Cek Penerima Bansos Pangan, Tinggal Klik Aja!

Cek Penerima Bansos Pangan, Tinggal Klik Aja!

Dua orang wanita Indonesia sedang tersenyum | Sumber: Unsplash (Tyler Morgan)

Bagi masyarakat yang tidak mampu dan telah terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM), pada periode MaretーMei berturut-turut, pemerintah telah memberikan penambahan anggaran bantuan sosial pangan sebanyak Rp8,2 triliun berupa beras, telur, dan ayam, Adapun jumlah penerima keluarga yang menerima manfaat tersebut hingga jutaan kepala keluarga, lo. Untuk SohIB yang ingin mengetahui informasi lebih lanjutnya, cek di sini, ya!

Siapa yang Berhak Mendapatkan Bansos Pangan?

Cek cara mengetahui penerima bansos Kemensos
Cek cara mengetahui penerima bansos Kemensos | Sumber: Indonesia Baik

Kriteria golongan keluarga yang bisa menerima bansos pangan ini ada beberapa, sehingga tidak semua orang bisa mendapatkan manfaatnya ini ya, SohIB! Data di bawah ini diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Lantas, siapa saja?

  1. Mereka yang telah terdaftar di Program Keluarga Harapan (PKH).
  2. Penerima bantuan pangan nontunai BPNT.
  3. KPM penerima PKH plus BPNT.
  4. KPM balita atau anak yang berisiko stunting, datanya bersumber dari BKKBN.

Besaran Bansos Pangan

  • Beras sebanyak 10 kg untuk 21,3 juta keluarga selama 3 bulan, yakni Maret, April, dan Mei.
  • Daging ayam 1 kg untuk 1,4 juta keluarga, mulai bulan April.
  • Telur ayam 1 pak untuk 1,4 juta keluarga, mulai bulan April.
8 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan dalam Uang Kertas, Siapa Saja?

Cara Mengecek Penerima Bansos

Untuk mengetahui apakah terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak, SohIB dapat mengeceknya melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id. Langkahnya sangatlah mudah, selama kamu memiliki smartphone atau laptop yang telah terhubung dengan internet.

  1. Bukalah situs cekbansos.kemensos.go.id;
  2. Isi data diri yang diminta, yakni provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa, dan nama penerima manfaat sesuai dengan KTP;
  3. Pastikan kembali bahwa informasi yang diisi sudah sesuai dan benar;
  4. Masukkan kode huruf yang tertera di layar;
  5. Klik “CARI DATA”;
  6. Sistem akan mendeteksi apakah nama dan data yang dimasukkan apakah terdaftar sebagai penerima bantuan sosial.

Bantuan Sosial Pemerintah yang Cair April 2023

Mau Negosiasi Gaji? Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukannya!

Untuk bulan April ini, setidaknya ada 5 bantuan sosial pemerintah yang akan cair. Pemberian manfaat tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama bagi mereka yang sedang kesulitan, tidak mampu memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak, dan tidak memiliki mata pencaharian. Dilansir dari Digital Desa, berikut adalah bansos yang akan turun di bulan ini:

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) akan dibagikan melalui program Kemensos untuk 10 juta keluarga Penerima manfaat (KPM). Adapun bantuan yang diberikan berupa uang tunai dengan nominal yang telah disesuaikan dengan hak penerima, yakni Rp200 ribu hingga Rp3 juta.

Program Kartu Sembako (PKS)

Sebanyak 18,8 juta Keluarga Penerima manfaat akan mendapatkan Program Kartu Sembako yang senilai Rp200.000. Angka tersebut akan diberikan dalam bentuk sembako pokok, yaitu beras, minyak goreng, gula, dan telur.

PIP Kemendikbud Ristek

Kementerian Pendidikan memiliki program bansos juga yang bernama PIP Kemendikbud Ristek. Di sini, 17,9 juta siswa dari seluruh wilayah di Indonesia akan diberikan sejumlah dana yang digunakan untuk mengurangi beban biaya pendidikan bagi anak dari keluarga kurang mampu. Sebagai pembantu peningkatan akses pendidikan yang merata dan penunjang proses pembelajaran, program yang satu ini berlaku untuk anak tingkat SD, SMP, dan SMA.

PIP Kementerian Agama

Di bawah ‘payung’ Kementerian Agama, PIP Kementerian Agama menyasar pada peserta didik yang bernaung di bawah institusi pemerintahan tersebut, yakni Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Btw, bansos ini mirip dengan PIP Kemendikbud Ristek kok, guys. Hanya saja versi dari kementerian lainnya.

Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Program bantuan sosial pemerintah selanjutnya adalah Kartu Indonesia Sehat (KIS). Poin ini menyasar pada bidang kesehatan, yaitu masyarakat pemilik KIS untuk mendapatkan bantuan iuran BPJS Kesehatan setiap bulan.

BRIN Akan Membuka Lowongan Asisten Riset, Cek Persyaratannya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)