Griselda Sastrawinata, Animator Top Disney dari Indonesia!

Griselda Sastrawinata, Animator Top Disney dari Indonesia!

Griselda, animator Indonesia pertama yang bekerja di Disney | Sumber: YouTube

SohIB sudah tahu belum bila salah satu desainer animasi kita yang satu ini sudah go international, lo! Tak sekadar itu saja, bahkan beliau sudah bergabung dengan perusahaan ternama Walt Disney sejak tahun 2014. Karyanya ada banyak, bahkan sudah sangat akrab di telinga kita. Sebut saja Moana, Raya and the Last Dragon, Frozen II, dan Wreck It Ralph 2. Wah, siapa, ya? Yuk, kita berkenalan dengan Griselda Sastrawinata!

Memulai Karier di DreamWorks Animation

Lahir pada tahun 1982, Griselda adalah alumni dari Art Center College of Design, Pasadena, Amerika Serikat. Selepas lulus dari universitas bergengsi tersebut, ia sebetulnya sudah berusaha melamar di kantor Disney. Namun, wanita yang tinggal di Jakarta ini tidak seketika diterima.

Uniknya, saat Griselda sedang dalam proyek lainnya, justru perusahaan yang memproduksi banyak film animasi itu memanggilnya kembali untuk melanjutkan tahap rekrutmen. Sayangnya, perempuan berambut panjang tersebut tidak dapat memenuhi panggilan tersebut lantaran pekerjaan yang sedang dihadapinya.

Baca juga: Temukan Versi Terbaik Dirimu dengan 3 Langkah Ini!

Baru setelah tahun 2014, ia resmi bergabung di Walt Disney. Tak tanggung-tanggung, Griselda harus menunggu hingga 10 tahun untuk mendapatkan kesempatan ini, SohIB!

Tahu nggak sih, sebelumnya Griselda memulai kariernya pertama kali di DreamWorks Animation, lo! Itu tuh, studio animasi yang memiliki logo anak laki-laki memancing di bulan. Selama berada di sana, Griselda juga turut berkontribusi dalam pembuatan film-film animasi besar lainnya. Ia memiliki posisi sebagai Visual Development Artist & Character Designer.

Mau tahu apa saja karya-karyanya? Sebut saja Puss in Boots, Shrek Forever After, How to Train Your Dragons 2, Penguins of Madagascar, dan masih banyak lagi. Canggih banget nggak sih?

Ingin Bekerja Selamanya di Disney

Disney adalah kantor impian Griselda sejak kecil, bahkan ia masih tidak percaya meski telah bekerja di sana saat ini. Menurutnya, merupakan suatu kebanggaan dapat menjadi bagian dari studio animasi itu.

Bahkan, dirinya berharap dapat terus berkontribusi di Walt Disney hingga tua nanti. Apalagi, dia melihat sendiri ada seorang pekerja di perusahaan tersebut yang sudah mencapai usia 80-an tahun. Ohiya btw, suami Griselda, Normand Lemay, merupakan Head of Story Frozen 2, guys! 

Baca juga: Cara Mengolah Makanan Yang Sehat, Sudah Tahu?

Cerita Menarik Bekerja di Disney

Saat mengerjakan film Frozen II, Griselda bertindak sebagai pembuat kostum desain karakter Anna. Sedangkan pada Moana, ia memiliki kontribusi besar atas aksen kain tapa dari Polinesia. Lain halnya saat bergabung pada projek Raya and the Last Dragon. Kala itu, sutradara animasi tersebut, Don Hall, berencana menggunakan wayang sebagai latar belakang film ini.

Griselda-lah orang pertama yang Hall hubungi karena penggambarannya yang pas untuk tayangan tersebut, dan tentu saja, karena wanita dengan senyum lebar itu menyukai wayang.

Bila ditanya apa saja kriteria bagi mereka yang tertarik bekerja di Disney, Griselda menjawab bahwa tidak ada ciri khusus selain portofolio yang mumpuni. So, gimana nih, SohIB? Siap menjadi orang kedua Indonesia yang mengibarkan bendera di Walt Disney?

Dari cerita Griselda, kita jadi sama-sama belajar, bahwa perjuangan seseorang untuk mencapai impiannya tidak semua mudah dan secara instan didapatkan. Perlu pengorbanan, harapan yang tetap tinggi, dan ketekunan untuk terus melaju berkembang, bukankah begitu?

Baca juga: 4 Teori Stephen Hawking yang Terkenal, Ada yang Terbukti Benar!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)