Sejarah Google yang Hari Ini Ulang Tahun ke-25

Sejarah Google yang Hari Ini Ulang Tahun ke-25

Google Doodle peringati ulang tahunnya hari ini | Sumber: dok. istimewa

Ada yang spesial dari tampilan Google hari ini. Sebagaimana yang kita ketahui, top search engine tersebut biasanya akan mengabadikan beberapa momen penting di dunia melalui Google Doodle-nya. Kali ini, ulang tahun Google ke-25 lah yang menjadi tema perayaannya (27 September).

Jika SohIB membuka laman utama mesin peramban tersebut, tulisan “Google” akan tampak bergerak-gerak secara dinamis, kemudian di akhir akan tampak deretan huruf dan angka “G25gle”.

Belajar Tentang Google AdSense, yuk!

Lalu, ketika kamu mengetikkan keyword “ulang tahun Google”, maka ketika hasil penelusuran tersedia, confetti dari atas layar akan turun dengan warna-warni khas Google. 

Google ulang tahun yang ke-25 | Sumber: dok. istimewa
Google ulang tahun yang ke-25 | Sumber: dok. istimewa

Adapun pada penjelasan Google Doodle, perusahaan raksasa tersebut menuliskan deskripsinya,

“Doodle hari ini merayakan tahun ke-25 Google. Meskipun kami di Google berorientasi pada masa depan, ulang tahun juga bisa menjadi waktu untuk merenung. Mari kita menelusuri jalan kenangan untuk mengetahui bagaimana kita dilahirkan 25 tahun yang lalu…

Karena takdir atau keberuntungan, mahasiswa doktoral Sergey Brin dan Larry Page bertemu di program ilmu komputer Universitas Stanford pada akhir tahun 90an. Mereka segera menyadari bahwa mereka memiliki visi yang sama: menjadikan World Wide Web sebagai tempat yang lebih mudah diakses.

Pasangan ini bekerja tanpa kenal lelah dari kamar asrama mereka untuk mengembangkan prototipe mesin pencari yang lebih baik. Ketika mereka mencapai kemajuan berarti dalam proyek tersebut, mereka memindahkan operasinya ke kantor pertama Google — sebuah garasi sewaan. Pada tanggal 27 September 1998, Google Inc. resmi lahir.

Banyak yang telah berubah sejak tahun 1998 — termasuk logo kami seperti yang terlihat pada Doodle hari ini — namun misinya tetap sama: mengatur informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses dan berguna secara universal. Miliaran orang dari seluruh dunia menggunakan Google untuk menelusuri, terhubung, bekerja, bermain, dan masih banyak lagi!

Terima kasih telah berkembang bersama kami selama 25 tahun terakhir. Kami tidak sabar untuk melihat ke mana masa depan membawa kami bersama-sama.”

Mengenal Brin dan Page, Pendiri Google

Sergey Brin dan Larry Page
Sergey Brin dan Larry Page | Sumber: Wikimedia Commons (Joi Ito)

Menilik sejarah kelahiran Google sangat menyenangkan lo, SohIB! Namun, sebelum masuk ke pembahasan ini, ada baiknya kamu mengenal sedikit siapa pendirinya, ya.

Di tahun 1995, Sergey Brin dan Larry Page bersekolah di University of Stanford, Amerika serikat. Mereka berdua bertemu sebagai mahasiswa doktoral untuk program Ilmu Komputer.

Sergey Brin adalah seorang pria yang berasal dari Rusia. Ia dilahirkan dari pasangan Brin yang saat itu menjadi ahli matematika lulusan Moscow State University. Di usianya yang menginjak enam tahun, mereka pindah ke Amerika Serikat, di mana kemudian Sergey mengenyam pendidikan yang elit di Maryland.

Adapun Larry Page juga mempunyai background keluarga yang sangat mendukung passion-nya di dunia komputer. Diketahui orang tua Larry sudah tertarik dengan bidang itu sejak lama dan memfasilitasi anak-anaknya dengan komputer sejak kecil. Padahal, di masa tersebut, benda ini masih sangat langka dan mahal, nih.

Disebutkan oleh Katadata, Larry kecil bahkan menjadi anak pertama di sekolahnya yang menulis makalah dengan perangkat teknologi sampai membuat guru-gurunya kagum.

Produk-produk Google yang Mempermudah Pekerjaan Kita, Apa Saja, ya?

Sejarah Kemunculan Google 

Logo ulang tahun ke-16 Google
Logo doodle ulang tahun ke-16 Google | Sumber: dok. istimewa

Ketika akhirnya Larry dan Sergey bertemu di Stanford, mereka menjalin pertemanan dan bekerja sama membangun mesin pencari bernama Backrub, yang di mana kemudian berubah nama menjadi Google.

Penamaan ‘Google’ tersebut juga sebetulnya nggak sengaja, SohIB. Tadinya, mereka ingin menamai produknya menjadi Googol yang diambil dari istilah matematika untuk angka 1 dan diikuti 100 angka nol.

Googol juga diartikan sebagai “informasi yang tidak terbatas di internet”. Hanya saja, karena kesalahan ejaan kata dari kolega mereka, Googol tak sengaja ditulis menjadi ‘Google’. Namun, kesalahan itu malah disukai Larry. Mesin peramban itu akhirnya meluncur pada 15 September 1997 dengan nama “google.com”.

Wait, kalau didaftarkan pada tanggal 15, mengapa dirayakan pada tanggal 27, ya? Hal ini dikarenakan pada tanggal 27 September 1998, Google Inc. lahir setelah mendapatkan suntikan modal sebesar US$100.000 dari investor Andy Bechtolsheim dan membuat kantor pertamanya di sebuah garasi milik Susan Wojcicki, di California. Menariknya, Susan adalah mantan CEO dari platform raksasa lainnya, yakni YouTube. Keren banget ya, circle-nya?

Danau Toba Jadi Ikon Google Hari Ini, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

 

Sumber:

  • https://www.usatoday.com/story/news/2023/09/27/google-doodle-birthday-surprise-translate/70960063007/
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/09/27/sejarah-google-proyek-mahasiswa
  • https://www.merdeka.com/sergey-brin
  • https://katadata.co.id/intan/ekonopedia/627db9612660c/profil-larry-page-sosok-inovatif-pencipta-google