlawan nasional yang berasal dari kota besar tersebut.

Dulunya, GBT punya nama lain, yakni Stadion Kebonsari. Berbagai peristiwa dan pergelaran penting di negara kita diselenggarakan di sini. Salah satunya adalah final Piala AFF 2010 antara Indonesia-Malaysia, lokasi konser musik papan atas, hingga Monumen Bung Tomo.

5 Platform Blog Terbaik, dari Berbayar Hingga Gratis!

Stadion Harapan Bangsa (Stadion Lhoong Raya), Aceh: 45.000 orang

Persiraja Banda Aceh punya markas besar yang jempolan, yakni Stadion Harapan Bangsa. Letak tempat sangat strategis karena tidak berjauhan dari pusat kota. Btw, stadion ini dulu juga menjadi korban tsunami Aceh di tahun 1004. Kemudian, bisa digunakan kembali setelah adanya renovasi besar-besaran dari pemerintah setempat.

Stadion Utama Riau, Riau: 40.700 orang

Beberap, stadion ini bisa dibilang nggak begitu digunakan karena sering disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak terpuji. Kalaupun ada yang ingin berolahraga, warga lebih sering menggunakan area luarnya saja. Namun, pemerintah setempat segera berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk menanggulangi itu. Di tahun 2022, klub PSPS sempat menjadikannya sebagai markas.

Stadion Lukas Enembe (Stadion Harapan), Papua: 40.263 orang

Lukas Enembe adalah salah satu stadion megah yang ada di Papua. Lapangan besar tersebut bisa menampung hingga 40 ribuan orang. Sayangnya, sejumlah media memberitakan bahwa penamaan stadion ini sedang menjadi perbincangan.

Sebab, dikatakan tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2, Tahun 2021, tentang Penyelenggaraan Nama Rupabumi (PNR). Nggak hanya itu saja, Lukas Enembe sendiri, yang diabadikan namanya sebagai nama tempat tersebut, kini terjerat kasus korupsi.

Stadion Batakan, Kalimantan Timur: 40.000 orang

Bisa dibilang, Stadion Batakan adalah kandidat kuat sebagai venue penyelenggaraan FIFA U-17 2023. Alasannya adalah karena tempat itu memang dianggap mampu memenuhi kebutuhan pertandingan bergengsi tersebut. Untuk sekarang, diketahui jika tim Persiba Balikpapan bermarkas di sini. SohIB pernah berkunjung ke sana?

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jawa Barat: 38.000 orang

Membaca nama lapangan ini, rasanya seperti bernyanyi, ya? Well, GBLA adalah stadion super mewah yang dibangun di Kota Bandung dengan fasilitas bertaraf internasional. Satu fakta yang kamu harus tahu, GBLA punya ruang VVIP yang kacanya anti peluru dan ada landasan helikopternya. Wow, elite banget!

Stadion Kanjuruhan, Jawa Timur: 38.000 orang

Stadion Kanjuruhan berdiri dengan kokoh di Kepanjen, Malang. Merupakan ‘kandang’ bagi Arema FC, tempat ini nggak hanya sering dimanfaatkan sebagai pertandingan sepak bola, tetapi juga konser musik dan lainnya.

7 Alasan Cyberbullying Itu Buruk, Stop Lakukan!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)