12 Kegiatan saat Hujan yang Produktif, Jangan Tidur Terus!

12 Kegiatan saat Hujan yang Produktif, Jangan Tidur Terus!

Kegiatan saat hujan yang produktif | Sumber: Pexels (Yaroslava Borz)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Akhir-akhir ini, hujan turun tiada hentinya. Dalam satu hari saja, langit bisa terus mendung dan hujan, mulai dari pagi hingga keesokan harinya. Situasi ini tidaklah mengherankan, sebab Indonesia sudah mulai memasuki puncak musim hujan yang kali ini akan terjadi sepanjang Desember 2022 sampai Januari 2023.

Cuaca yang dingin akibat hujan biasanya membuat badan jadi mager. Bawaannya pengen terus di tempat tidur sambil meringkuk dalam selimut yang hangat. Nggak ada yang salah, sihmales-malesantapi akan lebih baik kamu melakukan hal lain yang menyenangkan dan bermanfaat.

Nah, daripada bosan di tempat tidur terus, mending SohIB coba lakukan 12 kegiatan saat hujan berikut ini. Dijamin bakal membantumu tetap produktif!

1. Olahraga

Kegiatan saat Hujan Olahraga
Lawan rasa mager-mu dengan berolahraga! | Sumber: Freepik (prostooleh)

Daripada rebahan di kasur, kegiatan saat hujan pertama yang bisa SohIB lakukan adalah berolahraga. Nggak harus keluar rumah, karena ada banyak jenis latihan fisik yang bisa kamu lakukan, bahkan di kamar sekalipun.

Beberapa contoh olahraga indoor yang bisa dicoba adalah push upplanksit upsquat, hingga yoga. Kalau bingung dengan hitungan atau jumlah set yang harus dilakukan, kamu bisa membuka video YouTube tentang olahraga rumahan sebagai tuntunanmu.

Dengan berolahraga, tubuh menjadi lebih aktif, kalori terbakar, dan risiko penyakit berbahaya pun langsung out. Kalau bisa, jadikan aktivitas ini sebagai kebiasaan harian, ya!

2. Membaca Buku atau Novel

Membaca Buku atau Novel
Membaca buku mampu menambah wawasan dan memperluas pandanganmu. | Sumber: Pexels (Alexavier Rylee Cimafranca)

SohIB punya waktu luang di saat hujan? Mending baca buku aja! Kamu bisa melakukannya di atas tempat tidur sambil membalutkan kaki dengan selimut hangat ditemani susu cokelat panas.

Buku yang hendak dibaca tentunya dapat disesuaikan dengan kesenanganmu. Pilih buku motivasi jika ingin lebih semangat dalam menjalani hidup, tetapi novel juga tidak salah semisal kamu sedang ingin terbuai dalam rangkaian cerita fiksi.

Di samping itu, SohIB juga bisa memilih bacaan lain, misalnya artikel di media online. Kalau kamu bingung mencari tempat untuk membaca artikel secara online, sohib.indonesiabaik.id bisa menjadi pilihan, nih.

Di situs tersebut, kamu dapat menjumpai berbagai macam artikel menarik yang pastinya informatif. Selain itu, topiknya pun beragam, mulai dari inspiratif sampai yang membahas tren terkini. Mantul banget, 'kan?

Baca Juga: 8 Hujan Meteor Sepanjang Desember 2022, Jangan Sampai Kelewatan!

3. Mencari Hobi Baru

Mencari Hobi Baru
Mencari hobi baru dapat dilakukan di saat senggang ketika hujan. | Sumber: Pexels (Caroline Feelgood)

Menemukan kegemaran baru bisa menjadi pilihan kegiatan saat hujan yang bisa dilakukan. Caranya adalah dengan melihat ketertarikanmu terhadap hal baru tersebut. Apabila SohIB tertarik dengan dunia handcrafting, mungkin kamu bisa mencoba membuat kerajinan tangan kekinian.

Ada banyak contoh kerajinan tangan kekinian yang bisa dibuat, misalnya aksesoris manik-manik, mosaik kaca patri, hingga dan amigurumi (boneka rajut ala Jepang). Selain cantik dan tidak sulit untuk dikerjakan, prakarya tersebut juga bisa mendatangkan cuanlo!

