Pasukan Cordon: Penyambut Para Tamu Delegasi dalam KTT ASEAN 2023

Pasukan Cordon: Penyambut Para Tamu Delegasi dalam KTT ASEAN 2023

Pasukan Cordon di KTT ASEAN 2023 | Amiriyandi InfoPublik

Sambutan meriah diberikan Indonesia sebagai tuan rumah kepada setiap delegasi yang hadir dalam gelaran KTT ASEAN 2023.

Penyambutan terhadap para delegasi ini bahkan sudah diberikan sejak mereka menginjakkan kaki di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Para tamu kehormatan ini disambut dengan tari-tarian tradisional daerah khas Indonesia.

Dua tarian tradisional khas Indonesia, yakni Tari Geol Manis Betawi dari Jakarta dan Tari Walijamaliha dari Banten.

Penyambutan yang diberikan ini cukup menjadi daya tarik tersendiri bagi para delegasi yang datang ke Indonesia untuk mengikuti gelaran KTT ASEAN yang ke-43.

Selain penampilan tarian tradisional daerah Indonesia, para delegasi yang hadir juga disambut dengan penghormatan militer dari pasukan khusus Tentara Nasional Indonesia.

Penghormatan militer ini diberikan oleh Pasukan Penghormatan atau Pasukan Cordon dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

SohIB di sini sudah mengenal pasukan khusus kebanggaan Indonesia ini, belum?

ASEAN Siap Wujudkan Kawasan Ramah Perempuan dan Anak

Apa Itu Pasukan Cordon?

Pasukan Cordon merupakan para prajurit militer terbaik dari TNI Angkatan Darat.

Tugas dari Pasukan Cordon adalah sebagai pengawal protokoler kenegaraan.

Selain itu, Pasukan Cordon juga bertugas untuk memberikan penghormatan kepada setiap tamu kehormatan yang datang ke Indonesia, baik pada saat kedatangan maupun kepulangan.

Oleh sebab itu, Pasukan Cordon bertugas untuk memberikan penghormatan militer kepada delegasi yang hadir dalam gelaran KTT ASEAN 2023, seperti yang disampaikan oleh Komandan Pleton Pasukan Kehormatan Cordon, Letda CPM Sumarjo Sianturi dalam press release Asean2023.id.

"Tugas Pasukan Cordon menyambut kedatangan kepala- kepala negara yang menghadiri KTT ASEAN ke-43," ucap Letda CPM Sumarjo Sianturi.

Terdapat perbedaan dari seragam yang digunakan Pasukan Gordon jika dibandingkan dengan prajurit lainnya.

Maritim dalam KTT ASEAN 2023, dari ASEAN Maritime Outlook hingga Situasi Laut Tiongkok Selatan

"Jika saat kepala-kepala negara di Istana (Presiden) kita mengenakan (seragam) merah putih. Tapi saat KTT ASEAN ini kita istimewa menggunakan baju Pasukan Cordon," kata Letda CPM Sumarjo Sianturi.

Khusus pada saat helatan Gala Dinner KTT ASEAN 2023, Pasukan Cordon menggunakan seragam berwarna hitam.

Letda CPM Sumarjo Sianturi juga menjelaskan bahwa berbagai persiapan sudah dilakukan oleh Pasukan Cordon untuk menyambut kepala negara yang hadir dalam KTT ASEAN ini.

Dirinya juga menerangkan bahwa tidak ada kendala yang berarti dalam proses persiapan untuk menyambut konferensi tingkat tinggi antar negara di Asia Tenggara ini.

"Selama kita melaksanakan latihan, kendalanya tidak ada. Semuanya aman, lancar dan terkendali," jelas Letda CPM Sumarjo Sianturi.

Myanmar Batal, Filipina Maju Jadi Ketua ASEAN 2026

Siap Menyambut Tamu Kehormatan yang Datang ke Indonesia

Selain dalam KTT ASEAN 2023, Pasukan Cordon juga bertugas untuk menyambut tamu kehormatan yang hadir dalam event penting lainnya yang ada di Indonesia.

Salah satu contoh gelaran lain yang menugaskan Pasukan Cordon untuk memberikan penghormatan militer pada tamu yang hadir adalah pada saat KTT Presidensi G20 pada 2022 silam.

Pada event yang diadakan di adakan di Bali tersebut, Pasukan Cordon memberikan penghormatan pada saat penyambutan kedatangan dan kepulangan delegasi yang hadir pada KTT G20.

Kapen Puspomad, Letkol CPM Agus Subur menyebutkan bahwa menjadi kebanggaan tersendiri bagi TNI Angkatan Darat para personelnya bisa bertugas sebagai Pasukan Cordon di Batalyon Pengawal Protokoler Kenegaraan Paspampres.

"Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Polisi Militer TNI AD karena personel pasukan kehormatan atau pasukan Cordon Paspampres sejatinya adalah prajurit-prajurit Polisi Militer TNI AD terbaik yang bertugas di Batalyon Pengawal Protokoler Kenegaraan (Yonwalprotneg) Paspampres," jelas Letkol CPM Agus Subur, seperti yang dikutip dari laman Tniad.mil.id.

Sumber referensi:

  • https://tniad.mil.id/protokoler-pasukan-cordon-yonwalprotneg-paspampres-pada-presidensi/
  • https://asean2023.id/id/news/get-to-know-the-cordon-guard-the-honor-guard-welcoming-world-leaders-at-43rd-asean-summit