Peran Indonesia dalam World Water Forum 2024 di Bali

Peran Indonesia dalam World Water Forum 2024 di Bali

Kick-off meeting World Water Forum ke-10 | BRIN

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Halo SohIB! Sudah tahu belum, kalau Indonesia menjadi tuan rumah forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan isu-isu air, yakni pada acara World Water Forum (WWF) 2024 di Bali.

Dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah, tidak serta merta ditunjuk saja, lo! Pada kesempatan pertemuan bersama Dewan Gubernur World Water Council (WWC) ke-9 di Dakar, Senegal tanggal 19 Maret 2022 lalu, Indonesia bersaing dengan Roma, Italia yang kemudian mendapat 30 dari 36 suara.

Tak disangka, ya SohIB. Rupanya Indonesia terpilih telak menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 di Bali. Perlu diketahui sebelumnya bahwa untuk menjadi kandidat terpilih dalam WWC, setiap kandidat harus memperoleh simple majority yang artinya minimal mendapat 19 dari 36 suara.

Namun ternyata, Indonesia sebagai kandidat mendapat banyak kepercayaan dari dunia internasional untuk melanjutkan program berkelanjutan atau SDGs mengenai pengelolaan air bersih.

kick-off meeting WWF
kick-off meeting WWF | Gatra.com

Bicara soal pengelolaan air bersih, isu tersebut umumnya memang menjadi perbincangan hangat bagi negara-negara di belahan dunia. Bukan hanya negara yang memiliki iklim gersang, negara dengan iklim tropis hingga negara beriklim subtropis juga mulai mengalami krisis air bersih dan ancaman dampak lainnya. 

Oleh karena itu, adanya World Water Forum di dunia internasional, juga perlu didukung dengan aksi nyata setiap individu. Seperti memulai kebiasaan baik dalam menghemat air, menampung air hujan, membuat daerah resapan air di halaman rumah, atau kamu dapat aktif berkontribusi dalam kegiatan lingkungan, lo! Kamu ingin tahu lebih dalam terkait peran Indonesia untuk WWF dan apa yang bisa kita lakukan, ya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Mengelola Sumber Daya Air Tak Semudah Menuang Air Galon

Peran Indonesia dalam World Water Forum 2024

World Water Forum 2024
World Water Forum 2024

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa peran Indonesia adalah menjadi tuan rumah dalam World Water Forum 2024 yang akan dilaksanakan di Bali. Namun, hal tersebut tidak terlihat sesederhana itu, lo SohIB. Dengan menjadi tuan rumah, artinya Indonesia harus mampu menghadirkan banyak inspirasi serta berinovasi mengenai pengelolaan air dengan mengajak semua kalangan dari berbagai bidang untuk turut serta dalam memecahkan persoalan air.

Pada kesempatan World Water Forum 2024 ini, Indonesia mengangkat tema “Water for Shared Prosperity” yang diharapkan dapat menjadi semangat dalam menjawab tantangan ketersediaan air bersih untuk kesejahteraan bersama. Tema ini tentu sangat relevan dengan target pembangunan berkelanjutan, yang mana Indonesia terus berkomitmen secara konsisten dalam mengupayakan pencapaian SDGs global khususnya terkait air bersih dan sanitasi.

17 Langkah Gaya Hidup Ramah Lingkungan, Dari Penggunaan Produk Kayu Hingga Daur Ulang Sampah

Fakta hebatnya, Indonesia merupakan negara di Asia Tenggara yang pertama dipilih sebagai tuan rumah World Water Forum, lo SohIB! Dengan menjadi tuan rumah, hal tersebut dapat menguatkan posisi Indonesia dalam bidang manajemen sumber daya air. Selain itu, terpilihnya Bali sebagai tempat puncak acara WWF pada 2024 mendatang merupakan bentuk kepercayaan masyarakat internasional terhadap peran kepemimpinan dan komitmen Indonesia dalam memecahkan solusi bersama terkait isu pengelolaan air. 

Kontribusi Kita untuk Dunia

Sampah sedotan di laut
Sampah sedotan di laut | Furhan Celik/baseimage

Melihat kesungguhan upaya Indonesia bersama negara-negara lainnya berjibaku dalam World Water Forum, kita juga punya kesempatan berkontribusi untuk dunia, lo. Seperti membangun kebiasaan baik dalam mengelola air.

Kamu bisa memulai dulu dengan menghemat air bersih, menampung air hujan, mengurangi sampah, dan tidak membangun habis tanah untuk daerah resapan. Berawal dari dirimu, kamu juga bisa menginspirasi orang-orang di sekitarmu. Mulai dari keluarga, teman, juga bahkan tetangga. 

Kalau sudah banyak orang di sekelilingmu yang teredukasi mengenai pengelolaan air bersih, coba buatlah komunitas kecil untuk menjalankan program-program. Tujuannya agar lebih banyak orang yang tersadar akan pentingnya mengelola air bersih, kemudian menjalankannya. Selain itu, kamu juga berkesempatan turut andil dalam Youth Program WWF yang dapat diakses melalui worldwaterforum.org.

Nah, itulah penjelasan singkat mengenai peran Indonesia untuk World Water Forum dan kontribusi kita untuk dunia. Kesempatan besar dalam upaya pembangunan berkelanjutan ini, harus dapat kita maksimalkan dengan diskusi perumusan solusi hingga program-program efektif yang terus berjalan konsisten. Jadi, kamu siap berkontribusi untuk negeri dan dunia, SohIB?