5 Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Website

5 Cara Menulis Artikel SEO Friendly untuk Website

macbook by pixabay

Bagi seorang yang sudah memiliki hobby menulis sejak kecil, menuangkan ide atau cerita ke dalam medium tulisan tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, akan lain ceritanya kalau kita menulis untuk website yang menargetkan ranking tinggi di mesin pencari.

Karena selain memperhatikan isi konten yang kita buat, kita juga harus memperhatikan kaidah-kaidah SEO yang akan membantu ranking konten di mesin pencari.

SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang cakupannya sebenarnya tidak kalah luas, termasuk dalam hal menulis konten.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Dalam konten kali ini, kita akan belajar sedikit tentang tips dan cara menulis artikel SEO-friendly yang bisa membantu peringkat website di mesin pencari. SohIB bisa mengeksplorasi materi ini untuk meningkatkan skill kamu dalam menulis.

1. Menentukan Topik

Bagian pertama ini sebenarnya basic, ya. Dalam menulis apapun tentu kita harus menentukan topik yang hendak kita tulis terlebih dahulu agar lebih mudah bagi kita untuk mencari referensi terkait apa yang akan kita bahas dalam artikel tersebut.

Dalam pembuatan konten ini misalnya, bisa SohIB perhatikan bila topik yang hendak ditulis yakni “menulis artikel SEO Friendly”.

2. Riset Keyword

Mesin pencari seperti Google memiliki cara tersendiri untuk menghasilkan hasil pencarian yang relevan dengan keinginan pengguna, salah satunya mengklasifikasikan sebuah konten ke dalam kata kunci, yang sesuai dengan konteks pembahasan.

Keyword atau kata kunci sendiri merupakan kata yang biasa digunakan pengguna mesin pencari untuk mencari topik pembahasan tertentu.

Setelah kamu menemukan topik yang hendak dibahas, langkah selanjutnya adalah menemukan keyword yang tepat untuk topik tersebut.

3. Memahami Search Intent

Search intent, tidak banyak orang yang memahami dan mengimplementasikan hal ini ketika menulis konten artikel SEO. Dikutip dari divedigital.id, Ahrefs yang merupakan website penyedia SEO tools pernah mengatakan bahwa hanya dalam waktu 6 bulan setelah menerapkan search intent, pengunjungnya naik sebanyak 677%.

Itu artinya, Search intent memiliki success rate yang tinggi untuk membuat konten yang SEO-friendly.

Sederhananya, search intent merupakan intensi atau tujuan dari kata kunci yang digunakan oleh pengguna. Misalnya untuk kata kunci “artikel SEO,” kita diminta untuk memahami pembahasan seperti apa yang diinginkan dari pengguna ketika menggunakan keyword tersebut? Apakah mereka bermaksud mencari tutorial cara menulis artikel SEO, atau sedang mencari orang yang bisa menulis artikel SEO?

Setelah kita menemukan intensi keyword yang digunakan oleh pembaca, ini bisa kita jadikan acuan, apakah topik dan kata kunci yang akan kita gunakan sudah sesuai?

4. Mulai Menulis Konten

Jika pada akhirnya topik, keyword, dan search intent sudah cocok semua, kita bisa lanjut ke proses selanjutnya, yakni pembuatan artikel itu sendiri.

Ketika menuliskan konten website, biasakan untuk membuat struktur seperti artikel ini, yakni ada pembukaan, subheading, dan pembahasan untuk subheading akan dibagi ke dalam beberapa kluster.

Tujuannya agar pembaca lebih rajin untuk membaca konten sampai habis. Sejauh ini, untuk struktur yang seperti ini, memiliki engagement yang cukup tinggi. Selebihnya, kita tinggal bagaimana menuangkan gagasan yang hendak dibahas saja, layaknya membuat konten lain.

5. Memperhatikan Kaidah SEO

Ini adalah bagian yang tidak kalah penting dalam menulis artikel SEO, yakni memperhatikan kaidah SEO dalam penulisan artikel.

Dalam menulis artikel SEO untuk website, ada tujuan utama yang hendak kita raih, yakni mendapatkan validasi dari mesin pencari (Google, Bing, dan lainnya) dan bertemu dengan kebutuhan pembaca.

Kaidah SEO inilah cara yang kita gunakan agar mesin pencari memvalidasi konten kita, sedangkan kebutuhan pembaca akan mengacu pada topik yang SohIB bahas.

Ada beberapa kaidah SEO yang selama ini berlaku pada penulisan konten, beberapa kaidah tersebut adalah:

  • Memasukan keyword ke dalam judul.
  • Tidak plagiarism (Note: plagiarisme dalam penulisan konten memiliki definisi yang sangat berbeda dengan definisi resminya)
  • Kaya akan pembahasan, lebih baik konten dibuat dengan beberapa sumber.
  • Memasukan keyword ke dalam konten, tetapi tidak sampai spam.

Itulah 5 cara menulis artikel SEO-friendly yang bisa kamu gunakan ketika hendak membuat konten artikel untuk website, dengan tujuan agar memiliki ranking yang bagus di mesin pencari.

Selain mempelajari beberapa cara di atas, ada beberapa topik yang bisa SohIB pelajari lagi terkait penulisan konten ini, yakni memahami keyword, memahami search intent, dan penerapan keyword dalam menulis konten SEO. Semoga bermanfaat, ya!