6 Hal yang Jangan Dilakukan di Hari Pertama Sekolah Baru

6 Hal yang Jangan Dilakukan di Hari Pertama Sekolah Baru

Selamat bersekolah untuk kamu! | Sumber: Unsplash (Mufid Majnun)

Masuk ke sekolah dan jenjang pendidikan baru biasanya adalah momen yang mendebarkan bagi seluruh siswa-siswi. Banyak yang mungkin jadi cemas, apakah hari pertama masuk sekolah baru akan berjalan dengan lancar? Bagaimana cara mengakrabkan diri dengan teman baru, tapi tidak terkesan sok asik? Apakah kakak kelas akan berbaik hati kepada kita?

Well SohIB, bagi kamu yang relate dengan perasaan-perasaan khawatir seperti di atas, simak dulu 6 hal yang jangan kamu lakukan di sekolah baru!

Terlambat di Hari Pertama

Memang benar bahwa seseorang nggak boleh dinilai hanya karena satu momen saja, tetapi apa jadinya bila di hari pertama sekolah kamu sudah terlambat? Selain mungkin kamu akan merasa malu karena menjadi bahan pandangan orang, bisa saja SohIB juga ketinggalan informasi penting yang disampaikan di awal.

So, lebih baik pasang alarm untuk bangun lebih pagi. Lagipula, di hari pertama sekolah pasti jalanan akan padat. Sebab, banyak orang tua yang akan mengantarkan anak-anaknya ke sekolah.

Lantas, bagaimana kalau sudah terlanjur terlambat di hari pertama? Setiap orang berhak mendapatkan kesempatan yang kedua. Jadikan itu sebagai pembelajaran dan belajarlah untuk lebih memanaj waktu dengan baik.

7 Alasan Cyberbullying Itu Buruk, Stop Lakukan!

Tampil Mencolok yang Disengaja

Tunjukkan kesopanan kepada semua yang ada di lingkungan sekolah
Tunjukkan kesopanan kepada semua yang ada di lingkungan sekolah | Sumber: Unsplash (Mufid Majnun)

Jangan menggunakan aksesoris atau riasan tebal yang akan mengundang perhatian orang. Akan lebih baik, SohIB menonjolkan diri dengan hal lain yang lebih positif. Sebagai contoh, berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengenalan sekolah, membantu teman yang membutuhkan pertolongan, dan selalu bersemangat.

Mengenakan pakaian atau atribut yang terlalu mencolok justru akan mengesankan SohIB kurang sopan. Sebab, sekolah adalah institusi pendidikan sebagai tempat kita menimba ilmu, bukan ajang pamer sana-sini. Selain itu, hal tersebut bisa saja malah hanya menyulitkanmu. Bayangkan kalau mengenakan hiasan rambut yang super ramai dan ternyata kamu harus memakai topi sekolah seharian. Apa nggak ribet?

Tidak Menjaga Kesopanan

Menjaga tata krama tidak hanya ditunjukkan untuk guru dan staf saja, melainkan juga kepada kakak kelas dan teman-teman baru. Bersikap sopan pun juga bermacam-macam bentuknya. Bisa dengan menjabat tangan dan menunduk ketika bertemu guru, bertutur kata yang baik, mengangkat tangan ketika hendak bertanya, dan tidak menampilkan raut wajah yang masam.

Tarif Pajak Penghasilan Terbaru, Kamu Kena Berapa?

Terlalu Banyak Protes dan Mengeluh

Kegiatan pengenalan siswa baru bisa jadi terasa melelahkan bagimu. Terlebih lagi jika ada beberapa atribut yang harus kamu bawa keesokan harinya. Buat apa sih, bawa ginian?

Jikalau ada hal-hal yang membuatmu kurang berkenan, usahakan untuk seminimal mungkin mengajukan keluhan yang setulnya SohIB bisa handle. Toh, pasti ada alasan mengapa setiap siswa baru mempersiapkan barang tersebut.

Semisal memang kamu merasa kesulitan atau masih bingung dengan instruksi, lebih baik bertanya dengan nada yang sopan. Dijamin, kamu akan mendapat respek dari orang-orang di lingkungan sekolah.

Lupa Membawa Atribut dan Perlengkapan Sekolah

Atribut sekolah
Atribut sekolah jangan sampai lupa, ya! | Sumber: Unsplash (Ed Us)

Salah seragam atau lupa membawa atribut di hari pertama sekolah? Oh no, jangan lakukan! Selain akan sedikit merepotkan dirimu sendiri, biasanya sekolah sudah memberikan pengumuman menjelang hari masuk, apa saja yang perlu dibawa.

Terlebih lagi, SohIB mempunyai banyak waktu libur untuk mempersiapkannya. Jadi, periksa kembali sesuai instruksi. Akan lebih baik jika kamu membuat to-do-list agar tidak ada yang tertinggal.

Jangan Bertengkar di Sekolah!

Kesulitan beradaptasi adalah situasi yang sangat wajar dan mungkin terjadi. Namanya juga bertemu dengan orang dan kondisi yang baru. Teman-teman seangkatan kita bisa jadi mempunyai kultur dan karakter yang berbeda. Hal tersebut punya kemungkinan menimbulkan selisih paham ketika berdiskusi

Nah, poin terakhir ini benar-benar harus SohIB hindari. Jangan mudah terbawa emosi dan biarkan dirimu belajar lebih banyak memahami karakter orang. Toh, situasi seperti itu akan selalu kamu hadapi, tidak hanya di sekolah baru saja.

Bagaimana, are you ready to go to school, now? Semoga semuanya lancar, ya!

Nama Orang Indonesia Terpopuler, Ada Nama Kamu, Nggak?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)