4. Menulis Tulisan Inspiratif maupun Informatif

Kegiatan saat Hujan Menulis Tulisan Inspiratif maupun Informatif
Selain menginspirasi, menulis artikel juga mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah. | Sumber: Unsplash (Glenn Carstens-Peters)

Selain membuat kerajinan, menulis juga bisa kamu jadikan sebagai hobi barumu, nih. Kegiatan yang satu ini nggak hanya memungkinkanmu untuk meluapkan isi hati, tapi juga bisa menjadi ladang untuk meraup rupiah.

Kalau kamu ada rencana untuk menulis, sohib.indonesiabaik.id siap menyediakan wadah untukmu, nih! Dengan menjadi kontributor SohIB, kamu dapat menciptakan karya sebanyak-banyaknya. Selain itu, kamu juga berkesempatan mendapat merchandise menarik hasil dari tulisan-tulisan terbaikmu.

Namun, sebaiknya jangan hanya jadikan cuan ataupun hadiah sebagai tujuan utamamu menulis, ya! Pertimbangkan juga bagaimana tulisan yang kamu buat mampu menginspirasi, menggerakkan hati orang lain, serta membawa perubahan dalam kehidupan.

5. Belajar Hal-Hal Baru

Belajar Hal-Hal Baru
Manfaatkan waktu dengan belajar hal-hal baru. | Sumber: Pexels (Maggie Zhan)

Kegiatan saat hujan berikutnya adalah belajar. Perlu diingat bahwa learning is a lifelong journey ('Belajar adalah perjalanan seumur hidup'). Sekalipun sudah selesai kuliah, kamu pastinya masih akan terus mempelajari sesuatu ke depannya.

Lantas, hal apa yang bisa dipelajari? Semisal SohIB seorang penulis, mungkin kamu bisa menyambangi dunia SEO (Search Engine Optimization). Dengan kemampuan tersebut, kamu nantinya mampu menciptakan sebuah tulisan yang ramah SEO sehingga dapat menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google.

Bukan hanya soal skill dalam dunia kerja, SohIB juga bisa mempelajari hal-hal lain, seperti cara berkomunikasi yang baik ataupun pengetahuan-pengetahuan umum yang selama ini belum kamu ketahui. Intinya, sesuaikan dengan kebutuhan dan terus belajar untuk menjadi versi terbaik dirimu.

Baca Juga: Prinsip Kaizen, Biar Kita Makin Produktif

6. Memasak

Kegiatan saat Hujan Memasak
Kegiatan saat hujan yang bisa dilakukan adalah dengan belajar memasak resep baru. | Sumber: Freepik (senivpetro)

Di samping bikin mager, cuaca dingin juga sering buat perut terasa lapar. Maka dari itu, yuk, bangkit dari tempat tidur dan langsung cuss ke dapur untuk memasak makanan yang hangat-hangat.

Karena lagi hujan, paling pas untuk memasak semangkuk mi kuah. Kalau lagi nggak lapar, membuat bandrek juga bisa menjadi pilihan. Sekali seruput, tubuh pun langsung hangat.

Selain untuk mengisi perut yang keroncongan, SohIB juga bisa sekaligus belajar memasak, nih. Jelajahi resep-resep baru yang sekiranya bisa mengasah kemampuan memasakmu.

7. Membersihkan Rumah

Kegiatan saat Hujan Membersihkan Rumah
Membersihkan rumah juga dapat membakar kalori, lo! | Sumber: Freepik (prostooleh)

Masih belum tahu mau ngapain? Coba lihat sekelilingmu, deh. Apakah rumahmu berdebu dan berantakan? Kalau iya, sudah saatnya kamu membersihkan rumah.

SohIB bisa memulai aktivitas ini dengan membereskan barang-barang yang ada terlebih dahulu. Bersihkan meja, kaca, dan bingkai foto yang berdebu dengan kemoceng ataupun lap. Kemudian, sapu seisi ruangan, lalu pel hingga lantainya mengkilap.

Kegiatan saat hujan yang satu ini bukan hanya membuat rumahmu lebih bersih, tapi juga bisa membakar kalori, lo! Dengan bersih-bersih, tubuhmu bergerak dan lemak pun ikut terbakar. Sekali mendayung, dua-tiga pulau terlampaui!

8. Menata Ulang Ruangan

Menata Ulang Ruangan
Tata ulang ruanganmu supaya kelihatan lebih cantik. | Sumber: Pexels (Blue Bird)

Mumpung lagi bersih-bersih, SohIB juga bisa sekalian menata ulang ruangan, lo! Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur posisi perabotan yang ada di ruangan.

