Mengenal Computer Vision Syndrome, Ini Cara Mencegahnya!

Mengenal Computer Vision Syndrome, Ini Cara Mencegahnya!

Jagalah kesehatan mata kita | Sumber: Unsplash (arteum.co)

Penggunaan gawai yang terlalu panjang memiliki resiko kesehatan yang tidak bisa diabaikan. Nah, salah satu gangguan kesehatan yang acap kali terjadi oleh pengguna gadget aktif adalah Computer Vision Syndrome. Jika SohIB belum tahu apa ini, mari cek artikel di bawah, ya!

Mengenal Computer Vision Syndrome

Ditilik dari laman Alodokter, Computer Vision Syndrome (CVS) sering dikenal juga sebagai digital eye strain, adalah istilah yang digunakan untuk kumpulan gejala gangguan mata yang berhubungan dengan penggunaan elektronik berbasis komputer dalam waktu yang berlangsung lama. Adapun elektronik yang dimaksud di sini bisa berupa handphone, laptop, tablet, hingga komputer.

Dilihat dari situasi sekarang, pemanfaatan gawai memang tidak bisa dihindarkan. Bahkan, di lingkup sekolah dasar sekalipun, anak-anak sudah mulai perlu yang namanya gadget untuk memudahkan proses belajar mereka. Karena itulah, lebih dari 90% pengguna gawai mengalami ketegangan pada mata atau yang disebut sebagai CVS tersebut. 

Cara Klaim BPJS Kesehatan untuk Kacamata, Berikut Panduannya!

Gejala-Gejala Computer Vision Syndrome

Gejala pada gangguan mata CVS
Gejala pada gangguan mata CVS | Sumber: Unsplash (nrd)

Terdapat banyak gejala umum dari digital eye strain ini. Berdasarkan informasi dari American Optometric Association, berikut adalah ciri-cirinya:

  1. Penderita mengalami ketegangan mata.
  2. Sakit pada kepala.
  3. Penglihatan terasa kabur.
  4. Mata menjadi kering.
  5. Adanya nyeri pada leher dan bahu.

Sebenarnya SohIB, semua ciri di atas tidak benar-benar bisa didiagnosis sebagai gangguan CVS. Sebab, perlu diperhatikan lebih lanjut terhadap kondisi setiap individu, termasuk dengan seberapa sering mereka menghabiskan waktu di depan layar digital. Bisa jadi, memang ada gangguan penglihatan lain seperti rabun jauh, fokus koordinasi mata menurun, atau mata yang sudah menua.

Beberapa gejala bahkan mungkin akan berkurang, seiring dengan seseorang mulai membatasi interaksinya dengan gawai. Akan tetapi, kalau cara ini sudah dilakukan dan SohIB terus mengalami penurunan kesehatan di indera penglihatan, sebaiknya kamu perlu memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Sebab, dikhawatirkan akan memburuk di masa mendatang.

Penyebab Computer Vision Syndrome

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan gangguan mata ini dialami oleh seseorang, di antaranya adalah:

  1. Ketika kita sedang menatap layar, mata terus menerus bergerak dari satu titik ke titik yang lain. Belum lagi ketika sedang fokus pada waktu yang lama. Tentunya, otot mata harus bekerja keras untuk melakukan semua kegiatan itu.
  2. Berbeda dengan buku, majalah, atau produk cetak lainnya, huruf di layar komputer biasanya tidak terlalu tajam. Lagi-lagi, mata kita ‘dipaksa’ untuk lebih fokus ketika membaca.
  3. Postur duduk yang salah atau tidak tepat.
  4. Sinar dari layar gadget (terlalu terang atau terlalu gelap).
  5. Tidak sering mengedipkan mata, sehingga mata jadi lebih kering.
6 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata, Hati-hati!

Cara Mencegah CVS

Cara mencegah Computer Vision Syndrome
Cara mencegah Computer Vision Syndrome | Sumber: Unsplash (Towfiqu Barbhuiya)

Well SohIB, guna meminimalisir Computer Vision Syndrome, kamu bisa mengikuti beberapa saran di bawah ini:

Sesuaikan cahaya lingkungan sekitar

Pastikan kamu berada di tempat yang pencahayaannya ideal, yakni tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Hindarilah duduk di tempat yang menghadap atau membelakangi langsung cahaya karena bisa mengganggu penglihatan. SohIB bisa mempertimbangkan untuk menggunakan pelindung anti silau untuk memproteksi mata.

Sesuaikan jarak pandang mata ke layar

Jangan duduk terlalu dekat dengan layar, sebab risiko mata tegang bisa semakin besar. Selain itu, tentu saja posisi meja yang tidak ideal bisa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya, seperti pegal-pegal dan kaku sendi tangan karena menekuk terlalu lama.

Atur kembali setting gawai

Saat ini, teknologi sudah semakin canggih, sehingga sudah banyak gawai yang dibekali dengan fitur sinar proteksi mata serta mengubah font dan kontrasnya. SohIB juga dapat memanfaatkan kacamata anti UV dan fotokromik yang bisa menggelap secara otomatis ketika sinar terlalu menyilaukan.

Jangan bermain gadget terlalu lama

Meskipun sangat mempermudah pekerjaan kita, sebaiknya hindari penggunaan gawai terlalu sering. Kamu bisa mencari kegiatan selingan yang membuatmu tidak selalu memegang HP, misalnya membaca buku, melakukan peregangan, memejamkan mata sesaat, atau melihat dedaunan yang hijau segar.

Pertimbangkan obat tetes air mata

Jika perlu, SohIB bisa meneteskan air mata yang mampu membantu mengurangi gejala mata kering. Biasanya, kita bisa membelinya di apotek tanpa resep dokter. Namun, pastikan obat tersebut minim efek samping dan tidak mengandung bahan aktif yang riskan.

6 Tips Mengatasi Stres di Masa Kuliah, Jaga Kesehatan Mentalmu!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, Indonesia Baik juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)

 

Makin Tahu Indonesia

 

Sumber:

  • https://www.aoa.org/healthy-eyes/eye-and-vision-conditions/computer-vision-syndrome?sso=y
  • https://www.alodokter.com/penyebab-computer-vision-syndrome-dan-cara-mencegahnya