5 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Tanggal 18 Agustus, Apa Saja?

5 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Tanggal 18 Agustus, Apa Saja?

Janna pernah melupakan sejarah | Sumber: Unsplash (Joanna Kosinski)

Setiap hari tentunya akan ada banyak cerita yang ditorehkan di seluruh penjuru dunia. Beberapa di antaranya kemudian menjadi momen penting  yang akan dikenang sejarah. So, berikut ini adalah 5 peristiwa di dunia yang pernah terjadi di tanggal 18 Agustus. Apa saja nih, SohIB?

Hari Konstitusi Nasional

Diinformasikan dari Balai Pemasyarakatan Kelas 1 Jakarta Selatan, peringatan Hari Konstitusi Indonesia mengacu pada disahkannya UUD 1945 melalui Sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI atau Dokuritsu Junbi Inkai) yang digelar sehari pasca-kemerdekaan, yakni pada 18 Agustus 1945.

Nah, karena adanya peristiwa ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi menerbitkan Keppres Nomor 18 Tahun 2008 tentang Hari Konstitusi Indonesia sejak September 2008, SohIB. Semoga, dengan adanya peringatan ini, kita bisa semakin memahami dan memaknai UUD 1945 sebagai salah satu pilar kebangsaan Indonesia.

Mengenal Computer Vision Syndrome, Ini Cara Mencegahnya!

Soekarno dan Hatta Dipilih Menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI yang Pertama

Bersamaan dengan disahkannya UUD 1945, dalam sidang PPKI ini, Soekarno dan Mohammad Hatta dipilih ditunjuk sebagai presiden dan wakil presiden. Pemilihan tersebut dilakukan secara aklamasi. Dalam KBBI, aklamasi ini berarti pernyataan tersebut disetujui secara lisan dari seluruh peserta rapat dan lainnya terhadap usulan tersebut tanpa pemungutan suara.

balon
Isi balon udara adalah gas helium | Sumber: Unsplash (Sutirta Budiman)

Helium Ditemukan

Balon udara mungkin nggak akan pernah ada apabila Pierre Jules Cesar Janssen, seorang astronom asal Prancis, tidak menemukan gas helium sebagai pengisi benda tersebut. Bersama dengan Joseph Norman Lockyer, ilmuwan dari Inggris, mereka diakui dunia sebagai penemu gas mulia dengan unsur teringan itu.

Sebagai informasi nih SohIB, gas helium mempunyai sifat yang sangat ringan, tidak berwarna, tidak berbau, serta tidak mudah terbakar. Pemanfaatannya sangatlah banyak, seperti pengisi balon hias dan balon udara, pendeteksi kebocoran pada pipa, dan pencegah oksidasi selama pengelasan.

8 Perlombaan 17 Agustus Jadul di Indonesia, Seru Banget!

Asian Games 2018 Dimulai, Tari Ratoeh Jaroe Memukau Dunia

Sehari setelah peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73, salah satu pesta olahraga bergengsi di Asia, yakni Asian Games 2018, diselenggarakan di Indonesia. Dimulai dari tanggal 18 Agustus sampai dengan 2 September 2018, ajang ini dilakukan secara meriah di dua kota yang berbeda, yakni jakarta dan Palembang.

Salah satu momen yang paling menarik perhatian dunia kala itu adalah seremoni pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung meriah. Di mana ditampilkan berbagai pertunjukan daerah-daerah di Indonesia, penyanyi lokal dan internasional, hingga cara Presiden Joko widodo yang memasuki venue dengan cara yang sangat unik.

Tari Ratoeh Jaroe yang dilakukan oleh ribuan pelajar di Indonesia adalah primadona acara tersebut. Bahkan, saking fenomenalnya, banyak sekali content creator luar negeri yang membuat video reaction tentang tari Ratoeh Jaroe dan pertunjukkan lainnya selama Asian Games 2018 di Indonesia.

Antusiasme penontonnya juga sangat tinggi. Hal ini membuat masyarakat dari negara kita turut berbangga dengan kreativitas yang dihasilkan dari para panitia.

Pemadaman Listrik Massal di Jawa-Bali

Dilansir dari CNBC Indonesia, sekitar pukul 09:00 WIB, pasokan listrik di Jawa-Bali mendadak putus. Penyebabnya adalah kerusakan jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Saguling, Cibinong, dan Cilegon yang mengakibatkan sistem kehilangan pasokan hampir 50%. Waduh!

PT PLN (Persero) menaksir, bahwa sekitar 120 juta pelanggan pemadaman listrik terdampak oleh peristiwa itu. Blackout ‘hanya’ terjadi selama kurang lebih 3 jam untuk area Jakarta dan Banten, sedangkan untuk seluruh Jawa-Bali mati hingga 24 jam.

9 Tempat Bersejarah Bagi Kemerdekaan Indonesia, Cari Tahu di Sini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)