Jangan Remehkan Sarapan, Rutinitas Pagi Kaya Manfaat!

Jangan Remehkan Sarapan, Rutinitas Pagi Kaya Manfaat!

Rutinitas Makan Pagi Kaya Manfaat | Sumber: Unsplash (Eiliv Sceron)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Sarapan menjadi kebiasaan bagi setiap orang sebelum melakukan aktivitas seperti pergi ke sekolah, bekerja, atau melakukan aktivitas lainnya. Namun, ada juga beberapa orang yang tidak memiliki rutinitas makan pagi sebelum beraktivitas. Dilansir dari laman Alodokter, menjaga nutrisi di dalam tubuh kita dengan makan pagi itu penting loh, SohIB! Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Sumber Energi

Bekerja

Sumber Energi Untuk Bekerja | Sumber: Pexels.com (Christina Morillo)

Energi yang kita dapat dari makanan sangat dibutuhkan sebelum melakukan berbagai pekerjaan. Tidur di malam hari membuat kadar gula menurun, sehingga di pagi hari, kita perlu asupan gula untuk diubah menjadi energi.

Jika SohIB melewatkan sarapan, maka metabolisme tubuh akan menurun dan dapat memicu tubuh menjadi lemas. Hal ini bisa menyebabkan tubuh saat bekerja menjadi ttidak bersemangat. Maka dari itu, makan pagi tidak boleh diremehkan begitu saja.

Menjaga Mood Tetap Baik

Suasana hati yang baik

Mood yang baik dibutuhkan saat bekerja | Sumber: Pexels.com (Andrea Piacquadio)

Selain energi yang dibutuhkan untuk bekerja seharian. Suasana hati yang baik juga menjadi salah satu yang harus kita prioritaskan. Asupan nutrisi yang seimbang di dalam otak yang berasal dari makanan akan mengurangi kadar hormon kortisol (hormon stres).

Tidak sarapan juga akan membuat orang menjadi mudah lapar di pagi hari. Btw, orang yang lapar biasanya juga mudah sekali marah. Oleh karena itu, menjaga mood sebelum bekerja adalah sebuah keharusan agar pekerjaan bisa selesai dengan maksimal. 

Tidak Makan Berlebihan

Makan tidak berlebihan

Sarapan dapat menekan keinginan makan berlebihan | Sumber: Pexels.com (Mike Jones)

Sarapan di pagi hari bisa menekan hasrat kita untuk makan yang berlebihan di siang hari karena kelaparan. Dengan begitu, SohIB bisa menjaga berat badan agar tidak obesitas.

Energi yang berasal dari sarapan dapat dioptimalkan sehingga mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh. Selain itu, godaan untuk memakan banyak cemilan junk food atau minuman bersoda juga dapat dihindari.

Meningkatkan Kinerja Otak

Fokus pada pekerjaan

Sarapan membantu untuk fokus pada pekerjaan | Sumber: Pexels.com (Andrea Piacquadio)

SohIB tahu nggak sih, kalau ternyata sarapan di pagi hari dapat meningkatkan kinerja otak? Pada anak sekolah yang tidak pernah melewatkan sarapan, mereka cenderung berprestasi karena asupan nutrisi tersebut dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, ketajaman perhatian, dan kemampuan menyelesaikan masalah mereka.

Nah, untuk seseorang yang sudah bekerja, mereka akan dapat berkonsentrasi penuh dan berpikir jernih saat mengerjakan pekerjaannya. Tentu saja, tugas yang ada juga akan terselesaikan dengan baik.

Menyerap Lebih Banyak Vitamin

Vitamin untuk tubuh

Vitamin dalam tubuh akan terpenuhi dengan rutin sarapan | Sumber: Pexels.com (Mali Maeder)

Kebutuhan nutrisi dan vitamin yang berguna untuk tubuh dapat terpenuhi dengan baik dengan tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Kita bisa mendapatkan berbagai macam nutrisi dengan sarapan, misalnya saja dari asam folat, kalsium, zat besi, vitamin B, dan serat. Dengan kata lain, nutrisi dan vitamin yang seimbang dapat membantu kita untuk terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, maag, hingga diabetes.

Mengurangi Bau Mulut

Bau mulut akan ternetralisir

Bau mulut dapat dicegah dengan sarapan | Sumber: Pexels.com (Gary Barnes)

Permasalahan bau mulut ini akan dialami oleh setiap orang pada pagi hari, loh! Nah, salah satu cara untuk mengurangi bau mulut adalah dengan melakukan sarapan secara rutin. Hal ini dikarenakan makanan yang kalian konsumsi di pagi hari dapat menetralisir bau mulut saat pagi hari. SohIB pasti nggak mau kan, kalau bau mulut setiap pagi?

Dengan rutin melakukan sarapan di pagi hari, kita membantu menjaga tubuh agar tetap ternutrisi dengan baik. Untuk SohIB yang memiliki kesibukan yang padat, bisa mencoba membuat overnight oat untuk sarapan di pagi hari atau memanggang roti.

Jadi bagaimana? Masih mau melewatkan makan pagi kamu? Yuk, share opinimu di kolom komentar di bawah, ya!