Sajian Menu Gala Dinner KTT Ke-43, Ada Nusantara dalam Satu Piring

Sajian Menu Gala Dinner KTT Ke-43, Ada Nusantara dalam Satu Piring

Suasana jamuan santap malam para pemimpin dan Kepala Negara peserta KTT ke-43 ASEAN 2023 | Sumber: press release ASEAN

Ada yang menarik perhatian selama sajian makan malam KTT ke-43 di Hutan Kota Gelora Bung Karno (6/9). Apalagi kalau bukan menu makanan yang dihidangkan kepada para tamu undangan?

Diwartakan dari rilis pers, Arnold Poernomo, juru masak terkenal, terpilih menjadi pemimpin tim penentu menu hidangan.

Arnold menjelaskan, menu bagi para kepala negara ASEAN dan tamu itu bertema Nusantara The Forest, yang mana meramu berbagai jenis masakan dari sejumlah daerah di Indonesia. Begini detailnya!

Dari Tari Geol Manis Sampai Jajanan Lokal, KTT Ke-43 ASEAN Penuh Ragam Budaya Indonesia

Ragam Masakan Khas Nusantara dalam Sepiring Kelezatan

Dalam daftar menu, disebutkan berbagai menu yang dibagi menjadi menu pembuka, utama, dan hidangan pencuci mulut:

Tamu VVIP yang merupakan kepala negara dan pemimpin organisasi internasional:

  • Appetizer: Kepiting Andaliman dari Sumatra Utara. Komposisinya terdiri dari mud crab salad (salad kepiting), buah semangka, andaliman pepper aioli (saus aioli andaliman), pumpkin seeds (kuaci), dan baby spinach (bayam).  
  • Main course: berupa daging kecap dari Jawa. Terdiri dari soy glazed Lampung wagyu cheek (daging pipi sapi masak kecap Lampung), kenikir chimichurri (saus kenikir), kentang, dan kubis brussel.  
  • Dessert: disajikan Nusantara Urban Forest (IKN) terdiri dari coklat, spiced banana (pisang berbumbu), jasmine apple (apel melati), dan matcha moss (saus teh hijau). 
Myanmar Batal, Filipina Maju Jadi Ketua ASEAN 2026

Menu sajian untuk tamu VIP:

  • Appetizer: disajikan ASEAN Assiette (“piring” ASEAN), yakni chicken mushroom terrine (ayam jamur dimasak terrine-seperti kornet), bebek betutu tart (tar bebek betutu), beef curry puff (karipap sapi), dan seafood roulade (makanan laut yang digulung). 
  • Main course: nasi campur Nusantara dari Sumatra Barat dan rawon dari Jawa Timur. Sajiannya terdiri dari nasi kemangi, braised beef short rib (iga sapi) dengan kuah rawon, acar timun, sosis ayam, dan sambal ayam pop. 
  • Dessert: disajikan Nusantara Urban Forest (IKN) terdiri dari coklat, spiced banana (pisang berbumbu), jasmine apple (apel melati), dan matcha moss (saus teh hijau). 

Oiya SohIB, tim chef Arnold juga menyiapkan menu gala dinner untuk undangan yang vegetarian. Tentunya, juga nggak kalah menggiurkan!

Menu vegetarian VVIP:

  • Appetizer: salad semangka dari Sumatra Utara dengan komposisi dari keju ricotta, kuaci, saus mustard, dan daun kale.
  • Main course: vichyssoise (sup) dari Jawa terdiri dari kentang, kubis brussel, raisin (kismis), cauliflower (bunga kol). 
  • Menu penutupnya sama seperti yang nonvegetarian.

Menu vegetarian VIP:

  • Appetizer: rujak buah Jawa yang isinya adalah compressed mango (manisan mangga), pickled young papaya (acar pepaya muda), pomelo (jeruk bali), pomegranate (delima), lime gel (agar-agar lemon), tapioca crackers (opak).  
  • Main course: disiapkan nasi campur nusantara dan rawon, seperti pada menu VIP nonvegetarian.
  • Menu penutupnya sama seperti yang nonvegetarian.

Menu Pescetarian di Gala Dinner KTT Ke-43

Pernahkah SohIB mendengar istilah pescetarian? Kata ini merujuk pada orang-orang yang tidak mengonsumsi daging, tetapi masih menyantap makanan laut. Nah, dalam acara yang berlangsung di Hutan Kota GBK ini, disiapkan pula menu bagi pescetarian, yakni nasi campur  nusantara dan coconut curry (kari santan) yang merupakan masakan Sumatra Barat dan Jawa.

Masakannya terdiri dari nasi kemangi, gulai seabass, acar timun, jamur saus kelapa, sambal pop, opak, dan  minyak daun kari.

Gimana menurutmu, SohIB? Sangat menggoyang lidah nggak, sih?

ASEAN Siap Wujudkan Kawasan Ramah Perempuan dan Anak

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)