Sebagai contoh, SohIB bisa menata ulang posisi tempat tidur di kamarmu. Kamu juga dapat mengganti seprai ataupun sarung bantal dengan varian yang lebih baru. Kalau kamu punya waktu lebih banyak, tambahkan dekorasi yang dapat mempercantik kamar.

9. Menyusun Planning di Masa Depan

Menyusun Planning di Masa Depan
Menyusun planning mempermudahkanmu dalam mengambil langkah untuk meraih impian yang hendak dicapai. | Sumber: Pexels (Vlada Karpovich)

Waktu kosong di saat hujan juga dapat SohIB manfaatkan untuk menyusun planning alias rencanamu di masa depan. Hal-hal yang termasuk ke dalam perencanaan tersebut bisa untuk masalah karier, kesehatan, maupun hubungan.

Perlu SohIB ketahui, menyusun planning merupakan langkah awal bagimu untuk bisa meraih hal yang ingin kamu capai. Karena sudah terarah, upaya untuk mencapainya tentu akan lebih mudah. Oleh karena itu, susun rencana hidupmu secara matang.

10. Menghitung Pengeluaran Bulanan

Kegiatan saat Hujan Menghitung Pengeluaran Bulanan
Hitung pengeluaran bulanan supaya dompetmu nggak jadi korban. | Sumber: Pexels (Karolina Grabowska)

Selain menyusun planning, SohIB juga bisa mencoba untuk menghitung pengeluaran bulanan. Hal ini penting dilakukan untuk melihat apakah kamu sudah hemat atau malah boros dalam menggunakan uang.

Apabila setelah dikalkulasi ternyata lebih banyak pengeluaran, itu artinya kamu harus mulai berhemat. Cari tahu penyebab yang membuatmu mengeluarkan uang banyak. Bila itu disebabkan karena belanja online, kamu harus "puasa" dan jaga mata dulu, nih, supaya dompet nggak sampai bolong.

11. Bermain Game

Kegiatan saat Hujan Bermain Game
Bermain game menjauhkanmu dari perasaan bosan. | Sumber: Pexels (samer daboul)

Apakah SohIB pencinta game? Nah, bermain game bisa menjadi contoh kegiatan saat hujan yang dapat menjagamu untuk tetap produktif. Selain itu, aktivitas ini juga mampu menjauhkanmu dari kebosanan.

Game yang dapat dimainkan pastinya bisa apa saja. Kamu dapat memainkan game online dengan teman-temanmu, baik lewat komputer ataupun smartphone. Jika SohIB masih memiliki PlayStation 1 ataupun PlayStation 2, kamu bisa bernostalgia dengan memainkan permainan-permainan masa kecil favoritmu.

12. Menonton Film

Menonton Film
Paling nikmat kalau menonton film sambil ngemil. | Sumber: Freepik (freepik)

Last but not least adalah menonton film. Ini menjadi salah satu aktivitas dalam rumah andalan yang sering dilakukan saat ini, terlebih setelah adanya pandemi COVID-19. Keberadaan layanan penyedia film online, seperti Netflix, Viu, ataupun Disney+, memungkinkanmu untuk menonton ribuan judul film tanpa harus beranjak dari rumah.

Selain menyenangkan, kegiatan yang satu ini juga mampu menjadi ide quality time bersama anggota keluarga. Pastikan untuk menyiapkan camilan dan minuman supaya SohIB nggak kelaparan sewaktu menonton film, ya!

Baca Juga: 5 Tradisi Menyambut Musim Hujan di Indonesia, Ada yang Makan Serabi!

Gimana, sekarang SohIB sudah punya alternatif kegiatan saat hujan, kan? Kalau kamu punya teman yang kerjaannya tidur terus sewaktu hujan, share artikel ini supaya dia juga ikut produktif, ya!

Selain aktivitas-aktivitas tadi, kamu juga bisa tetap produktif dengan join komunitas SohIB. Komunitas ini merupakan persembahan dari Indonesia Baik bagi generasi muda.

Dengan bergabung, kamu akan mendapatkan informasi mengenai workshop hingga talk show yang berguna untuk skill dan kapasitas dirimu. So, tunggu apa lagi? Gabung sekarang!

Editor: Firdarainy Nuril Izzah