10 Negara Terkaya di Dunia, Ada Indonesia Nggak Ya?

10 Negara Terkaya di Dunia, Ada Indonesia Nggak Ya?

The Gherkin di London, Inggris | Sumber: Unsplash (Alev Takil)

Sebuah survei dilakukan oleh majalah Global Finance untuk menentukan negara terkaya di dunia dengan beberapa indikator. Diwartakan oleh Finance Detik , penilaian menggunakan nilai-nilai, seperti pendapatan per kapita masyarakat, Purchasing Power Parity (PPP) atau daya belinya, hingga Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

Nah SohIB, dengan adanya isu pandemi COVID-19 dan perang antara Rusia dan Ukraina, majalah ini juga memiliki indikator lainnya, yaitu negara yang mempunyai ketahanan ekonomi yang kuat.

So, negara mana aja sih, yang didapuk menjadi 10 negara terkaya di dunia? Menurut kamu, Indonesia akan ada di daftar tersebut nggak? Yuk, kita cari tahu!

1. Irlandia (US$ 145.196)

Disebutkan dalam Berita Baru, Irlandia menjadi negara paling kaya tahun 2023 ini karena menerima banyak sekali kucuran investasi perusahaan global. Terlebih lagi, negara yang berbatasan dekat dengan Inggris tersebut dikenal sering berbagi insentif pajak ke perusahaan-perusahaan global yang berdiri di sana. Maka, bukan sebuah pertanyaan lagi nih SohIB, kalau top company seperti Google, Meta, Microsoft, Apple, dan Pfizer bernaung di Irlandia.

4 Negara yang Punya Kebiasaan Kerja Unik

2. Luxembourg (US$ 142.490)

Sebetulnya, Luxembourg ‘hanyalah’ negara kecil yang pernah melemah perekonomiannya akibat berbagai problem yang terjadi di Eropa. Namun, negara tersebut bisa memberikan porsi-porsi kekayaannya dengan baik untuk berbagai sektor, termasuk kesehatan, pendidikan, hingga infrastruktur. Ada yang berminat bekerja di sini?

3. Singapura (US$ 133.895)

Kalau melihat posisi ketiga ini, mungkin sebagian dari kamu ada yang jadi teringat film fenomenal dari Singapura, “Crazy Rich Asian”, bukan? Yup, nggak main-main, negara berikon patung singa tersebut memang seberduit itu, guys. Buktinya, negara tetangga kita ini menjadi tiga besar negara terkaya di dunia.

4. Qatar (US$ 124.848)

Ini mungkin masih menjadi sebuah pertanyaan, bagaimana bisa negara-negara arab yang biasanya punya tanah tandus dan kering malah menjadi kaya raya? Nggak hanya Qatar, bahkan Uni Emirates Arab juga termasuk negara paling kaya, lo. Lantas, apa rahasianya?

Sirclo memberitakan, dari data pada BP Statistical Review of World Energy 2020, Qatar memiliki cadangan minyak bumi sebesar 25,2 miliar barrel pada 2019. Lalu, dengan jumlah penduduknya yang ‘tidak terlalu banyak’, otomatis mereka punya banyak sekali sisa minyak bumi untuk diperdagangkan secara internasional. Belum lagi, Qatar juga menyimpan cadangan gas alam yang nilainya jauh lebih banyak daripada seluruh Asia Pasifik. 

5. Macao (US$ 89.558)

Mungkin SohIB ada yang teringat dengan salah satu lokasi syuting drama Korea Selatan “Boys Before Flowers” yang begitu populer? Ya, itulah Macau! Negara ini mempunyai banyak sekali hotel dan kasino super mewah. Belum lagi, pendapatan per kapitanya termasuk tinggi dengan jumlah warga yang terbilang rendah. Tentu saja, itu membuat negara tersebut semakin makmur.

Sistem Pendidikan di Berbagai Negara, Apa Saja?

6. Uni Emirates Arab (US$ 88.221)

Sama dengan ‘saudaranya’, Qatar, UEA nyaris tidak mungkin tidak masuk ke dalam daftar salah satu negara terkaya di dunia. Selain GDP-nya yang senantiasa stabil dari tahun ke tahun, sumber dayanya di banyak sektor juga bertumbuh sangat baik. Bahkan, banyak yang bergurau jika negara lain memelihara kucing, maka orang Arab memelihara macan saking kayanya.

7. Swiss (US$ 87.963)

Senada dengan yang lainnya, Swiss memang sudah menjadi ‘langganan’ negara paling sultan, sebab pertumbuhan ekonominya termasuk stabil dengan pendapatan yang sangat tinggi. Sudah begitu, ‘negeri dongeng’ itu juga masuk ke dalam salah satu negara paling bahagia dan teraman di dunia. Duh, beruntung sekali masyarakatnya, ya?

8. Norwegia (US$ 82.655)

Sekali lagi, Norwegia juga termasuk sebagai negara yang kuat secara perekonomian, dan salah satu faktornya karena jumlah populasi yang tidak ‘sebanyak’ pendapatannya. Pemerintahnya pun pandai mengelola pundi-pundi kekayaan mereka sehingga kesejahteraan warga negaranya terjamin. Bahkan, laman BBC pernah memberitakan bahwa para muda-mudi Norwegia di awal usia 30 tahun-an sudah memiliki pendapatan yang mencapai Rp814 juta per tahun. 

9. Amerika Serikat (US$ 80.035)

Kayaknya sih, nggak mungkin banget kalau Amerika Serikat tidak masuk ke negara sultan. Sebab, perekonomian di dunia ini hampir semua bersinggungan dengan USA. Berbeda dengan lainnya, populasi di negara adidaya tersebut mencapai 335 juta lebih, tetapi mereka mempunyai pendapatan GDP yang juga sangat tinggi. 

10. San Marino (US$ 78.926)

San Marino berbatasan langsung dengan Italia dan dihuni ‘hanya’ sekitar 30 ribu orang. Namun, mereka punya tingkat pengangguran yang terendah di dunia dan tidak punya hutang nasional. Sektor ekonomi yang menjadi penggerak negara tersebut adalah industri, pariwisata, dan keuangan.

Fakta Unik tentang Bahasa Indonesia, Jadi Bahasa Kedua di Negara Lain!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik(AJ)