Belajar Tentang Google AdSense, yuk!

Belajar Tentang Google AdSense, yuk!

Google Adsense adalah salah satu tool yang paling sering digunakan orang untuk mempromosikan produknya | Sumber: Unsplash (Greg Bulla)

Adakah di antara SohIB yang pernah mendengar istilah ads? Yup, diambil dari kata bahasa inggris, ads memiliki arti iklan. Sedangkan dalam dunia digital, ads merujuk pada materi iklan yang akan kita promosikan kepada target market yang meliputi penargetan, pengaturan jadwal, hingga budgeting dan eksekusinya. Dewasa ini, terdapat beberapa ads yang mungkin sudah akrab di telinga kita, salah satunya adalah Google AdSense.

Bagi sohIB yang sedang mulai mempelajari dunia per-digitalan atau memiliki ketertarikan terhadap Google AdSense, yuk, simak tulisan berikut ini!

Mengenal Google AdSense

https://unsplash.com/photos/eKTLh4_u7Ao Photo by Arkan Perdana on Unsplash
Begini lo, cara kerja Google Adsense! | Sumber: Unsplash (Arkan Perdana)

Pernahkah SohIB bertanya-tanya, darimana seseorang mendapatkan penghasilannya saat berprofesi sebagai penulis blog, website, maupun YouTube? Google AdSense merupakan salah satu produk dari Google yang untuk penggunanya yang ingin mendapatkan hasil tambahan. Bisa dibilang, layanan ini dapat dijadikan sebagai pemasukan aktif maupun pasif, tergantung dari bagaimana cara kita menggunakannya.

Baca juga: Mengenal Stunting, Masih Membayangi Kita Hingga Kini

Cara Kerjanya Bagaimana?

Google AdSense memberikan kesempatan bagi para pembuat konten online untuk mendapatkan uang dari pengiklan. Iklan tersebut telah dibuat dan dibayar oleh mereka yang ingin mempromosikan produknya dengan harga yang beragam, sehingga pemasukan yang kita peroleh bisa berbeda-beda. Tentu saja, iklan-iklan ini telah dicocokkan oleh Google AdSense berdasarkan konten dan pengunjung yang cocok.

Berikut adalah 3 cara kerjanya:

  1. Kita menyediakan ruang publisitas dengan menempelkan kode iklan pada situs dan mengatur tata letaknya dalam tampilan.
  2. Pengiklan akan melalukan pelelangan agar iklannya dapat ditampilkan pada situs kita. Siapa yang membayar tertinggilah yang akan memenangkan bid ini.
  3. Pihak Google AdSense akan mengatur proses penagihan dan pembayaran dari pengiklan kepada kita.

Sedangkan, untuk penyedia ruang iklan tidak perlu mengeluarkan uang ya, SohIB, karena layanan ini gratis. Justru, Google-lah yang akan membayar kita dari segi banyaknya klik, penayangan, dan interaksi iklan di situs kita.

Iklan yang ditampilan dapat berupa teks, gambar, maupun video. Ia memanfaatkan memori singgahan milik browser pengguna, sehingga promosi dapat menyesuaikan minat dan kebutuhan kita. Inilah mengapa ketika kita sedang melakukan pencarian tertentu, misalnya pelatihan online, maka tidak lama kemudian muncul iklan yang relevan dengan hal tersebut.

Akan tetapi, Google memiliki kebijakan larangan untuk pemilik situs yang sengaja memperbanyak klik iklannya sendiri. SohIB juga dapat mengontrol dan memberikan izin kepada iklan apa saja yang akan tayang di ruang kamu. Menarik sekali, bukan?

Perbedaan Google AdSense dengan yang Lain

https://unsplash.com/photos/pgTUIohxAs8 Photo by Julian Hochgesang on Unsplash
Perbedaan Google Adsense dengan penyedia layanan iklan lainnya | Sumber: Unsplash (Julian Hochgesang)

Bedanya AdSense dengan iklan lainnya terletak pada platform yang menaunginya. Google-lah yang akan membayar kita atas promosi yang tampil pada situs kita berdasarkan pada banyaknya klik pengguna iklan dan jenisnya.

AdSense akan memberikan akses cepat dan otomatis kepada para sumber permintaan pengiklan, sehingga persaingan untuk mendapatkan ruang iklan dan relevansi pada konten semakin banyak.

Baca juga: Prinsip Kaizen, Biar Kita Makin Produktif

Bahasa yang Tersedia pada Google AdSense

Sejak peluncurannya, layanan ini hanya ada di bahasa Inggris dan beberapa negara saja. Per-Februari 2012, Google AdSense telah tersedia di bahasa Indonesia. Berikut ini adalah detailnya:

  • Arab, Bengali, Bulgaria, Catalan, China (disederhanakan), China(tradisional), Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Inggris, Estonia, Filipina, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Gujarati, dan Ibrani.
  • Hindi, Hungaria, Indonesia, Italia, Jepang, Kanada, Korea, Latvia, Lituania, Melayu, Malayalam, Marathi, Norwegia, Polandia, Portugis, Punjabi, Rumania, Rusia, Serbia, Slovakia, Slovenia, Spanyol (Eropa), Spanyol (Amerika Latin), dan Swedia.
  • Tamil, Telugu, Thai, Turki, Ukraina, Urdu, dan Vietnam.

Google Ads memiliki banyak fungsi dan keuntungan bagi penggunanya. Cara menerapkannya pun tidak terlalu sulit untuk pemula. Bagaimana menurut kamu?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)