Sekjen PBB Puji Semboyan Bhineka Tunggal Ika, "Bukan Hanya untuk Indonesia tapi Juga Dunia"

Sekjen PBB Puji Semboyan Bhineka Tunggal Ika, "Bukan Hanya untuk Indonesia tapi Juga Dunia"

Sekjen PBB, Antonio Gutteres | Media Center KTT ASEAN 2023/Harviyan Perdana Putra/foc.

Setiap warga Indonesia pasti mengerti semboyan bangsa kita, yakni Bhineka Tunggal Ika, bukan? Yup, sederet kata yang berasal dari bahasa Jawa Kuno ini memiliki arti “Berbeda-beda, tetapi tetap satu.” Kalimat tersebut mendeskripsikan bagaimana keadaan masyarakat kita yang berdiri di atas keragaman budaya, tetapi tetap menjadi satu persatuan.  

Nah, pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN kemarin, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, memuji semboyan Bhineka Tunggal Ika. Diakuinya bahwa itu bahkan bisa menjadi pemersatu dan penjaga keberagaman di Kawasan Asia Tenggara bahkan dunia.

Mengenal Mitra Wicara ASEAN, Tamu dari Luar Asia Tenggara yang Hadir dalam KTT ASEAN 2023

"Bhinneka Tunggal Ika adalah kesatuan dalam keberagaman. Ini bukan hanya moto nasional Indonesia. Ini adalah kunci untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi kita semua," sebut Guterres ketika dirinya memberikan keterangan di hadapan media asing dan nasional di Media Center Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Tak hanya itu, ia juga mengakui bagaimana peran konstruktif ASEAN di bawah kepemimpinan Indonesia di 2023 dalam menciptakan perdamaian. Terutama dalam upaya meredakan ketegangan di Laut Cina Selatan hingga Semenanjung Korea dengan mengedepankan dialog dan mendorong penghormatan terhadap hukum internasional.

Indonesia Upayakan Perdamaian di Konflik Myanmar

Di kesempatan yang sama, Sekjen PBB menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap negara kita yang berupaya untuk menuntaskan konflik yang sedang ada di Myanmar, tentunya dengan melibatkan semua pihak yang turut berhubungan.

Gutteres menyampaikan keprihatinannya dan mendesak semua negara agar  mencari strategi terpadu untuk mengatasi krisis di Myanmar. Ia menggarisbawahi nilai-nilai kemanusiaan yang harus menjadi hal utama untuk diperhatikan.

“Kami mendukung langkah ASEAN dalam mencari solusi untuk mengatasi situasi politik di Myanmar. Ini waktunya bagi dunia internasional untuk memberikan bantuan terhadap para pengungsi Rohingya di Bangladesh,” ujarnya lagi.

ASEAN-Indo-Pacific Forum Jadi Mitra Kerja Sama yang Saling Menguntungkan

Isi Lima Poin Konsensus untuk Mengatasi Krisis Myanmar

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, pernah mengatakan terus mendorong upaya turut mengatasi krisis Myanmar. Terutama dalam mengimplementasikan pendekatan Lima Poin Konsensus (5PC), yang mana dalam praktiknya dibutuhkan pendekatan (engagement) dari semua pihak yakni para Menlu ASEAN.

Lima Poin Konsensus itu berisi menyerukan penghentian segera kekerasan, dialog di antara pihak-pihak terkait, mediasi oleh utusan khusus ASEAN, pemberian bantuan kemanusiaan, dan kunjungan ke Myanmar oleh utusan khusus untuk bertemu semua pihak terkait.

Semua Pemimpin Negara ASEAN Apresiasi Usaha Indonesia untuk Meredakan Konflik Myanmar

Saat rangkaian sesi retreat dalam KTT ke-43 ASEAN di JCC, Selasa (5/9/2023), semua pemimpin negara ASEAN mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Indonesia. Sebagai informasi ya SohIB, dalam 9 bulan terakhir Indonesia telah melakukan 145 pendekatan.

Adapun komitmen ASEAN untuk terus membantu rakyat Myanmar dengan menyepakati pembentukan troika antara current Chair, previous Chair, and next Chair. Keterwakilan nonpolitis Myanmar dipertahankan.

Guterres menambahkan bahwa perlu peran ASEAN sebagai lembaga multilateral yang dapat menjembatani perbedaan dan membangun kesepahaman.

"Kita membutuhkan hal ini lebih dari sebelumnya di dunia yang semakin terbelah dan memutihkan lembaga multilateral yang kuat untuk mengikutinya, berdasarkan kesetaraan, solidaritas, dan universalitas," kata Guterres.

ASEAN Siap Wujudkan Kawasan Ramah Perempuan dan Anak

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)