Anak Hari Pertama Sekolah, Persiapkan Hal Ini!

Anak Hari Pertama Sekolah, Persiapkan Hal Ini!

Anak indonesia sedang bercanda gurau | Sumber: Unsplash (Bayu Syaits)

Hari-hari pertama anak masuk sekolah bisa menjadi hari yang cukup penting dan mendebarkan bagi orang tua. Mereka berharap, sang buah hati akan mendapatkan pengalaman baik di sekolah.

Oleh sebab itu, rasanya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan demi momen ‘sibuk’ ini. Namun, sebenarnya nggak hanya peralatan sekolah saja lo SohIB, yang harus diperhatikan. Bagi kamu yang memiliki anak atau saudara yang akan bersekolah, perhatikan tips berikut ini!

Kesiapan sekolah tidak hanya dari perlengkapannya saja
Kesiapan sekolah tidak hanya dari perlengkapannya saja | Sumber: Indonesia Baik

Tanyakan Perasaan dan Kesiapannya untuk Bersekolah

Kesiapan mental itu penting. Perhatikan apabila anak menunjukkan gejala murung, sulit tidur di malam sebelum sekolah, atau lebih pendiam daripada biasanya. Bisa jadi, ia sedang merasa cemas berlebihan, terutama bagi yang pertama kali masuk sekolah atau naik ke jenjang pendidikan lanjut.

Alih-alih ‘memaksa’ paham bahwa sekolah itu penting bagi masa depan, tanyakan apa yang membuatnya tenang. SohIB dapat menceritakan juga pengalaman seru di masa-masa sekolah dulu untuk membangkitkan semangatnya. Tentu saja, pilih momen yang menyenangkan, ya.

Jangan Remehkan Sarapan, Rutinitas Pagi Kaya Manfaat!

Jangan Lupa Sarapan

Sarapan itu penting karena ia akan beraktivitas seharian. Biasanya, di hari pertama sekolah, masa orientasi yang bersifat fisik seperti berkeliling sekolah mungkin dilakukan. So, jangan sampai anak tersebut sakit di first day of school.

Namun, hindari menu-menu yang terlalu berminyak dan mengandung kalori yang tinggi. Selain bisa membuat ngantuk, memang sebetulnya makan harus seimbang gizinya bukan?

Motivasi Mereka dengan Kalimat yang Positif

anak bersekolah
Sekolah adalah gerbang menuju masa depan | Sumber: Unsplash (Mufid Majnun)

Berikan anak dukungan di hari pertama sekolahnya. Katakan bahwa ia kini sedang berjalan menggapai cita-citanya dan beruntung karena mendapatkan pendidikan. Akan tetapi, jangan paksakan anak langsung memahami sepenuhnya arti kalimatmu.

Jangan lupa, sesuaikan kalimat-kalimat motivasi dengan usianya. Ingat, tujuan kalimat positif adalah membangkitkan semangat, bukan menekan.

Persiapkan Buku Pelajaran dan Peralatan Pribadi

Ini juga nggak kalah penting. Pastikan bahwa seragam sekolah, buku pelajaran, alat tulis, alat ibadah, dan peralatan pribadi lainnya tidak tertinggal di rumah atau kendaraan. Anak bisa saja merasa malu dan minder ketika ia ketahuan lupa membawa atribut wajibnya di awal bersekolah. 

Selain itu, ini bisa menjadi ajang bagi siswa-siswi untuk bertanggung jawab dengan barang pribadinya. Sesekali, jangan memanjakannya dengan membawakan barang yang tertinggal. Disiplin itu kan perlu, SohIB!

Kehidupan di Perkuliahan dan di Sekolah Berbeda, Jangan Kaget!

Membawa Bekal dan Air Putih Secukupnya

Sekolah biasanya menjadwalkan waktu makan siang bagi murid-muridnya. Maka dari itu, perhatikan bekal makan yang dipersiapkan untuk buah hati atau saudara SohIB. Penuhi nutrisi yang seimbang dan cukupi air mineralnya juga.

Apabila kamu kesulitan mempersiapkan menu makan siang, lazimnya sekolah memberikan opsi kepada orang tua untuk mengikuti katering sekolah. Nah, kamu bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

Dampingi Anak di Sekolah Barunya

anak sekolah
Dampingi buah hati di hari pertama sekolahnya bila memungkinkan | Sumber: Unsplash (Note Thanun)

Bagi SohIB yang mempunyai putra-putri masih berusia dini, pertimbangkan untuk menemaninya di hari pertama sekolah. Selain suasana itu sangat baru baginya, hal tersebut baik agar sang anak merasa tenang dan tidak terlalu cemas. Baru kemudian, ‘tinggal’ pelan-pelan ketika ia tampaknya sudah lebih enjoy bersama kelas, guru, dan teman-temannya.

Berangkat Lebih Pagi

Namanya hari pertama sekolah, jalanan biasanya akan lebih padat. Banyak orang tua yang turut mengantarkan anaknya bersekolah demi mendapatkan momen first day of school.

Jika memang sekolah buah hati SohIB lebih jauh, usahakan untuk berangkat lebih awal. Dengan demikian, dia juga tidak akan merasa tertekan dan terburu-buru. Ingat, perasaan gundah dan gelisah ketika mengawali hari, bisa saja mempengaruhi suasana hati seharian nanti.

Selamat bersekolah!

6 Hal yang Jangan Dilakukan di Hari Pertama Sekolah Baru

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)