Ada Sensus Pertanian 2023, Yuk, Sukseskan Bersama!

Ada Sensus Pertanian 2023, Yuk, Sukseskan Bersama!

Contoh tampilan petugas Sensus Pertanian 2023 | Sumber: sensus.bps.go.id

Hello, SohIB! Badan Pusat Statistik (BPS) sedang melakukan Sensus Pertanian 2023 atau ST2023. Nah, kegiatan ini bertujuan untuk mendata pertanian di Indonesia dan sudah dimulai sejak 1 Juni 2023 hingga 31 Juli 2023 mendatang. Fyi nih ya, ST2023 ini adalah Sensus Pertanian yang ketujuh sejak pelaksanaannya oleh BPS di tahun 1963.

Adapun sensus ini akan dijalankan setiap sepuluh tahun sekali dengan tahun yang berakhiran angka ‘3’. Hal tersebut tercantum pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Gimana-gimana, kamu udah mulai kebayang belum?

Cek Penerima Bansos Pangan, Tinggal Klik Aja!

Apa sih, Sensus Pertanian 2023 Itu?

Pahami dulu urgensi Sensus Pertanian 2023
Pahami dulu urgensi Sensus Pertanian 2023 | Sumber: Indonesia Baik

Sensus Pertanian adalah penyediaan data struktur pertanian, terutama untuk unit-unit administrasi terkecil. Manfaatnya adalah penyediaan data yang bisa digunakan sebagai tolak ukur statistik pertanian terkini dan penyediaan kerangka sampel survei pertanian.

Indonesia Baik menuliskan, pelaksanaan ST2023 sudah dicanangkan oleh Joko Widodo, Presiden RI, di tanggal 15 Mei.

“Saya mendukung pelaksanaan ST2023 agar sensus ini betul-betul menghasilkan data yang akurat, terkini, dan terpercaya,” kata Jokowi seperti yang dikutip pada situs resmi Kominfo.

Pertanian adalah sektor strategis dan melibatkan kepentingan masyarakat. Jadi, perlu banget nih, adanya akurasi data ST2023 agar terciptanya akurasi kebijakan. Begitu kira-kira.

Kominfo mewartakan, BPS mendapatkan banyak dukungan dari berbagai pihak, mulai dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, universitas, media massa, dan lainnya.

Kemudian, standar  yang akan digunakan dalam sensus ini ada tujuh poin, yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan jasa pertanian.

Kebaya Diusulkan Menjadi Warisan Takbenda UNESCO, Keren Abis!

Petugas Sensus Pertanian Akan ke Rumahmu, lo!

Ciri-ciri petugas Sensus Pertanian 2023
Ciri-ciri petugas Sensus Pertanian 2023 | Sumber: Indonesia Baik

Dalam implementasinya, sebanyak 190 ribu petugas ST2023 akan dikerahkan untuk datang ke rumah warga yang terpilih menjadi peserta survei. Untuk itu, diimbau bagi seluruh masyarakat agar tidak perlu merasa khawatir dengan hal ini. Diharapkan, semua pihak bisa bekerja sama dalam rangka menyukseskan Sensus Pertanian 2023 dengan memberikan jawaban yang jujur.

Berikut adalah ciri-ciri petugas Sensus Pertanian 2023:

  1. Mengenakan atribut khusus dari ST2023, yakni rompi berwarna hijau dan berlogo Sensus Pertanian 2023 di bagian dada kanan, logo BPS di dada kiri, dan tulisan PETUGAS SENSUS di bagian punggung.
  2. Memakai topi warna hijau dengan logo ST2023.
  3. Membawa identitas seperti tanda pengenal, cap BPS, dan tanda Sensus Pertanian.
  4. Membawa surat tugas dari BPS Kabupaten atau Kota setempat.

Nantinya, petugas-petugas tersebut akan berkoordinasi dengan perangkat lingkungan setempat, seperti RT dan atau RW sebelum melakukan pendataan ke rumah yang terpilih.

Data Apa yang Dihasilkan dari Sensus Pertanian 2023?

Berdasarkan informasi dari web resmi Badan Pusat Statistik, inilah data yang akan dihasilkan dari program sensus per 10 tahun tersebut:

    1. Data Pokok Pertanian Nasional: Melengkapi data yang dapat menjawab isu strategis terkini di Sektor Pertanian.
    2. Petani Gurem: Petani yang memiliki atau menyewa lahan pertanian kurang dari 0,5 ha.
    3. Indikator SDGs Pertanian: Terpenuhinya data pertanian untuk agenda global, misalnya Indikator SDGs di Sektor Pertanian.
    4. Small Scale Food Producer: Petani skala kecil sesuai standar FAO.
    5. Data Geospasial: Tersedianya data Statistik Pertanian baik dalam bentuk tabular (publikasi dua Bahasa) maupun geospasial.

Berbagai Inovasi yang dikembangkan ST2023

Kominfo menuliskan bahwa ST2023 telah melakukan berbagai inovasi, di mana salah satunya adalah dalam metode pendataan. Dalam hal itu, ST2023 memakai multimode pendataan, di mana ada metode Paper Assisted Personal Interviewing (PAPI), Computed Assisted Personal Interviewing (CAPI), dan Computer Assisted Web Interviewing (CAWI).

ST2023 dirancang untuk memperoleh hasil berstandar internasional menggunakan panduan dari FAO. Harapannya, ST2023 bisa menghasilkan akurasi data yang lebih baik dari sensus sebelumnya.

Adapun sisi yang berbeda dari sebelumnya, ST2023 mampu menangkap isu strategis pertanian nasional, seperti urban farming, petani millennial, modernisasi pertanian, dan juga pendapatan petani sebagai proxy kesejahteraan petani.

Gagal Daftar Kartu Prakerja? Coba Check Ini Dulu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)