Papua Barat Jadi Provinsi dengan Pulau Terbanyak! Lainnya di Mana?

Papua Barat Jadi Provinsi dengan Pulau Terbanyak! Lainnya di Mana?

Salah satu keindahan alam Indonesia | Pixabay (Bart-Ter-Haar)

Sebagai negara kepulauan, Indonesia dikenal dunia dengan banyaknya gugusan pulau-pulau indah dari Sabang sampai Merauke. Setiap pulau memiliki keindahan yang dapat memanjakan mata orang yang melihatnya.

SohIB, FYI, saat ini Indonesia memiliki 38 provinsi yang tersebar dari ujung barat hingga timur. Nah, survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022 lalu menunjukkan bahwa Indonesia memiliki 17.001 pulau yang berada di 34 provinsi lama.

Sebagai tambahan, pada akhir tahun 2022, pemerintah resmi melakukan pemekaran provinsi baru di Bumi Cenderawasih. Mengutip dari Indonesiabaik.id, provinsi baru Indonesia ini adalah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Berapa, sih, Jumlah Pulau di Indonesia?

Pada 2020 lalu, Gazeter Republik Indonesia mencatat terdapat 16.771 pulau. Kemudian pada 2021, Indonesia mencatatkan penambahan 229 pulau baru. Pulau-pulau yang baru tercatat ini bukan pulau baru yang muncul di daratan, ya, SohIB! Ratusan pulau ini baru terdata dan harus diverifikasi oleh Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia (BIG), kementerian, serta lembaga terkait.

Dari belasan ribu pulau di Indonesia, enam di antaranya merupakan pulau terbesar di Indonesia, yaitu Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Timor, dan Papua.

10 Provinsi Indonesia yang Masyarakatnya Berumur Panjang, Ada Daerahmu?

Provinsi dengan Pulau Terbanyak di Indonesia

pulau terbanyak
Data provinsi dengan pulau terbanyak di Indonesia | Indonesiabaik.id (Yuli N & Chyntia)

Berdasarkan data resmi BPS yang dihimpun oleh Indonesiabaik.id, Papua Barat menjadi provinsi dengan jumlah pulau terbanyak di Indonesia, loh! Berdasarkan data pada 2022, terdapat 4.520 pulau di Papua Barat. Banyak, ya!

Dari data BPS, provinsi-provinsi di Indonesia Timur menjadi wilayah dengan gugusan pulau terbanyak di Indonesia. Lalu, provinsi mana saja yang memiliki pulau terbanyak di Indonesia selain Papua Barat?

  1. Papua Barat: 4.520 pulau
  2. Kepulauan Riau: 2.028 pulau
  3. Sulawesi Tengah: 1.572 pulau
  4. Maluku: 1.388 pulau
  5. Maluku Utara: 901 pulau
  6. Nusa Tenggara Timur: 609 pulau
  7. Sulawesi Tenggara: 590 pulau
  8. Papua: 584 pulau
  9. Jawa Timur: 512 pulau
  10. Kepulauan Bangka Belitung: 507 pulau

Selain Papua Barat, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, dan Maluku adalah empat provinsi teratas yang memiliki ribuan pulau kecil di sekitar wilayahnya.

pulay wayak
Pulau Wayak di Papua Barat | Freepik (wirestock)

SohIB, ribuan pulau yang tersebar di Indonesia ini memiliki destinasi alam yang sering menjadi tujuan singgah para pelancong. Papua Barat misalnya, sebagai provinsi dengan kekayaan alam hayati melimpah, kamu bisa menemukan Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang ada di Kabupaten Teluk Wondama. Taman nasional ini menjadi wisata alam utama di Papua Barat.

Selain itu, Raja Ampat juga menjadi destinasi pilihan yang acap kali menjadi tujuan wisatawan manca maupun dalam negeri. Kamu sudah pernah ke sana?

9 Tempat Bersejarah Bagi Kemerdekaan Indonesia, Cari Tahu di Sini!

Provinsi dengan Jumlah Pulau Paling Sedikit di Indonesia

Sebuah kebanggan tersendiri karena terlahir dan besar di Indonesia yang memiliki segudang keunikannya.  Selain provinsi-provinsi di atas yang memiliki ratusan bahkan ribuan pulau kecil di wilayahnya, terdapat beberapa provinsi dengan jumlah pulau paling sedikit di Indonesia.

Kira-kira, provinsi mana saja, ya, yang memiliki sedikit pulau di wilayahnya? Berikut 10 provinsi dengan jumlah pulau paling sedikit di Indonesia berdasarkan data BPS pada 2022:

  1. Bengkulu: 9 pulau
  2. Jambi: 14 pulau
  3. Sumatra Selatan: 24 pulau
  4. Jawa Barat: 30 pulau
  5. DI Yogyakarta: 33 pulau
  6. Bali: 34 pulau
  7. Kalimantan Tengah: 69 pulau
  8. Sulawesi Barat: 69 pulau
  9. Jawa Tengah: 71 pulau
  10. Banten: 81 pulau

Berdasarkan data tersebut, Bengkulu menjadi provinsi dengan jumlah pulau paling sedikit, yaitu 9 pulau saja. 

Walaupun memiliki sedikit pulau di sekitarnya, Bengkulu menjadi provinsi yang sarat akan sejarah, loh! Kota Bengkulu pernah menjadi tempat pengasingan Bung Karno sebelum kemerdekaan Indonesia. 

tempat pengasingan bung karno
Tempat pengasingan Ir. Soekarno di Bengkulu | Kemdikbud (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Nah, dari total 20 provinsi dengan pulau terbanyak hingga paling sedikit, adakah provinsi tempat tinggal SohIB?

 

Referensi:

https://indonesiabaik.id/infografis/17001-pulau-di-indonesia-tersebar-di-mana-saja

https://indonesiabaik.id/infografis/daftar-38-provinsi-di-indonesia

https://www.bpkp.go.id/pabar/konten/

https://katakreatif.kemenparekraf.go.id/country/kota-bengkulu