Danau Toba Jadi Ikon Google Hari Ini, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia!

Danau Toba Jadi Ikon Google Hari Ini, Danau Vulkanik Terbesar di Dunia!

Danau Toba menjadi Google Doodle hari ini | Sumber: dokumentasi istimewa

Kalau SohIB membuka Google hari ini (31/8), kamu pasti akan menemukan ilustrasi sebuah pemandangan alam yang cantik sebagai Google Doodle . Yup, itulah Danau Toba, yang dirayakan oleh Google, sebab di hari yang sama tahun 2020 lalu, ia ditetapkan sebagai Geopark Global UNESCO.

Sejarah Terbentuknya Danau Toba

Danau Toba terletak di Pulau Sumatra, tepatnya di Simalungun, Sumatra Utara. Danau tersebut terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Toba yang maha dahsyat lebih dari 74.000 tahun lalu. Btw, gunung tersebut termasuk gunung supervulkanik purba.

Danau Toba terbentuk setelah terjadi tiga letusan. Di mana letusan pertama membentuk kaldera di bagian selatan dan letusan kedua menjadi kaldera di bagian utara. Adapun ledakan pembentuk Danau Toba adalah yang paling dahsyat.

Nggak heran, danau tersebut juga menjadi danau terdalam sekaligus terbesar di dunia. Ia mempunyai kedalaman hingga 505 meter dan tinggi 904 mdpl. Adapun panjangnya adalah 87 km dengan lebar 27 km.

Oiya, di tengah danau, ada Pulau Samosir yang kini menjadi salah satu obyek wisata populer nih, SohIB! Ada yang pernah berkunjung ke sana?

Danau Toba kini menjadi salah satu Geopark yang diakui UNESCO
Danau Toba kini menjadi salah satu Geopark yang diakui UNESCO | Sumber: Indonesia Baik
10 Geopark Indonesia yang Sudah Diakui Dunia, Keren Banget!

Efek Meletusnya Gunung Toba yang Mematikan

Diinformasikan dari National Geographic Indonesia, letusan gunung raksasa ini  adalah letusan gunung berapi terbesar dalam dua juta tahun terakhir. Letusan gunung berapi modern bahkan nggak ada artinya dibandingkan dengan letusan Toba yang menyebarkan abu sejauh 9.000 km hingga selatan Afrika. Total volume endapannya yang meletus dapat melebihi 5.000 kilometer kubik. Wow!

Nggak cuma itu, diketahui efeknya bagi makhluk hidup begitu masif, sebab nyaris memusnahkan sebagian besar tanaman, hewan, bahkan manusia purba yang ada kala itu. Perubahan iklim juga sangat terganggu.

Sejumlah surat kabar memberitakan bahwa karena jutaan ton asam belerang yang dimuntahkan, dunia dipenuhi asap beracun mematikan dan menjadi gelap total. Bayangkan betapa ngerinya!

Danau Toba sebagai Wisata yang Menarik

Keunikan Danau Toba yang pemandangannya memukau
Keunikan Danau Toba yang pemandangannya memukau | Sumber: Indonesia Baik

Danau Toba dihuni oleh masyarakat beradat Batak Toba. Jika SohIB mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke sana, di beberapa desa tradisional mreka, terdapat pasar lokal dan rumah-rumah unik yang eksotis.

Ada dua museum yang bisa kamu datangi untuk yang ingin memahami lebih dalam seputar sejarah dan budaya Suku Batak, namanya adalah Museum Huta Bolon dan Museum Tomok.

Dari laman Indonesia Travel milik Kemenparekraf, Museum Huta Bolon menyimpan ukiran-ukiran dan ornamen khas Batak bernama gorga yang menjadi bagian dari bangunan museum. Sedangkan di Museum Tomok, kamu bisa melihat rumah adat Batak Toba yang usianya sudah ratusan tahun, tetapi masih terjaga dengan rapi dan kokoh.

SohIB pernah mendengar tentang Sigale-gale? Ini adalah boneka kayu yang ukurannya besar seperti manusia dan menyimpan kepercayaan dari masyarakat lokal. Biasa dimanfaatkan untuk upacara kematian, Sigale-gale disebut-sebut sebagai medium pengantar roh bagi mereka yang sudah meninggal ke alam baka. Nah, kamu dapat menemukan boneka tersebut jika berlibur di Samosir. 

Kamu juga bisa menyaksikan tarian tradisionalnya yang bernama Tor-Tor dan membeli cinderamata dengan ukiran kayu yang asli serta kain ulos. Bagi yang menyukai minuman kopi, jangan lupa untuk mencicipi kopi khas sana, yakni sidikalang, sipirok, mandailing, tarutung, dan lintong, ya?

Kopi-kopi khas Toba mempunyai berbagai ciri khas tertentu, misalnya lebih kental dari kopi biasanya, tekstur yang lebih lembut, hingga yang tingkat keasamannya rendah bagi penderita asam lambung. Silakan mencoba!

5 Tips Memilih Biji Kopi Terbaik yang Harus Kamu Ketahui!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, Indonesia Baik juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)