Kebaya Diusulkan Menjadi Warisan Takbenda UNESCO, Keren Abis!

Kebaya Diusulkan Menjadi Warisan Takbenda UNESCO, Keren Abis!

Salah satu seragam maskapai yang menggunakan kebaya | Sumber: Unsplash (Abby Ar)

Indonesia beserta lima negara dari Asia Tenggara mengusulkan kebaya kepada UNESCO untuk dimasukkan ke dalam warisan budaya takbenda tahun 2023. Usulan ini dilakukan melalui proses nominasi bersama (joint nomination) yang telah disepakati oleh masing-masing negara selain Indonesia, yakni Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand. Adapun kelima negara tersebut telah membentuk hubungan budaya bersama atau shared culture.

Btw SohIB, meskipun pemilihan kebaya sebagai Intangible Cultural Heritage UNESCO ini dilakukan secara serempak, tetapi hal tersebut bukan berarti suatu negara mengakui atas hak paten atau kekayaaan intelektual warisan budaya, ya! Melainkan sebagai kontribusi negara pengusul dalam mempromosikan keberagaman budaya dan mendorong dialog antarkomunitas.

8 Keunikan Warga Indonesia, Bikin Bule Terheran-heran

Kebaya, Pakaian Wanita Khas Tanah Air

kebaya diusulkan sebagai warisan budaya takbenda UNESCO
Kebaya diusulkan sebagai warisan budaya takbenda UNESCO | Sumber: Indonesia Baik

Kebaya adalah atasan yang biasa digunakan wanita di Indonesia dan beberapa negara melayu lainnya. Biasanya, pakaian ini akan dipadukan dengan batik, songket, atau kain tradisional lainnya. Kebaya digunakan untuk acara-acara formal, meskipun tidak menutup kemungkinan juga dipakai untuk keseharian.

Ciri-cirinya adalah terbuat dari kain ringan seperti brokat, renda, kasa, katun, hingga voile dan terbuka di bagian depan. Bagi yang ingin lebih tertutup, biasanya pada bagian dalam kebaya akan diberikan dalaman atau kaos manset. Beberapa daerah di Indonesia yang sering mengenakan pakaian ini adalah Jawa, Bali, dan Sunda.

Dulunya, kebaya identik untuk orang tua, acara penting, dan kebudayaan. Namun, di masa kini, pakaian tradisional tersebut juga sering sekali digunakan oleh anak muda. Tentu saja setelah dimodifikasi sehingga bisa tetap kekinian dan nyaman dikenakan untuk bepergian. Pemilihan warna kebaya pun juga makin beragam, nggak lagi hanya warna-warni yang mencolok seperti pink, merah, kuning, hingga hijau.

Banyak artis Indonesia yang menjadikan kebaya sebagai pilihan busana mereka ketika melenggang di acara-acara penting, bahkan yang sudah setara internasional, lo! Sebut saja Atiqah Hasiholan, Agnez Mo, dan Cinta Laura. Penyanyi Tasya Kamila dan Maudy Ayunda juga mengenakan kebaya saat acara kelulusannya di universitas bergengsi luar negeri. Keduanya kompak menggunakan pakaian tradisional ini dengan warna merah menyala. Cantik-cantik banget lo, SohIB!

5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO (Part II)

Warisan Budaya Takbenda Indonesia

Berdasarkan laporan yang diterima dari Indonesia Baik, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sudah menetapkan sebanyak 1728 Warisan Budaya Takbenda Indonesia sejak tahun 2013ー2022 menjadi 5 domain. Adapun perinciannya adalah sebagaimana berikut ini:

  1. Adat Istiadat Masyarakat, Ritus, dan Perayaan-Perayaan: 491 warisan budaya.
  2. Kemahiran dan Kerajinan Tradisional: 440 warisan budaya.
  3. Pengetahuan dan Kebiasaan Perilaku Mengenai Alam dan Semesta: 75 warisan budaya.
  4. Seni Pertunjukan: 503 warisan budaya.
  5. Tradisi Lisan dan Ekspresi: 219 warisan budaya.

Selain yang ada di atas, sebetulnya masih ada 17 Warisan Budaya Takbenda lagi. Akan tetapi, karena statusnya adalah Warisan Bersama, so nggak bisa dipetakan dengan yang lainnya nih, SohIB!

Peta Persebaran WBTb di Indonesia

Peta persebaran WBTb Indonesia
Peta persebaran WBTb Indonesia | Sumber: Indonesia Baik

Di Indonesia sendiri, meskipun terdiri dari berbagai daerah yang menyimpan WBTb-nya, Pulau Jawa mendominasi dengan kepemilikan Warisan Budaya Takbenda terbanyak, disusul kemudian Bali. Inilah daftarnya:

  1. Yogyakarta: 151 Warisan Budaya Takbenda.
  2. Jawa Tengah: 112 Warisan Budaya Takbenda.
  3. Jawa Barat: 104 Warisan Budaya Takbenda.
  4. Bali: 92 Warisan Budaya Takbenda.
  5. Jawa Timur: 87 Warisan Budaya Takbenda.

Kebaya dan WBTb Indonesia lainnya adalah kekayaaan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan hingga turun temurun. SohIB sendiri, bisa menyebutkan tidak, apa saja warisan budaya takbenda negara kita yang sudah terdaftar di UNESCO?

5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)